Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

29.11.11

Martapura - Banjarmasin

Jalan-jalan ke Banjarmasin sepertinya tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Martapura dan mampir ke Pusat Pengrajin Batu Mulia di sana. 

Selain sebagai Kota Santri (kata orang Banjarmasin yang aku temui sih, kalau sudah malam Martapura itu sepiii karena penduduknya berdiam diri di rumah, beribadah) Martapura juga terkenal sebagai Kota Intan (karena permata dan intan adalah ciri khas Martapura)

Jadiii sebagai seorang wanita dengan naluri shopping yang besar aku pun memutuskan untuk mengunjungi martapura hehe


Eh tapi memang bagus deh pasarnya, besar dan bersih, penataan toko-tokonya juga memudahkan customer yang ingin berbelanja atau cuma sekedar melihat-lihat kerajinan khas sana



dan dengan kalapnya aku membeli beberapa.. well tepatnya bukan beberapa tapi banyak rupa cenderamata; peniti jilbab, gelang, bros, cincin dan 10 jam tangan (jualan buuu.. hehe)

wuiihh pokoknya bakalan betah deh melihat-lihat pernak pernik di sana, tahukan tikar lampit khas Kalimantan?? ada juga di sana dengan segala ukuran, dompet-dompet? kipas?? pokoknya lengkaap dan harganya di jamin miring :D

tapi.. udaranya panas yaa, kesempatan nih beli kipas tangan *cari alasan* walaupun panas tapi tidak berdebu seperti di Jakarta loohh.. yaa tahu sendirikan Kalimantan masih banyak pohon (walaupun aku melihat ada beberapa titik kebakaran hutan dalam perjalanan dari Batulicin ke Banjarmasin.. ironis)



Look at the sky... still blue... nyegerin banget yah.. hmm sampe kapan kah si biru itu bertahan di atas sana?? akankah dia ikut-ikutan menjadi kelabu seperti kota Jakarta?? :(

Hidupnya Hanya Ingin Bersama Allah SWT

-Pengajian Bang Jampang-

(Kisah Ust Syafril Murid Abu Sulaiman - Memilih jadi Da-i pedalaman

Hampir semua teman saya berebut mendaftar jadi PNS.  Mereka pun bertanya- tanya: “Kenapa dilepaskan peluang emas itu?” “Saya  tidak tergiur,”  itu jawaban  yang bisa saya jawab. Bukan apa-apa, bagiku  ada yang lebih mulia dan  menantang dari sekedar jadi PNS dengan  gaji  tetap dan pensiunan terjamin.  Apalagi, adanya kenaikan gaji guru serta  tunjangan sertifikasi.

Sebuah  idealisme untuk menjadi seorang ustad dan dai. Aneh  bagi banyak orang  memang. Tapi itulah diriku. Gila  dan bodoh, mungkin umpatan itu yang akan dikatakan kebanyakan orang ke pada saya.

Bagaimana tidak? Peluang emas sudah ada di depan mata, justru  saya biarkan begitu saja. Padahal, di luar sana, begitu banyak orang  sibuk mencari kerja.

Tiap hari, hampir ada  saja cerita sarjana yang menganggur  dan akhirnya hanya jadi pekerja serabutan.

Saya sendiri, selepas  kuliah bahasa inggris di sebuah perguruan tinggi swasta ternama di kota Pempek, Palembang tak mengajukan secarik lamaran pekerjaan  pun. Apalagi  mendaftar jadi pegawai PNS, tak terbersit sedikitpun di hatiku.

Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), peluang jadi PNS  masih  sangat terbuka lebar. Tingkat sarjana di daerah ini belum begitu  signifikan  seperti di Jawa.   

Bahkan, suatu saat, saya bertemu  dekan fakultas bahasa Inggris yang pernah menjadi dosen pembimbing  skripsiku. Dengan  dijadikan dosen, tentu dengan peluang lainnya, setidaknya dapat  beasiswa.

Saya  pun mulai menjalani sebagai guru madrasah di sebuah pesantren merangkap  sebagai pengasuh. Pesantren yang terletak di Kec Rambutan itu menampung  santri yang tidak mampu. Mereka datang dari berbagai tempat di sekitar Palembang. Tak jarang juga yang berasal dari daerah transmigrasi. Di pesantren ini hanya ada MTs dan SMA. Untuk SMA hanya baru menerima santri putri, karena masih terkendala gedung sekolah.

