Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

25.4.12

RUU Kesetaraan Gender

Assalamu'alaikum.. met pagi menjelang siang dan met hari rabu (hehe lengkap)

Bagaimana kabar kalian? semoga baik-baik saja ya, selalu dalam lindungan Allah SWT.. Aamiin 
 
Kali ini aku mau posting apa ya?? Eee.. apa yaa.. Eee.. bagaimana tentang Kesetaraan Gender yang sekarang sedang 'in' di bicarakan. Apakah kamu mengikuti beritanya? Sampai hari ini sih katanya RUU Kesetaraan Gender masih disusun Draftnya.
 

Sebenarnya apa dan kenapa perlu di buatkan UU khusus untuk masalah ini? sampai sekarang pun aku masih mencari tahu, tapi dari yang aku baca mereka (yang menginginkan disusunnya RUU ini) ingin agar derajat/status wanita disamakan dengan pria. Misal : dalam hal Hak Waris, atau dalam hal memilih dengan siapa seseorang boleh menikah (secara tersirat diijinkan menikah sesama jenis?), juga dalam hal kebebasan berpendapat dan berinteraksi wanita dalam Rumah Tangga (hubungan antara suami dan istri, atau kalau wanita sudah tidak suka dengan suaminya ia bisa langsung minta cerai tanpa tedeng aling-aling?).
 
Butir-butir itulah yang membuat tokoh-tokoh Islam menentang RUU ini, karena Hak Waris kan sudah diatur dalam Al Qur'an, pembagian warisan antara anak laki-laki dan perempuan itu berbeda (buka Surat An Nisa)

Entahlah bagaimana kelanjutannya, mari kita amati, selama kita masih tinggal di bumi Indonesia kita yang tercinta ini boleh dong kita mengkritisinya (dengan tidak secara anarkis). Toh kita tidak hidup sendirian dan agama yang kita anut itu bukan untuk kita sendiri, kita mempunyai kewajiban untuk menyampaikan (hanya menyampaikan.. bukan memaksa)

baca juga :

 
*cmiiw

88 comments:

  1. amati setiap perubahan yang ada.. hehe..
    gender,, gender...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gender.. gender.. beda tipis sama gerund :D

      Delete
    2. bhahhaa.. nyampe gerund, terus conjunction, trus connective... bablassss decchh............

      Delete
  2. Saya menyatakan bahwasanya saya tidak mendukung UU kesetaraan gender. Enak aja disetarakan sama laki2. Dalam agama saya, wanita lebih mulia :D

    ibuku, ibuku, ibuku, baru ayahku.

    Sekian dan terima gaji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haahh udah gajian?? mau doongg :P

      Delete
  3. wah wah... pasti ramai lagi ne O.o

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ramai, udah banyak jadi wacana di mana2

      Delete
  4. Wa'alaikum salam
    Baik
    oh gitu
    wanita dan pria udah punya hak, fungsi, kodrat dan kewajiban masing-masing bukan, dan bukannya agama juga udah sangat adil untuk bagian-bagian yang disebutkan diatas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah itu masalahnya, kita udah punya pedoman hidup koq, kenapa harus 'repot-repot' mengadaptasi UU seperti itu dari barat

      Delete
    2. Sebenarnya kalau semua kembali ke alquran, permasalahan di negeri ini akan kembali seimbang *lagi bener..

      >> tenang stok postingan yang panjang masih banyak. janji tetap janji yee.. =)

      Delete
    3. hooh.. Islam kan rahmatan lil 'alamin, jadi guide lines nya bukan cuma untuk muslim aja koq, dan lagi Rasulullah sangat toleran terhadap pemeluk agama lain

      Delete
    4. Nah loh, coba tanyain deh pemimpin - pemimpin kita udah seberapa pahamnya mengkaji al-qur'an?? masa selalu berpatokan dengan barat.. memang susah sih kalau negeri ini belum ada syariat islam di kepemimpinannya,,

