Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

2.4.12

Review Buku Kitab Cinta Yusuf Zulaikha

*Obat cinta hanya 1 yaitu bertemu dengan yang dicintainya*

Yeayy... kemampuan bacaku sedang "normall", novel setebal 500 halaman bisa kembali aku habiskan dalam 2 malam, seperti dulu lagi ketika minat baca sedang besar hehe. Dan buku itu adalah Kitab Cinta Yusuf Zulaikha karangan Taufiqurrahman al-Azizy. Pernah baca buku beliau? buku-bukunya yang lain adalah trilogi Novel Religius Makrifat Cinta yang buku pertamanya berjudul Syahadat Cinta juga telah difilmkan (tapi aku tidak nonton mihihi).

 

Cerita Kitab Cinta Yusuf Zulaikha dibuka dengan surat Zulaikha untuk Bibinya di kota, ia mengeluhkan keengganannya melakukan tugas KKN di desa terpencil bernama Telagasari. Tapi kemudian di surat berikutnya Zulaikha menulis bahwa ia telah betah tinggal disana.

Di desa itu hidup pula Yusuf, pemuda miskin yang hanya tinggal bersama ayahnya, Yakub. Mereka memang miskin harta tetapi penduduk desa sangat menghormati mereka karena bagusnya akhlak keduanya.

Konflik terjadi ketika Yusuf mempertanyakan kenapa Zulaikha tidak pernah berkunjung ke rumahnya, sedangkan teman-teman KKN Zulaikha yang lain selalu menyempatkan diri bertandang. Tanpa sadar Yusuf menuduh apakah karena kemiskinannya Zulaikha enggan berteman dengan orang seperti Yusuf. Padahal tanpa Yusuf sadari Zulaikha menaruh hati kepadanya, tetapi Zulaikha adalah seorang gadis pemalu yang menjunjung tinggi norma kesopanan. Menurut Zulaikha sangatlah tidak pantas seorang gadis mendatangi pria. Dan tuduhan Yusuf itu membuat Zulaikha marah. Ia mendatangi Yusuf dan mencaci makinya.
Yusuf yang hatinya sangat lembut dan tidak pernah menyakiti siapapun sangat merasa bersalah kepada Zulaikha, berbagai cara ia lakukan untuk meminta maaf tetapi Zulaikha tidak memaafkannya.......  

~~~~~~~~~~~~

Buku ini sangat kreatif mengeksplorasi khazanah kisah dalam Al Qur'an (Yusuf dan Zulaikha) dalam spektrum kehidupan masa kini. Sekali anda membuka novel ini, anda akan sulit berhenti. Ceritanya penuh falsafah, alurnya memikat, settingnya kuat, karakter tokoh-tokohnya mengakar dalam kemelut konflik cinta yang menggemuruh -KH. D. Zawawi Imron-

~~~~~~~~~~~~

Buku ini memang oke punya, cocok dibaca oleh orang yang sedang mencari tahu apa itu arti cinta yang hakiki, persahabatan sejati, hubungan dengan tetangga secara islami, dan suksesnya pengajaran kepada seorang anak yang dilakukan oleh single parent.

Lumayan sedih ketika Yakub, ayah Yusuf terlunta-lunta di Kota demi mencari Yusuf. Atau ketika Yusuf yang tidak punya apa-apa tapi masih tegar dan berkata "Masih ada Allah dihati saya", dan kepasrahan Zulaikha yang siap dilamar oleh Umar, sahabat Yusuf, padahal hatinya tidak bisa berpaling dari Yusuf. Ah begitu deh pokoknya hehe.

45 comments:

  1. Aaaaa mau bacaaa..

    Keren beuudz yak kalimatnya:

    Obat cinta hanya 1 yaitu bertemu dengan yang dicintainya

    Setuju maksimal!