Saya  tak perduli tentang dosen, karir, PNS atau jabatan lainnya. Bagiku, mengabdi di pesantren ini lebih dari cukup.

Makan seadanya dan honor tak seberapa. Bahkan, terkadang jika uang operasional sekolah minus, saya tak mendapat honor. Pesantren yang saya tempati pun jauh dari hiruk pikuk kota. Sepi dan sunyi. Sekitarnya hanya hutan karet. Meski demikian, saya merasakan telaga kebahagiaan yang selalu mengisi relung kalbuku. Ketika melihat antusiasme mereka belajar dan mengaji al-Qur’an, serasa melihat padi yang sedang menguning di hamparan sawah yang luas. Indah memesona.

Apalagi jika memimpin mereka bersujud di sepertiga malam yang senyap, ada kebahagiaan yang tak terlukiskan, lebih indah dari sekadar gemerlap malam yang indah oleh temaram bulan dan bintang.  

Meski lauk makan hanya tempe, tahu, kecambah, kangkung, daun singkong dan ikan asin, tapi karena makan bersama-sama jadi terasa nikmat. Lebih nikmat dari sekedar pizza, fried ckicken, ayam panggang dan makanan lezat lainnya, yang biasa menjadi makanan orang Jakarta dan orang kota. Bagiku, makan kangkung di tempat itu, tak ternilai, jika hanya dibandingkan dengan fried chicken atau pizza.  

Saya tak menyesali keputusan ini. Saya rela dianggap bodoh oleh orang banyak. Saya hanya seorang guru kecil di pesantren kecil dan terpencil. Saya hanya berharap kemuliaan di hadapan Allah SWT.

Ya, saya hanya berharap terpilih menjadi “orang besar” di mata Allah, ketimbang jadi orang besar di mata manusia.  



semoga kita dapat mengambil Ibroh dari cerita diatas happy


28.11.11

Ibadah 500 tahun

Dari Jabir bin Abdullah radhiallahu ‘anhu berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar menuju kami, lalu bersabda, 'Baru saja kekasihku Malaikat Jibril keluar dariku dia memberitahu, 'Wahai Muhammad, Demi Dzat yang mengutusmu dengan kebenaran. Sesungguhnya Allah memiliki seorang hamba di antara sekian banyak hambaNya yang melakukan ibadah kepadaNya selama 500 tahun, ia hidup di puncak gunung yang berada di tengah laut. Lebarnya 30 hasta dan panjangnya 30 hasta juga. Sedangkan jarak lautan tersebut dari masing-masing arah mata angin sepanjang 4000 farsakh. Allah mengeluarkan mata air di puncak gunung itu hanya seukuran jari, airnya sangat segar mengalir sedikit demi sedikit, hingga menggenang di bawah kaki gunung. Allah juga menumbuhkan pohon delima, yang setiap malam  mengeluarkan satu buah delima matang untuk dimakan pada siang hari. Jika hari menjelang petang, hamba itu turun ke bawah mengambil air wudhu’ sambil memetik buah delima untuk dimakan. Kemudian mengerjakan shalat. Ia berdoa kepada Allah Ta’ala jika waktu ajal tiba agar ia diwafatkan  dalam keadaan bersujud, dan mohon agar jangan sampai jasadnya rusak dimakan tanah atau lainnya sehingga ia dibangkitkan dalam keadaan bersujud juga.

Demikianlah kami dapati, jika kami lewat dihadapannya ketika kami menuruni dan mendaki gunung tersebut.


Selanjutnya, ketika dia dibangkitkan pada hari kiamat ia dihadapkan di depan Allah Ta’ala, lalu Allah berfirman, 'Masukkanlah hambaKu ini ke dalam Surga karena rahmatKu.'  Hamba itu membantah, 'Ya Rabbi, aku masuk Surga karena perbuatanku.' Allah Ta’ala berfirman, 'Masukkanlah hambaKu ini ke dalam Surga karena rahmatKu.' Hamba tersebut membantah lagi, 'Ya Rabbi, masukkan aku ke surga karena amalku.' Kemudian Allah Ta’ala memerintah para malaikat, 'Cobalah kalian timbang, lebih berat mana antara kenikmatan yang Aku berikan kepadanya dengan amal perbuatannya.' 
 
