Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

28.12.13

Mencoba menikmati sakit

Sakit itu memang nggak enak, tapi kalau direnungkan dengan hati jernih, sakit itu ada hikmahnya, jangan sedih, jangan meratap, apalagi mempertanyakan kebaikan Tuhan *talk to my self*

Dalam buku yang berjudul Yasalunaka fi al-Dinwa al-Hayat, Dr. Ahmad al-Syurbasi menulis lima hikmah sakit :

Pertama,
sakit adalah ruang untuk manusia berehat. Benarkan? Selama sakit kita jadi lebih banyak tidur, nggak perlu bekerja, mengurangi pikiran yang berat-berat. Makannya pun dijaga, nggak makan yang ribet-ribet yang artinya organ dalam perut berkurang kerjanya.

Kedua,
sakit merupakan pendidikan. Orang yang sakit pasti langsung menyadari kalau sehat itu mahal, walaupun terkadang  sudah sembuh balik lagi ke gaya hidup tidak sehat hehe.

Ketiga,
sakit merupakan teguran dari Sang Pencipta. Kode alam bahwa ada yang salah dalam hidup kita. Entah tidak menjaga makanan, kurang olahraga dan sebagainya.

Ketika
sehat, seolah-olah tidak ingat dengan sakit. Lupa memanfaatkan kesehatan

Keempat,
sakit memberikan kesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa. Saat itu selalu menjadikan manusia berpikir kembali dan bermuhasabah/introspeksi. Jarang sekali kita dapat bermuhasabah tatkala hati gembira.

Nabi SAW Bersabda: Tidaklah seorang muslim tertimpa keletihan, sakit, kebingungan, kesedihan dan kekusutan hidup, atau bahkan tertusuk duri, kecuali Allah menghapus dosa-dosanya. (HR. Muttafaq Alaih).

Ladang amal


Kelima,
ketika seseorang itu sakit, maka akan ada kerabat dekat akan semakin dekat, kerabat jauh akan menjadi dekat dan yang kenal akan semakin akrab.

22.3.13

Kamu adalah Lubang Hitam

Hatiku di penuhi olehmu, kamu yang aku tidak tahu darimana datangnya tiba-tiba saja menganggu hidupku. Aku mengambil pena dan kertas lalu menuliskan tentang kamu, maaf kalau kamu tidak terima akan isinya, tapi inilah yang aku rasakan. Kamu juga tidak perlu membacanya kalau kau tak ingin. Tak mengapa bagiku karena aku cuma butuh melampiaskan apa yang aku rasakan..

Kamu adalah lubang hitam terbesar yang pernah ada dalam hidupku. Ah mungkin berlebihan jika aku berkata seperti itu, tapi.. bagiku Black Hole di angkasa sana persis seperti dirimu. Yang menghisap semua materi yang berada di dekatnya. Tidak ada yang dapat lolos dari cengkramannya, Black Hole menarik semua massa yang berputar di dekatnya. Persis toh seperti kamu? Dengan pesonamu kamu menjeratku, yah mungkin awalnya aku yang salah karena aku mendekatimu maka dengan mudahnya kamu menarikku masuk




Aku tidak tahu apakah aku harus menangis atau tertawa, gembira atau bersedih. Aku bingung, dan kaulah yang menyebabkan kebingunganku itu. Kamu yang tiba-tiba muncul di hadapanku, dengan pesonamu engkau menawarkan sejuta rasa. Ah.. bahkan saat ini ada getaran dalam jiwaku ketika mengingatmu. Karlin.. menyebut namamu saja dapat menggetarkan hatiku, menuliskan namamu saja dapat menggetarkan jari jemariku. Kar-.. ah aku tidak sanggup mengatakannya lagi, terlalu banyak energi dalam namamu. Itu baru namamu, belum kamunya ya say. Apa? Say.. masih pantaskah aku memanggilmu Say setelah kamu mencampakkanku? Seharusnya aku malu tetapi.. kata orang cinta itu buta, dan kebutaanku ini menghilangkan rasa malu pada diriku.




#MonologAku Bag-1 #Fiksi

15.3.13

#CeritaAbadi

Sudah lama ga copas Kultwit yang bagus, tadi 'stalking' di twitter dan menemukan ini :

1/30. Sekarang sy mau share ttg . Hehe, judulnya keren ya? Tp yg terpenting manfaat buat semua. Amin. Ini ilmu rejeki.

2/30. Manusia adl makhluk bernyawa, pastinya punya umur sbg batasnya. Namun ada satu hal yg akan abadi, yaitu cerita kita.

3/30. Bayangin, ketika masa kita telah tiada nanti, apa yg akan tersisa dari diri kita?