      Delete
    5. kamu dong zay tolong tanyain aku lagi ngga sempet nih hehe

      >> yess.. keep my word

      Delete
    6. Kau sajalah gw kan masih kecil =P

      Delete
  5. DPR aja terkenal males mau garap RUU utk jadi UU tuh, dari sekian banyak RUU, baru sedikit aja yg disahkan jadi UU, tp gk tau ah, gelap :|

    ReplyDelete
  6. Ngeri ah kalau sesama jenis ..errrr

    ReplyDelete
  7. menurut saya, RUU ini tidak diperlukan. mengangkat isu gender di sebuah RUU tidak relevan dengan UUD 45 sebagai hukum dasar negara (yang tidak pernah mengenal pembedaan kelamin), sekaligus merendahkan martabat wanita, karena seolah-olah telah ada pengakuan bahwa wanita tidak sederajat dengan pria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan ada yang bilang kalau RUU itu malah mendiskriminasikan dan mendiskriditkan wanita

      Delete
  8. kalo RUU KG ini cuma mengharapkan hak waris sih yang ada nanti wanita bakal jadi malas, lebih memilih pria yang mapan, cuma mementingkan kehidupan duniawi mengharapkan hak warisnya saja. Padahal hak warisnya nggak kemana2, itu pemikiran yang terkadang bisa menjadi bumerang kepada wanita nanti.
    Emang masih kurang apa sih kehebatan wanita yang hidup di indonesia??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya apa sih kurangnya.. kadang2 suka bertolak belakang deh, minta di samain posisinya dengan pria tp di lain pihak minta juga di buatkan parkiran khusus wanita, maunya apa2 di duluin karena ada pomeo 'ladies first'.. eh btw kalau RUU ini jadi diterapkan akan ada indikasi si ibu akan punya hak untuk menyusui bayinya atau tidak, dengan alasan 'badan badan gue.. ya suka suka gue' -_-" #imho *cmiiw

      Delete
    2. Di mall2 jakarta sudah banyak kok yang menyediakan parkir khusus wanita, contohnya di plaza gajah mada hayam wuruk, malah satu baris paling depan lobi, khusus hanya untuk wanita..
      Bahkan sudah ada kereta dengan gerbong khusus untuk wanita.
      Dimana-mana setiap pria pasti akan mengalah untuk wanita, entah itu di angkutan umum, di lift, di jln, dll. Kalo prianya nggak mau ngalah berarti dia bukan pria.
      Udah kodrat x wanita itu menyusui, mana ada pria yg menyusui. Kalo mau disusuin sama ibu yg lain, ya itu sih tergantung kehendak ibunya.
      Cuma ibu yang gak ke'ibu'an aja yg nggak mau memberikan kasih sayang lewat ASInya sendiri, kecuali kalo memang tidak bisa keluar.

      Delete
    3. nah ada kaum feminis yang tidak mau di anggap lemah dengan diberikannya keistimewaan seperti itu Ry.. mereka merasa mereka sekuat pria, bahkan ada yang ekstrem dengan mempertanyakan kenapa wanita ga boleh adzan? atau kenapa wanita ga boleh bertelanjang dada sedangkan pria boleh? dan kaum feminis menganggap hijab adalah pengekangan bagi wanita :)

      Delete
    4. Itu semua adalah pemikiran orang barat pendukung dajjal, sudah rancangan para liberal agama dan sejenisnya pengrusak akhlak manusia, nggak cuma islam tapi juga semua agama lain yang di acak2..
      Coba deh cari2 keterkaitan antara liberal, dajjal, illuminati, freemasons lewat google semua ada keterkaitannya untuk merusak dunia Islam dengan cara melemahkan pemikiran otak. Yang benar di anggap salah dan yang salah di anggap benar. Hati2lah dan waspada.