Ketika dihitung maka ia dapati bahwa kenikmatan penglihatan yang dimilikinya lebih berat dibanding dengan ibadahnya selama 500 tahun, belum lagi kenikmatan anggota tubuh yg lain.


Allah Ta’ala berfirman, 'Sekarang masukkanlah hambaKu ini ke Neraka!' Kemudian ia diseret ke dalam api Neraka. Hamba itu lalu berkata, 'Ya Rabbi, benar aku masuk Surga hanya karena rahmat-Mu, masukkanlah aku ke dalam SurgaMu.' Allah Ta’ala berfirman, 'Kembalikanlah ia.' Kemudian ia dihadapkan lagi di depan Allah Ta’ala, Allah Ta’ala bertanya kepadanya, 'Wahai hambaKu, Siapakah yang  menciptakanmu ketika kamu belum menjadi apa-apa?' Hamba tersebut menjawab, 'Engkau, wahai Tuhanku.' Allah bertanya lagi, 'Yang demikian itu karena keinginanmu sendiri atau berkat rahmatKu?' Dia menjawab, 'Semata2 karena rahmatMu.'


Allah bertanya, 'Siapakah yg memberi kekuatan kepadamu sehingga kamu mampu mengerjakan ibadah selama 500 tahun?' Dia menjawab, 'Engkau Ya Rabbi.' Allah bertanya, 'Siapakah yg menempatkanmu berada di gunung dikelilingi ombak laut, kemudian mengalirkan untukmu air segar di tengah-tengah laut yang airnya asin, lalu setiap malam memberimu buah delima yg seharusnya berbuah hanya satu tahun sekali? Di samping itu semua, kamu mohon kepadaKu agar Aku mencabut nyawamu ketika kamu bersujud, dan aku telah memenuhi permintaanmu!?' Hamba itu menjawab, 'Engkau ya Rabbi.'


Allah Ta’ala berfirman, 'Itu semua berkat rahmatKu. Dan hanya dgn rahmatKu pula Aku memasukkanmu ke dalam Surga. Sekarang masukkanlah hambaKu ini ke dalam Surga!


Kemudian Allah Ta’ala memasukkanya ke dalam Surga." Jibril ‘Alaihis Salam melanjutkan, "Wahai Muhammad, sesungguhnya segala sesuatu itu terjadi hanya berkat Rahmat Allah Ta’ala." (HR. Al-Hakim, 4/250.)


Tauhid dan Amal Shaleh "hanyalah" untuk mengundang "Rahmat" Allah SWT. Semua adalah Bukti kemaha muliaan dan kemaha agungan Allah SWT. Subhanallaah.
 
-BM Pengajian Bang Jampang- 

Cukuplah Allah SWT sebagai Pelindung

CUKUPLAH ALLAH SEBAGAI PELINDUNG.
(Sarang Laba-laba)

Allah  mengumpamakan masyarakat/perorangan yang tidak berlandaskan Tauhid  laksana sebuah sarang laba-laba yang sangat lemah.


Itulah  masyarakat yang tidak pernah menempatkan Allah benar- benar hidup di dalam hatinya. 
Allah SWT Berfirman : مَثَ
لُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ  كَانُوا يَعْلَمُونَ

”Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung- pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang  membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling  lemah ialah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.” (QS  Al-Ankabut ayat 41)


Setiap mukmin senantiasa menghadirkan Allah dalam setiap  gerak hidupnya. Sebab mereka sudah bertekad menjadikan  Allah sebagai andalan utama tempat bersandar yang dicintai,  dipatuhi dan sekaligus ditakuti.


Kesadaran akan kehadiran Allah dalam hidup seorang mukmin menjadikan dirinya senantiasa  terkendali dalam batas-batas perilaku yang diridhai Allah sebab Ridha Allah itulah tujuan utama hidupnya di dunia agar memperoleh kebahagiaan kekal di alam akhirat kelak.
-BM Pengajian Bang Jampang- 

Hijrah = Improvement

Broadcastingan dari Pengajian Bang Jampang
By: Ust. KH Ihsan Tandjung

Sebagian orang ada yg mengkhususkan puasa di akhir bulan Dzulhijah dan awal tahun Hijriyah. Inilah puasa yang dikenal dengan puasa awal dan akhir tahun. Dalil yg digunakan adalah berikut ini :


“Barang siapa yang berpuasa sehari pada akhir dari bulan Dzuhijjah dan puasa sehari pada awal dari bulan Muharrom, maka ia sungguh-sungguh telah menutup tahun yang lalu dengan puasa dan membuka tahun yang akan datang dengan puasa. Dan Allah ta'ala menjadikan kaffarot/tertutup dosanya selama 50 tahun.”