4/30. Yang hartanya banyak, juga belum tentu bakalan ada selamanya, lama2 juga habis dimakan sama ahli waris.

5/30. Kalau dulu pesen mentor/ guru sy, "kalau mau abadi, jadilah bagian dari sejarah". Jadilah bagian dari

6/30. Di seminar, saya selalu wasiatkan 2 hal utk peserta seminar saya. Bhw hidup harus punya 2 hal: PRESTASI & PRASASTI?

7/30. Prestasi jelas hrs kita capai dan punyai supaya orang makin percaya sama kita. Kredibilitas meningkat.

8/30. Prestasi berguna sbg nilai tambah bagi pribadi kita utk semakin berkembang krn hadirnya mitra yg semakin banyak percaya.

9/30. Ingat!!! Hukumnya: semakin berprestasi kita, semakin kita dipercaya.

10/30. Yang kedua, yg gak kalah penting adl meninggalkan Prasasti. Supaya oang tahu kita pernah hidup.

11/30. Gak asal prasasti, tp hrs yg baik. Bs berupa manfaat tiada habis (amal jariyah) sprt sekolah, rumah sakit, panti, dll.

12/30. Bisa jg bisnis besar yg membanggakan keluarga, bangsa dan agama. Merk kelas dunia gitu lah. Banyak contohnya.

13/30. Dan kalau dirasa 2 hal tadi sulit, maka lakukan yg ini. Buatlah cerita hidup yg baik di telinga orang lain.

14/30. Karena yg tersisa dari kita adalah cerita. Siapa kita nantinya di dalam sejarah, hanya akan hadir dlm bentuk cerita.

15/30. Lihat orang2 besar seperti para nabi. Semua kebaikan mereka kita tahu krn mereka punya hal baik utk diceritakan.

16/30. Para pelaku sejarah dan pembuat perubahan di dunia ini jg kita kenal krn orang lain masih saja menceritakan mereka.

17/30. Dengan meningalkan cerita, manusia yg terbatas usia bisa menjelma menjadi manusia abadi dari masa ke masa.

18/30. Sampai2, nabi Ibrahim AS pny doa khusus supaya beliau termasuk ke dlm golongan manusia yg diceritakan krn kebaikannya.

19/30. Beginilah doa beliau, "waj'al lii lisaana shidqin fil aakhiriin". (QS Asy Syu'ara : 83)

20/30. Yg artinya, "Dan jadikanlah aku buah tutur yg baik bagi orang2 yg datang kemudian". Dahsyat gak tuh doanya.

21/30. Kalau sampai nabi Ibrahim AS meminta, berarti beliau tahu hal tersebut adl penting.

22/30. Karena tugas kita adalah menjadi teladan yg baik bagi generasi sesudah kita.

23/30. Krn itu, jgn bosen berkarya, berbuat baik dan menanam kebaikan. Mungkin bkn sekarang yg menuai tp pasti ada hasilnya.

24/30. Kalau bukan kita yg menuai, anak cucu kita yg menuai. Mereka yg akan mendapat kemudahan di kemudian hari.

25/30. Dan bukankah kemudahan yg kita peroleh saat ini adalah buah dari kebaikan orang tua kita di masa lalu?

26/30. Selamat merangkai cerita kebaikan, semoga kita semua jadi bagian dari kebaikan sejarah yg abadi. Aamiin.

8.3.13

Cinta tersembunyi

Ketika Kampung Fiksi memberikan tema #cecintaan, aku mengirimkan satu cerita dengan tema yang tidak biasa aku buat, berharap agar cerpenku diterima *dan memang diterima*, seperti ini :
⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

 
Aku aneh? Kamu mengatakan aku aneh karena masih mengejarmu, masih merindukan sosokmu padahal sering kali kamu menyakitiku? Ini bukan keanehan tapi ini cinta tanpa syarat.

Ya aku mencintaimu dengan segala kekurangan dan kelebihanmu. Aku membiarkan engkau bersenang-senang dengan duniamu karena aku yakin ada waktunya dimana kau kembali kepadaku. Dan kau selalu begitu.

Aku ingat ketika kau bertengkar dengan suamimu, kau menangis lalu kau akan mencariku. Menumpahkan semua kekesalanmu.. Dan aku akan mendengarkan segala curahan hatimu. Aku diam tidak menyela. Lalu setelah kau selesai melepaskan semua keluh kesahmu aku akan memberikan masukan. Aku menuntun kau kembali ke sisi suamimu. Karena aku tahu yang terbaik menurutmu adalah bersamanya.