      Delete
    5. yup, nanti di akhir jaman semua agama langit akan terpecah, yahudi menjadi 71 golongan, nasrani 72 golongan, umat islam paling banyak 73 golongan

      saat ini rasanya semuanya menuju tatanan dunia baru, termasuk sistem riba, pendidikan, sistem pemerintahan, 'keluarga berencana' dsb.nya.. termasuk menjauhkan umat dari akidah

      aku follow blog http://zilzaal.blogspot.com/, baca deh dan kamu akan tercengang plus geleng2 plus ckckckkckckkc :D

      Delete
  9. Yo'i dong. Eh ia, mba aku juga belajar log. Emm maksudnya diajarin, dipelajarin, ada pelajarannya. Kalo ga salah waktu kelas 2 ga tau 1 pas hari sabtu. Udah lama sih. Tapi aku masi ingat peran antara keduanya. Walau disamakan untuk hal yang tanda " :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? bikin dong ulasannya di blog mu.. biar sama2 belajar :)

      Delete
  10. aturan2 dlm Al Qur'an adalah aturan yg fitrah dlm artian pasti sejalan dgn naluri manusia..., hny terkadang hawa nafsulah yg mendustakanx...

    membuat peraturan lalu menabrakkanya dgn Al Qur'an ini bodoh namax...!, apalg dengan dalih ingin melindungi kaum hawa..., ingat bahwa islam sgt menjunjung tinggi martabat wanita bahkan ada nama surat yg diambil dr kata wanita dan Hanya agama islamlah yg bisa 'mendudukan' wanita secara bijak..,hny islamlah wanita itu diperlakukan secara Manusiawi, hny dgn beragama islamlah wanita itu bisa mulia/terhormat.

    jd, silahkan buat peraturan setebal mungkin lalu dgn alasan melindungi ini dan itu TAPI jgn dgn maksud ingin mengugurkan Ayat2 Al Qur'an...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya siapa yang menginginkan RUU ini? kaum liberalis kah? kalau itu sih kita pasti sudah tahu bagaimana dan apa mau mereka kan??

      sudah banyak yg menyuarakan ketidak setujuan tapi pemerintah sepertinya masih melanjutkan 'project' ini, katanya sih masih terus di kaji agar tidak bertabrakan dengan norma yang ada

      Delete
    2. ya mgkn sj ada campur tangan dr kaum JIL, pemerintah pasti menetukan yg terbaik apalgi jika pemerintah mau mendengar saran2 dr MUI dan bbrp Ormas2 islam lainx.., lagian heran dech lagu lama tntng warisan itu msh aja diangkat2 dan dipermaslahkan olh kamu Feminis padahal sdh jelas aturan waris dlm islam itu adalah aturan yg sangat-sangat manusiawi, perempuan dpt 1 laki2 dpt 2...

      Delete
    3. bukan hanya warisan aja, di RUU itu (kalau jadi) wanita akan benar2 berkuasa atas dirinya sendiri, walaupun sudah menikah ia bebas bersuara tanpa perlu mendengar kata2 sang suami.. dari yang aku dengar sih begitu.. hhhh

      pemerintah pasti menentukan yg terbaik untuk rakyatnya?? *bertanya dengan nada sarkasme bin apatis :D

      Delete
  11. Sepertinya tanpa ada UU tentang kesetaraan gender ini aman-aman saja. Hak Waris? Apa hanya hal itu yang mendasari UU ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya banyak wury tapi aku belum tahu apaan aja itu..

      Delete
    2. Kalau udah tahu, ntar diposting di sini ya, Mbak :D
      Oh iya, kalau ntar seorang istri bebas bersuara, sama derajatnya dengan suami, apa gunanya laki-laki sebagai imam keluarga? Ya nggak, Mbak?

      Delete
  12. Asikkk,proyek baru buat UU kesetaraan gender.berkunjung mbak.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini salah fokus kayaknya haha..

      Delete
    2. Bagi segelintir orang, project = dapet duit :P

      Delete
  13. Saya kira tdk perlu repot2 menagih kesetaraan, karena agama kita sdh memberikan kesetaraan yg adil dan indah selama masing2 antara laki2 dan prmpuan memahami hak dan mematuhi kewajiban msg2. tu mnurut sy.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di mata Allah kedudukan laki2 dan perempuan sama saja.. yang membedakan bukan jenis kelamin tapi amal perbuatan.. laki2 dan perempuan saling bersinergi, laki2 adalah pakaian untuk perempuan dan perempuan adalah pakaian untuk laki2 (Al Baqarah 187)

      Delete
  14. wah...baru tahu saya -_- yaampun!