Lalu bagaimana penilaian ulama pakar hadits mengenai riwayat di atas:


Adz Dzahabi dalam Tartib Al Mawdhu’at (181)  mengatakan bahwa Al Juwaibari dan gurunya –Wahb bin Wahb- yang meriwayatkan hadits ini termasuk pemalsu hadits.


Asy Syaukani dalam Al Fawa-id Al Majmu’ah (96) mengatan bahwa ada dua perowi yang pendusta yang meriwayatkan hadits ini.


Ibnul Jauzi dalam Mawdhu’at (2/566) mengatakan bahwa Al Juwaibari dan Wahb yang meriwayatkan hadits ini adalah seorang pendusta dan pemalsu hadits.


Kesimpulannya hadits yang menceritakan keutamaan puasa awal dan akhir tahun adalah hadits yang lemah yang tidak bisa dijadikan dalil dalam amalan. Sehingga tidak perlu mengkhususkan puasa pada awal dan akhir tahun karena haditsnya jelas-jelas lemah.
Diluar hal tersebut Tahun Baru Hijriah dapat dijadikan sebagai momentum untuk perubahan ke arah yang lebih baik, merencanakan peningkatan hidup menuju masa depan yang gemilang, bahagia tidak hanya di dunia tapi juga sukses di akhirat kelak
Tapi memang agak miris melihat perbedaan antara perayaan Tahun Baru Hijriah dengan Tahun Baru Masehi, pada pergantian Tahun Baru Hijriah tidak ada gegap gempita laiknya Tahun Baru Masehi, adem ayem seperti hari-hari biasa. Bahkan mungkin banyak orang yang tidak tahu kalau Tahunnya Hijriah telah berganti, mungkin hanya ketika merayakan Idul Fitrilah baru mereka tahu bahwa tahun Hijriah telah bertambah satu
 

Sesama Muslim itu Bersaudara

Dahulu, dua sahabat Rasulullah saw. pernah bertengkar keras.

Abu Dzar al-Ghifari ra. pun sampai kelepasan menyebut Bilal ra. sebagai anak si hitam.  Ketika Rasulullah saw. menegurnya dengan keras, barulah Abu Dzar ra. menyesal bukan kepalang, hingga ia taruh pipinya di atas tanah dan minta Bilal ra. menginjak wajahnya asalkan ia bisa memaafkannya.  Pada akhirnya Bilal ra. tak pernah menginjak wajah saudaranya, dan cerita itu berakhir dengan bahagia. 


Kita dipersaudarakan oleh Allah yg kita sembah...

Kita bersaudara karena Rasulullah yg menyampaikan hidayah...
Adakah persaudaraan yg lebih indah dari persaudaraan karena Allah?

"Sesungguhnya orang2 mukmin adalah bersaudara. Oleh karena itu,damaikanlah diantara kedua saudaramu dan bertaqwalah kpd Allah agar km mendapat Rahmat.''(T.Q.S Al hujurat 49:10)

3D

3D memang lagi ngetren di dunia perbioskopan yang sudah mulai merambah ke rumah-rumah lewat layar kaca televisi anda.. tapiii tahukah anda bahwa ada 3D yang haruuuss dihindari
Dengki Dendam Dongkol, 3 D yang tidak boleh diikuti.. Dont try this at your life!!

Seeking Justice

Nonton di Bioskop masih merupakan cara untuk menghilangkan kepenatan setelah bekerja, itu yang aku rasakan.. Dan pilihan movie ku kali ini adalah Seeking Justice..

Konflik diawali dengan istri dari Gerard (Nicolas Cage) yang diserang sampai diperkosa oleh seseorang pria yang tidak dikenal dan ketika Gerard menjaganya di Rumah Sakit datanglah seorang pria yang menawarkan 'bantuan'. Kalau Gerard mau ia bisa menemukan pria itu dan membunuhnya, kurang lebih begitulah penawarannya.. Gerard yang merasa bimbang, kalut dan marah akhirnya memutuskan untuk menyetujui hal itu apalagi sang pria tidak meminta bayaran sedikitpun, plus dalih bahwasanya andai polisi bisa menemukan pria tersebut belum tentu pria tersebut akan dihukum dengan pantas..