Juwitaku.. Hari ini aku menapak tilasi perjalanan cinta kita. Aku menghentikan mobil
di trotoar tempat kau menungguku, aku makan di restoran tempat kita pernah makan bersama. Aku menutup mataku untuk membayangkan kau ada dihadapanku, memainkan makananmu dengan garpu. Ah kamu yang selalu banyak memesan tapi tidak menghabiskan selalu saja melimpahkan semua makanan kepadaku. Aku tempat sampahmu.

Bayanganmu pun begitu terasa ketika aku duduk di taman ini. Kamu tersenyum menatap awan yang dihiasi layang-layang. Lesung pipimu itu.. Selalu membuatku gemas. Ingin sekali aku mencubit dan merengkuhmu dalam pelukanku, tapi aku sadar kita tak bisa melakukan itu. Aku hanya ‘sephia’ bagimu, tidak akan pernah naik tingkat.

"Sayang, kamu kemana saja. Kenapa menghilang?"
"Mas.. Aku.. Kita hentikan saja ya semua ini."
Suatu hari kau berkata seperti itu, aku tidak kaget karena setiap kali hubunganmu dengan suami membaik, kamu akan meninggalkanku, dan seperti biasa aku mengalah.

Tapi.. Mengertilah bahwa aku juga memiliki hati, hati yang pernah kau isi dengan cinta. Bagaimana mungkin aku melupakan semua kebaikanmu begitu saja.. Aku tidak bisa karena bagiku kau sangat istimewa.

"Aku mau cerita" benarkan yang aku bilang, kamu akan mencariku.. lagi.
"Cerita apa sayang."
"Hfff sayang laagi, kan sudah aku bilang tidak usah memanggil aku dengan 'sayang'."
"Hehee iya deh maaf, keceplosan. Memang mau cerita apa?."
"Eee.. Tapi kamu jangan marah ya."
"Tidak, memangnya ada apa?"
"Kemarin.. Aku bertemu Doni."

Doni? Aku benci nama itu, aku benci dengan Doni. Sudah cukup aku bersaing dengan suamimu sayang, aku tidak perlu Doni diantara kita.
"Terus?" Aku tahan kegeramanku.
"Terus.. Kita makan dan nonton di bioskop."
Aku memukul meja, kutumpahkan kekesalanku di meja kerjaku. Kau tidak tahu itu sayang karena kita hanya chatting, kau tidak tahu bagaimana kesalnya aku. Aku cemburu!!!.
"Kenapa sih harus pergi dengan dia? Memang tidak ada teman wanita yang menemanimu ketika suamimu di luar kota?"

Aku berusaha menahan emosi tetapi aku terlalu kecewa kepadamu.

"Yaa bagaimana ya, dia tiba-tiba menelponku dan mengatakan kalau dia sedang berada di dekat kantorku. Teruus.. Dia mengajak aku bertemu setelah jam kantor usai."

Aku tidak memperpanjang persoalan karena aku tahu kalau perdebatan ini akan berakhir dengan kamu yang balik marah dan menjauh dariku. I know you so well sayang, you always do that.

Aku memang sering sakit hati oleh tingkahmu tapi.. Aku tidak bisa hidup tanpamu. Αda ruang dalam hatiku yang hanya bisa diisi olehmu.

"Kerajaan hatiku milik suamiku, tapi ada satu kastil yang aku siapkan untukmu."
"Benarkah?" Aku bahagia sekali mendengarnya.
"Benar, kastil yang tersembunyi. Tempat kita bertemu. Kastil itu hangat.. Aku senang berlama-lama disana" kamu melanjutkan kata-katamu.
Masih adakah kastil itu saat ini sayang? Bolehkah aku memasukinya kembali?

"Kamu remove aku dari facebook? Kenapa?" Kamu menegurku setelah lama membuangku.
"Aku sedang mencoba melupakanmu."
"Oh begitu, ya sudah. Baguslah!"
Aku menangkap ada kesinisan dalam kata-katamu.
"Tapi aku tidak bisa. Aku.. Rindu" tiba-tiba kerinduan mengisi relung sanubariku.
"Untuk apa merindukanku!?"

Kamu selalu begitu sayang. Mengintimidasi aku dengan sikapmu. Tetapi justru hal itu yang membuatku tidak bisa melupakanmu. Aku pun menyiapkan sebuah ruangan di dalam hatiku. Ruangan yang hanya bisa diisi olehmu, tidak ada yang dapat menggantikan tempatmu, termasuk istri dan anak-anakku.
⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷

2.3.13

Apalah Arti Sebuah Nama?