    ReplyDelete
  15. Menurutku sih kembalikan kekodradnya masing2 sob, karena setiap laki2 dan perempuan punya hak dan kewajibanya masing2 untuk menjadi khalifah di muka bumi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih sob.. tapi mungkin bagi kaum feminis itu lain lagi sob.. aku juga kurang paham sih

      Delete
  16. mungkinkah ini salah satu cara untuk menjauhkan kita dari agama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja.. Kenapa tidak, dihubungkan dengan Dunia Baru yang sedang dirancang dengan dajjal sebagai pemimpinnya juga bisa jadi mungkin

      Delete
  17. org gagahx makassar kembali tebar pesona.., mksd kembali hadir hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. edede.. sudahmi malam pale nda usah narsis ji :P

      Delete
  18. Ini sepertinya agar yang terhormat anggota dewan ada kerjaan, kalo nggak gitu mereka pada nganggur,,, hanya cari2 kesibukan saja,,,, Ujung2nya UU itu bakal rame di demo bila menentang salah satu agama,,, lihat saja ,,,

    Kalo bagi muslimin wal muslimah sudah jelas fiqih nya ,,, dan tak bisa di ganggu gugat,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah mudah2an cuma sekedar wacana.. tapi ada loh kelompok yang sangat ingin RUU ini jadi UU.. mudah2an pemerintah masih memikirkan dampak kedepannya dan tidak jadi meneruskan RUU ini

      Delete
  19. klo ditanya wanita dgn pria sama apa beda..??

    maka jawabx, sama tp juga berbeda..

    sama dr sisi amal dan pahala, berdasarkan ayat,

    مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

    “Barang siapa yang beramal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan, dan dia adalah seorang yang beriman, maka Kami akan memberikan kehidupan yang baik, dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik, dari pada apa yang telah mereka kerjakan.”(QS. An Nahl : 97)

    beda dr sisi ini,

    Wanita memiliki fisik dan jenis kelamin yang berbeda dengan kaum lelaki
    Wanita lebih lemah dibanding kaum lelaki
    pembagian harta warisan
    Wanita melahirkan, tidak demikian halnya kaum lelaki
    Wanita mengalami masa haid, kaum lelaki tidak, dst....

    pokokx islam tlah meninggikan wanita dibandingkan dgn Agama2 lain, jd klo ada yg pengen merubah ketentuan2 syariat seputar wanita maka sama aja ingin menghancurkan wanita...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di Al Qur'an di jelaskan beberapa kali mengenai perbedaan laki2 dan perempuan yang bertitik berat di masalah amal perbuatan.. bahkan ada 1 surat khusus mengenai wanita yaitu Surat An Nisa

      dan para cendikiawan muslim pun melihat hal ini sebagai kemunduran yang hanya akan mendeskriditkan wanita/umat islam

      tapi kaum feminis menganggap hak waris tidak fair, jilbab itu mengekang, ibu rumah tangga adalah kuno, dsb.nya.. entahlah mau dibawa kemana negri ini

      Delete
  20. Hahaha ealah,
    kayak gini we dibikin RUU tho @_@
    No komen ah hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya desi ratnasari no komen :P

      Delete
  21. saya kurang setuju dengan RUU ini karena laki2 dan perempuan punya hak dan kewajiban yang berbeda,oeh karena itu laki2 dan perempuan bisa saling menutupi kekurangan pasangannya itu sendiri jika laki2 sama perempuan di samain jadi gimana dong,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga dan banyak orang tidak setuju akan RUU ini, mudah2an pemerintah batal membuatnya

      Delete
  22. Bahaya juga kalau nanti malah beneran ada yang menikah sesama jenis! ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kaya di LN yang pernikahan sesama jenis akhirnya di ijinkan.. -_-"

      Delete
  23. wew, kita tunggu deh kabar baiknya, tapi kenapa gak bikin RUU yang lebih kritis ya, misalnya soal kekerasan, korupsi, dll deh, yg ukurannya kesejahtraan rakyat banyak, kl yg gini mah, di agama masing2 udah jelas sih soalnya, hihiy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada faktor kepentingan..