Tidak menunggu lama Gerard pun mendapat berita bahwa sang pria telah bunuh diri.. which is this is lie karena pria tersebut telah dibunuh oleh seorang pembunuh amatir

Gerard dan Laura kembali ke rumah, dengan masih menyisakan trauma mereka menjalani hidup mereka dengan normal sampai suatu ketika... pria yang menawarkan bantuan di Rumah Sakit menemui Gerard dan meminta Gerard melakukan sesuatu, sebagai balas budi..

Pada awalnya Gerard tidak mau, tapi... ia tidak bisa menolak karena sesungguhnya ia telah terlibat dalam suatu organisasi yang besar dan terencana, ia harus melakukan tugas yang diberikan kepadanya atau istrinya akan dibunuh..

Film ini mengajarkan 1 hal bahwa saat ini tidak ada yang namanya gratis, diberikan cuma-cuma, semua ada harganya (kalau dalam bahasa kartu kredit : ketentuan dan syarat berlaku), maka berhati-hatilah terhadap penawaran-penawaran yang diberikan, pelajari dan pikirkan dengan matang karena bisa jadi akan menyulitkan di masa mendatang

S2

S2 : When people hear this word.. they must be admire, and thinking "whuu must be smart"... Harusnya memang pintar, atau malah beneran pintar.. tapi ternyata ada juga orang-orang S2 yang masih malas menggunakan kepintarannya... Hmm mungkin mereka terlalu lelah duduk di bangku kuliah mendengarkan Dosen, membaca buku-buku yang sealaihim gambreng banyaknya, belum lagi memikirkan skripsi yang udah setengah mati disusun tapi dengan seenaknya di corat coret sama Dosen

Lelah dan Lega.. mungkin itulah yang dirasakan para siswa yang sudah Maha itu ketika telah di Wisuda, saat itulah dirasa sudah selesai penderitaan mereka, mari berleha lehaaa.. begitukah?? pastinya begitu buktinya mereka melemparkan topi toga tanda lepasnya dari 'penderitaan'

Ah tapi banyak juga kooqq yang S2 yang bener-bener langsung terjun mempraktekkan ilmunya.. ya ya tentu ada, tentunya banyak 

Lalu kenapa?? Ya tidak kenapa-kenapa sih, i just wanna say a little bit about the S2 yang bersinggungan langsung dengan hidup saya.. orang S2 yang... kadang-kadang seperti anak SMA yang perlu penjelasan detail, anak SMA yang perlu dikasih tahu step-step simple dalam pekerjaan, anak S2 yang.... yaa begitulah

Intinya S2 atau bukan tidak menjadi jaminan seseorang untuk banyak berkontribusi dilingkungan tempat ia berada, ilmu yang dipelajari secara formal memang perlu tetapi selain itu juga diperlukan kreatifitas, kemauan untuk maju, jiwa sosial yang tinggi,dan banyak lagi hal-hal positif yang diperlukan sebagai bentuk kebermanfaatan diri

23.11.11

sabar ya?

"Sabar buuu" pasti sering mendengar kata-kata tersebut, yap kata-kata itu diucapkan oleh seseorang kepada temannya yang biasanya sedang mengeluhkan hidupnya yang penuh nestapa bergelimang duka *lebaaay* Tetapi kata-kata "Sabar buuu" tidak selalu diterima dengan baik oleh orang yang sedang mengalami masalah, terkadang orang tersebut tidak bisa dibujuk dengan "Sabar buu" dia lebih membutuhkan kata-kata lain yang terkesan mendukung kesedihannya, dia lebih membutuhkan kata-kata "Kasihan banget sih Lo, terus jadinya bagaimana? Lo maunya gimana?" yah semacam itulah..