    ReplyDelete
  2. wah penasaran ne pengen baca novelnya... kalau baca novel sih bisa ya dua hari dapat banyak halaman... ha ha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ember, apalagi kalo novelnya enak dibaca wuih ngga berasa deh tahu2 kelar :)

      Delete
    2. pinjem boleh g? ha ha :D

      Delete
  3. Eh, ini aku lihat kemarin di TM, malah gak dibeli. :D
    Btw, soal review itu boleh aja. Aku setuju. Tapiiii, cerpenku jelek banget euy! T___T Huhuuuuu. T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. gag mungkin jelek, wong uda disaring sama Kampung Fiksi koq, pasti okeeee *peyuk

      Delete
    2. Waaah aku gak sabar pengen nunggu bukunya terbit, pengen beli dan baca karya teman-teman. :D *peyuk Nurul

      Delete
    3. ayuu kita bikin postingannyaa :D

      Delete
    4. Gimana teknisnya? Aku nggak tauuu. :D

      Delete
  4. Wah sedih banget tuh Paragrap terakhir bacaX

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, sampe aku menangis dalam keheningan, tidak bersuara, hanya air mata yang mengalir *halaahh :P

      Delete
  5. Hemmm.. gara2 cinta terpendam karena norma jadi salah sangka ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi bertanya2 di jaman sekarang masih ada ga ya orang seperti Yusuf, wajahnya bercahaya akhlaknya nyaris sempurna

      Delete
  6. wew, pinjem buku nya, kasih gak ... #bawagolok :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampun bang, nih bang ambil dah semuanya *nyodorin rak buku*

      Delete
    2. huahahaha, kenapa dikasih semua ya, pan pinjemnya satu doang neng, wew :p
      #pala mumet ...

      Delete
    3. habis minjemnya pake golok sih, kalo cuma bawa silet baru dikasihnya 1 buku doang :D

      Delete
  7. kirain beneran ttg kisah nabi, ternyata ada sedikit improv masa kini ny
    =)
    pinjem bukunya dong mbak
    =P

    ReplyDelete
    Replies
    1. whuaa kenapa pada mau pinjeemm :P

      tukeran hayoo, ayoo sapa maoooo :D

      Delete
  8. Wow cinta yang menggetarkan sodara-sodara..
    *padahal kalau bikin postingan selalu panjang =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sopo bikin postingan selalu panjang? kamu? emberan hhehe

      Delete
    2. Ini juga panjangg kali kaka....
      ok nanti gw minta sarannya deh..

      Delete
    3. abis kalo sedikit ngga dapet esensinya zaayyyy *defense hehe

      Delete
  9. jadi pengen baca.. kok aku merasa seperti Yusuf yah...suka ga enak hati kalau menyakiti perempuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. taelah masa sihh?? cuitt cuittt

      Delete
  10. di Al-qur'an khan Zulaikha udah merid? dibuku ini masih single ya? kalu masih single aku juga mau rebutan ma yusuf...*pasang tampang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalah keren pastiiiii *kabuur*

      Delete
  11. kunjungan perdana.. langsung dapet kitab cinta. :)

    ReplyDelete
  12. Sumpah 2 malam 500 hal #gapercaya# aku aja 5 hal 2 jam wkwkwkwk #abaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama amat? bacanya di eja yak atau sambil ngelamun? :D

      Delete
    2. Setiap katanya selalu dihayati hehe :p

      Delete
    3. dihayati sampe ketiduran? ^^V

      Delete
  13. Baru dua buku kaya Taufiqurrahman al-Azizy, Kuhapus Namamu Dengan Nama-Nya dan yang terbaru berjudul Alif, sedangkan Syahadat Cinta pernah nonton dvd nya sedikit, nda sampai selesai. Di novel Alif, banyak pelajaran tentang sholat yang kita dapatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum baca 22 nya, dicatet dulu deh :)

      Delete
  14. Replies
    1. karena buku ini sudah Nasional Best Seller jadi.. seharusnya sih menarik :)

      Delete
  15. penasaran ma novelnya, tapi ini novel cocok ngga sih dibaca cowok :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok juga koq, biar cowoknya jadi kaya Yusuf hehe

      Delete
  16. 500 halaman dua malam? wah, sudah nggak sanggup.

    thanks reviewnya ya, mbak.

    ReplyDelete
  17. wah, pengen baca.....
    ini terbitan dari buku apa mb? kayaknya pernah liat covernya deh...
    di salah satu website penerbitnya, tp lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya bukan terbitan gramed, tapi di gramed atau toko buku lain pasti ada :)

      Delete

leave ur track so i can visit u back :)