      Delete
  24. Guru PKn ku pernah bilang sob, tidak semua hak harus sama karena memang tidak bisa disamakan.
    Contohnya ya kesetaraan gender inh.
    Karena wanita memang kodrat nya tdk sama dg laki" .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kesannya di paksain banget ya, orang dasarnya udah beda koq mau di sama2in, aku mah ngga mau di samain sama laki2.. hebatan juga wanita hehe

      Delete
  25. hmmm kalau warisan memang sudah diatur dengan sempurna oleh Yang Kuasa
    :) nggak bisa disamakan gitu aja kan?

    ReplyDelete
  26. disamakan hak waris ? mantap nanti cow juga nuntut disamakan hak kerja..hehheh hukum islam adil kok yg mana cowok di ksih 2 dn cew diksih 1 krana nanti cowok wajib ngsih ke belanja istrinya 1, artinya punya tanggung jawab satu klo melihat dari angka satunya. jadinya sama2 satukan . dan yang cew dapat dari suami satu karna hak nafkah jadi 2 . sama2 dua kan.. so ..adilkan ?
    tapi itu mah terserah penguasa kita toh yg punya ide gk takut Tuhan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebenarnya hukum islam rasional koq, bisa di telaah dan logic

      :D hebat yee gak takut Tuhan.. wew

      Delete
  27. kita tunggu kabar gempa pasti dapat azab lagi kita deah gara2 orang pintar disana :) menuru ku gk ada warga indo yang turut UUD yg ada ujung2nya duit :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan selanjutnya : duitnya dari mana? dari LN? :D

      Delete
  28. ane ikut undergender aja, dehh.. kalo ngebahas RUU, pastinya ada tindakan underground di luar sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mainstream juga udah ada

      Delete
  29. komen diatas pada bahas pria/wanita, sampai lupa bahaya transgender (homoseksual) ...mereka mau setara loh padahal agama melarang

    *soal ahli waris juga sudah jelas dalam agama, pria dapat lebih semata-mata krn harus menafkahi istri dan anak-anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu.. denger2 sih transgender adalah cabang dari kesetaraan gender.. dan setelah itu akan dibolehkan pernikahan sejenis juga.. :-s

      Delete
  30. kalo RUU itu jadi disahkan berarti wanita boleh jadi imam waktu sholat?
    terus perempuan juga boleh ikut sholat jum'at..?

    kacau deeh... ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Amerika pernah ada kejadian seorang perempuan yang menuntut hal itu, dia mengimami Shalat jum'at, tapi tindakannya tidak di dukung makanya ia tidak meneruskan hal itu lagi.. denger2 sih

      Delete
  31. catatannya sangat bagus bermanfaat, aku sangat senang dan menyukai blog ini, sungguh profesional kawan, ohya pelaku follow 99 sedang menunggumu, jangan lupa suport dan komentar balik yah.terima kasih

    ReplyDelete
  32. Aku enggak terlalu mengerti masalah begini :(

    ReplyDelete
  33. wanita seharusnya ga menuntut kesetaraan, mereka harusnya menuntut untuk lebih dimuliakan daripada laki-laki. saya juga bingung kenapa negara ini malah membuat hal yang akan menurunkan kemuliaan wanita itu sendiri

    ReplyDelete
  34. Kesetaraan gender berarti penyamarataan. Setidaknya itu bagi saya dan saya kurang setuju jika ada kesetaraan gender dalam kehidupan. Nantinya, malah akan jadi kesenjangan sosial. Tergantung juga sih, setara dalam perspektif apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setara yg sedang di gaung2kan ini cukup 'berat' kalau cuma di bahas via maya neng ayu, berraaatttt :D

      Delete
  35. Saya menyatakan tidak setuju. bener klo masalah hak waris sudah diatur dalam al qur'an. ga mungkin cm gara2 UU buatan manusia aturan itu berubah... saya juga setuju ma pendapatnya elektronade diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi kadang2 manusia suka lebih merasa tahu apa yang terbaik untuknya jadi.. ya gitu deh

      Delete

leave ur track so i can visit u back :)