22.11.11

Jalan2 singkat 3 hari 3 malam menyusuri Makassar

Sebenarnya sudah dari beberapa waktu lalu ingin berkunjung ke Makassar, tapi karena kesibukannyaa *bukan aku yaa yang sibuk, tapi dia.. huh!! :D* jadi tertunda-tunda terus deh.. Almost 3 years deh kayanya tidak mudik, dan ketika ada rencana mudik langsung saja aku menyusun strategi *memicingkan mata, naekin alis sedikit* dalam hati berpikir kali ini harus keliling di sana, bukan cuma ke rumah saudara saja.. eits bukan berarti aku tidak mau silaturahim tapi menurutku sepertinya sayang banget kalau kita ke suatu kota tapi tidak mengunjungi tempat wisatanya.. jadilah kunjungan singkat itu aku maksimalkan dengan mengunjungi Taman Nasional Bantimurung yang berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.. it taken an hour and half from Makassar.. Mengantuk dan sempat tertidur di mobil tapi... tidak menyesal deh ketika sampai di Bantimurung, Taman Wisata dengan luas  ± 43.750 Ha ini benar-benar asik untuk di eksplor, dengan tiket masuk seharga Rp. 10.000 saja kamu bisa berlama-lama berenang, piknik atau bahkan menguji kesehatan dan nyali (dengan cara menaiki banyak tangga menuju Goa-goa yang berada diatas air terjun).. kenapa aku bilang menguji nyali?? karena beneran deh suasana menuju Goa-goa itu seperti dalam Variety Show Uji Nyali yang dulu ditayangkan di Televisi.. agak-agak spooky gitu.. jalan panjang diapit rimbunan pepohonan, air yang tenang, plus batu-batu besar..
Hmm sebenarnya sih ingin sekali menyusuri jalan dan melihat Goa, tapi yang lain menolak dan mengajak turun jadinya ya tidak jadi.. :(

Selain air terjun dan goa-goanya Bantimurung juga dikenal sebagai Kingdom of Butterfly.. but it used to karena ketika aku di sana aku hanya melihat seekor kupu-kupu coklat buruk rupa yang terbang, tidak ada lagi kupu-kupu dengan warna warni cantik beterbangan di udara bebas, kita tetap bisa melihat kupu-kupu tersebut tapi dalam bentuk lain..



sedih juga sih melihatnya, pajangan kupu-kupu itu memang cantik tapi mereka tempatnya di alam bebas, ikut mendukung keseimbangan ekosistem alam, bukan di dalam kaca tergantung pada dinding rumah, but what can i do?? nothing, bahkan aku sempat bertanya berapa harga pajangan-pajangan itu.. (fyi: harganya bervariasi mulai dari Rp. 5.000 yaitu gantungan kunci sampai Rp. 150.000 yaitu frame kuning besar dengan beragam jenis kupu-kupu.. tertarik?? hehe)

Selain kupu-kupu Bantimurung juga dulunya tempat Monyet hidup, itulah yang menjadi alasan adanya patung monyet pada gerbang masuknya, tapi sekali lagi i can't find that, even not on a frame *tiba-tiba membayangkan monyet dalam kaca besar*

Lalu kunjungan esok hari adalah ke Puncak Malino, perjalanan kali ini memakan waktu lebih lama dari ke Bantimurung, dan bertambah lama karena jalannya yang rusak.. sayang banget deh padahal andaikan Pemda setempat lebih aware terhadap hal itu maka dapat dipastikan Malino dapat menjadi komoditi yang menjanjikan di bidang pariwisata. Sambil terlonjak-lonjak diatas jok mobil aku disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan mata, tapi ada juga pemandangan coklat dari sungai-sungai yang dikeruk pasir dan batu-batunya :( *menyayangkan kembali*. Aku teringat ketika melakukan perjalanan dari Banjarmasin menuju Batulicin aku disuguhi kebakaran hutan, dan kali ini perusakan alam kembali terjadi di Gowa, dengan dikeruknya pasir dan batu. Terdapat lubang dimana-mana, Longsor.. 1 kata itu yang terbersit dalam pikiran ketika melihatnya.. but once again.. what can i do??


Singkat cerita sampailah diatas sana.. wuih dingiinnn.. sempet mampir di hutan Pinus yang memang menyediakan area untuk beristirahat, naik kuda yang disewakan, minum teh/kopi hangat  dan jagung rebus yang dijajakan, makan siang dan shalat di Masjid terdekat, lalu lanjuut lagiii... suer deh Puncak Bogor atau Bandung kalah dinginnya... brrr... love to be here.. #YES (paris hilton mode on)

Perjalanan kali ini ditutup dengan ke PASAR... seperti pasar pada umumnya Pasar tradisional Malino menjual 'keperluan dapur' berupa sayur mayur, tapi selain itu disini juga dijual oleh-oleh khas Malino seperti Buah Markissa, Kue Tenteng Kacang, Kue Kacang Tumbuk dan sebagainya.. harganya? jangan ditanya dijamin murah meriah dan sayur mayur serta buahnya itu segaaarr bangeettt....

My Keroyokan Book

Cerita ini dimulai ketika seseorang mengomentari postingan di Bloq ku ini *saah kaya yang hooh yah*, lalu gantian deh aku buka Blognya dan disitu dia posting bahwa dia pernah menulis buku secara keroyokan.. singkatnya aku follow deh @nulisbuku yang ternyata sedang mengadakan project 11 hari menulis yang dinamakan 11project11days.. syaratnya sang admin pada pukul 11.11 hari tersebut akan mengumumkan 1 video youtube sebagai Tema tulisan hari itu.. dan program itu berakhir pada jam 11.11 malam tersebut, hal itu berlangsung selama 11 hari, aku tidak ikut dari awal hanya ketika aku sempat saja, maklum sambil kerja dan kerjaan kantorku sepertinya tidak ada habisnya jadi... ya disempat-sempatkan, itupun nulisnya ngumpet-ngumpet, kalau ada orang lewat mejaku aku akan meminimize tulisanku dan mulai melanjutkan bekerja, sementara sambungan cerita masih berada dipikiranku.. ingin segera dituangkan lewat cerita pendek yang hanya dibatasi 3 lembar kertas A4..

Tapi... Alhamdulillah yah senang bahwa ternyata 3 tulisanku lolos seleksi, sebenarnya aku mengirimkan 5 tulisan, tapi mungkin yang 2 tidak layak tampil hikhik..





Dan sekarang aku sedang menunggu kiriman 3 buku tersebut (ya 3 aja deh dulu yang dibeli, yang ada flash fictionku heheh)

Eh btw buat kamu kamu kamu *bayangkan aku sedang menunjukmu* yang mau membeli buku-buku tersebut atau bahkan mau ikutan mempublish tulisanmu coba buka linknya Nulis Buku deh.. helping banget ^_^

14.11.11

Haji yuuuu

Semua muslim pastinya ingin pergi Haji, tapi tidak semua orang dapat pergi Haji dikarenakan bertambah muahalnya naik Haji dari tahun ke tahun, bagaimana menyikapinya? mas Aidil Akbar meng-kultwit tentang hal tersebut (pssstt sebenarnya sudah dari kemarin2 and saya pun udah ijin tapiii baru sempet copas nih)

Sudah mau lebaran haji, mari kita bahas gimana mempersiapkan dana haji utk tahun2 kedepan
Rukun Islam ke 5 ini memang hanya buat umat yang mampu
Yang dimaksud mampu adalah: Mampu Finansial, Mampu Mental dan Mampu Ilmu  
Tetapi yakinlah kita mampu dengan perencanaan yg baik terutama perencanaan keuangan
Ibadah haji butuh dana besar & hampir selalu naik dari tahun ke tahun, itulah sebabnya hrs dipersiapkan  
Komponen biaya Haji yang sering naik adalah 1. setoran ke pemerintah Saudi,  

2. Biaya akomodasi meningkat di tanah suci meningkat karena jumlahnya terbatas,  
3. Tiket pesawat yang juga sering naik, belum lagi kalo harga avtur ikutan naik  
Bgmn persiapan dana haji? Pertama tentukan kapan kita mau pergi haji misalnya 2,3, atau 5 tahun lagi
Makin lama jangka waktunya persiapan dana Haji akan makin terasa ringan cicilannya  

Cari info biaya haji (ONH) saat ini ditambah biaya tambahan lain yg jg hrs dipersiapkan  
Biaya lain seperti walimatus safar, vaksin dan cek kesehatan, belanja oleh-oleh, dll,
Perhitungkan kenaikan inflasi/thn misal pakai angka 10 %, dgn cara ini bs dihitung biaya haji 5 thn lagi  

Jika kenaikan 10 %/thn, 5thn lg,jika biaya haji Rp 35jt,5thn lg jadi sekitar Rp 56.385.000  
Siapkan dana haji dgn memilih produk investasi yg tepat & sesuaikan dgn profil resiko kita
Tabungan Haji memberikan kepraktisan & bisa di debet dr gaji atau rekening tabungan lain  
 
Memiliki tabungan haji sdh langsung mendapatkan kuota krn didaftarkan otomatis ke SISKOHAT – Depag.  
Kekurangannya tabungan haji returnnya kecil dibanding deposito & produk investasi lain
Alternatif lain untuk mempersiapkan dana haji adalah dengan membeli emas batangan  
 
Jumlah emas yg dibutuhkan utk pergi haji, dgn nilai saat ini kira2 sekitar 70gr utk ONH + biaya lain  
Keuntungan emas LM harganya mengikuti kenaikan inflasi&berbanding lurus dgn kenaikan USD di Indonesia
Jika rencana pergi haji 5thn lg,emas yg ditabungkan sekitar 14gr/thn atau 1gr lbh sedikit/ bln  

Alternatif produk investasi lain yg lebih beresiko&hasil lebih tinggi utk persiapan adalah reksadana syariah
Reksadana ini bisa didapat di manajer investasi, perusahaan sekuritas, atau agen penjual/bank2
Bila target naik haji >5thn sebaiknya beli reksadana campuran atau saham yg potensi returnnya besar  

Jk 5thn lg butuh Rp 56.8jt,jk return reksadana rata2 20%/thn,dana investasi yg diperlukan Rp 550rb/bln.  
550rb per bulan?? sepertinya bukan jumlah yang sangat besar yang bisa disisihkan tiap bulan ya.... hmmm tertarik??

My First My Last

Semua orang punya Theme Song.. biasanya tidak 1 tapi punya beberapa 'back up' untuk menunjang moodnya saat itu.. including me.. i have my own theme songs.. Tapi ada 1 orang yang sangat konsisten dengan Theme Song nya.. dia itu John Cage.. Ingat dia? dia adalah salah 1 tokoh dalam film Ally Mc Beal, wuiihh jaman dulu banget yaa... tapi tiba-tiba aku teringat kembali dengan Theme Song nya My First My last, lagu yang dinyanyikan oleh Barry White itu saat ini kembali bisa kita dengar lewat iklan salah 1 susu bayi.. kamu bisa tebak susu apakah ituuu?? fill in the comment's box if you can guess.. hehe..



We got it together didn't we
We definately got our thing together don't we baby
Isn't that nice
I mean really, when you really sit and think about it
Isn't it really, really nice
I could easily feel myself slipping more and more away to
That simple world of my own
Nobody but you and me
We got it together baby

My first, my last, my everything

And the answer, to all my dreams
You're my sun, my moon, my guiding star
My kind of wonderful, that's what you are

I Know there's only, only one like you

There's no way, they could have made two
You're, You're all im living for
Your love i'll keep for ever more
You're the first, you're the last, my everything

In you, I've found so many things

A love so new only you, could bring

Can't see you if you, You'll make me feel this way

You're like a first morning dew, on a brand new day

I see, so many ways that I, can love you

'Till the day i die...

You're my reality, yet im lost in a dream

you're the first, my last, my everything

{ instrumental }


I know there's only, only one like you

There's no way, they could have made two
Girl you're my reality, But i'm lost in a dream
You're the first, you're the last, my everything

Asikkaan musiknya.. rada nge-beat sedikit tapi masih bisa dinikmati oleh penikmat musik kalem,.. and you know what?? John Cage mengartikan kata We dalam lagu ini bukanlah untuk dirinya dan orang lain, melainkan untuk dia dan dirinya sendiri, lagu ini dijadikan spirit booster olehnya ketika ia merasa letting down or sad or numb or anything... dengan mendengarkan lagu ini atau bahkan ia mengikuti alunan musiknya *you can see how he dance from the video*, dan setelah itu... ia merasa feel better dan siap menghadapi tantangan apapun yang ada didepannya

Dari motivator yang aku follow di Twitter, dia mengatakan jangan terlalu sering mendengar lagu cengeng karena itu akan melemahkan diri jadi pilihlah lagu yang agak menghentak agar otakmu ikut berjoget dan menghasilkan adrenalin sehingga semangatmu bangkit kembali..

So.. do you have Theme Song??


Social Media

Bener-bener memang harus menyikapi SocMed dengan bijak karena SocMed.. apalagi Facebook dapat membuat rumah tangga kacaauuu kalau tidak digunakan dengan baik, sahabat baikku bertengkar dengan suaminya gara-gara Facebook, dan masih banyak lagi kisah diluar sana yang... karena Facebook...