Pernah dengar kata-kata 'Apalah Arti Sebuah Nama?' yang mungkin maksudnya nama itu tidak penting, tapi klutwitnya Proumedia menyatakan sebaliknya, cekidot :

Sahabat bertanya," Ya Rasul, apa hak anakku?" Rasul jwb,"Baguskan namanya, perbaiki adabnya, & tempatkan pd posisi yg baik." -Hr. at-Tabrani

1. Sebagian dari realisasi cinta kita yg tulus kpd anak2, adalah dg hadiahkan nama (sbg brand image) yg baik

2. yaitu nama & brand image yg berenergi,kuat,tangguh,dan berjiwa. Ada penelitian lucu & menarik yg dilakukan Harari & Mc David

3. Para guru yg pengalaman diminta menilai karangan siswa kelas 5 SD. Oleh mereka, karangan yg sama diberi nama judul yg beda.

4. Hasil sungguh mengejutkan. Karangan yg diberi nama yg menarik, diberi nilai lebih tinggi drpd karangan dg nama jelek.

5. Karangan dinilai rendah hanya krn namanya jelek, sdgkan dinilai tingi krn namanya menarik. padahal, isi karangan tsb sama.

6. Itulah salah satu bukti otentik ttg adanya pengaruh nama pada diri seseorang. nama baik bawa penilaian yg baik.

7. Nama dpt diibaratkan sbg tanah lapang, wadah ataupun modal awal. Bila ibarat sbg tanah lapang, kita patut lakukan intropeksi.

8. Mgnkin kita brikan tanah lapang yg tdk luas, shg anak2 tdk bisa bebas berlari. bahkan sudah sempit kadang2 kita prsempit lg

9. Ada sbagian orang tua yg selalu menyebut anaknya sbg 'Anak pembawa sial'. Ibarat tanah lapang yg sempit, dipersempit lagi.

10. Nama selain ibarat tanah lapang, jg ibarat wadah. Wadah air misalnya, akan menampung air sebanyak kapasitasnya.

11. Semakin besar, luas, dan lapang, semakin banyak pula airnya. Sebaliknya, semakin sempit wadahnya, semakit sdikit isinya.

12. Sbg wadah, nama akan nampung seluruh aktivitas anak. Smakin lapang nama yg disandang, smakin bnyk aktivitas yg dpt diwadahi

13. Berilah nama yg baik pd anak kita. Dg Anda berikan nama baik, ibarat telah berikan tanah lapang atau wadah yg sangat luas.

14. Kalau orang tua inginkan anak2nya kreatif, maka langkah pertama yg harus ia lakukan adalah beri nama anak dg nama kreatif.

15. Nama yg baik menimbulkan asosiasi dan persepsi yg baik. Si pemilik nama akan dimuluskan menjadi orang baik.

16. Nama anak bukan perkara sepele. Ia ibarat label. Kalau labelnya buruk, bisa dipastikan isinya akan dipersepsikan buruk.

17. Tapi kalau label baik, walau isi blum tentu baik, dipastikan akan dipersepsi baik. Persepsi baik & buruk sangat pengaruhi.

18. Label yg sudah dipersepsi buruk, akan sangat sukar tunjukkan diri bahwa dirinya sesungguhnya baik.

19. Karena itu, kalau kita beri nama anak, pilihlah nama yg baik. Agar anak miliki peluang utk jadi baik.

20. Begitu sebaliknya, kalau nama anak buruk, anak kita tadi memiliki peluang yg sangat kecil utk jd baik.

21. Meskipun bgitu, ia akan butuhkan energi yg besar utk bisa mengatasi persepsi2 buruk yg datang dr orang2 sekitarnya.

22. Nama buruk timbulkan asosiasi & persepsi buruk. Kalau si pemilik nama akan berbuat baik, akan sibuk atasi persepsi buruk.

23. Terkait soal nama, at-Trabani riwayatkan: Sahabat bertanya kpd Rasulullah saw,"Ya rasulullah, Apakah hak anakku ini atasku?"

24. Rasulullah menjawab, "Membaguskan namanya, memperbaiki adabnya, dan menempatkan pada posisi yang baik." (Hr. at-Tabrani)

25. itulah nama. Dari 3 hak yg dimiliki anak atas orang tuanya, nama tempati urutan pertama. Ini tunjukkan nama hal yg penting.

26. Nama juga dpt diibaratkan sbg modal awal. Ada modal ada peluang, betapapun kecilnya. Merugi kita kalau peluang disia-siakan.

27. Ketika Rasul bertemu ketua tim perunding dlm perjanjian Hudaibiyah, Suhail, Rasul optimis bahwa persetujuan akan tercapai

28. Mendengar nama 'Suhail' itu saja muncul optimisme pd diri rasul, mengapa? Sebab ini terkait dg arti kata 'Suhail'

29. Kata 'Suhail' bermakna mudah, dan dg ketua tim perunding yg 'mudah' itu, Insya Allah akan dimudahkan oleh Allah swt

30. Ibnul Qayyim al-Jauziyah, berpendapat bahwa ada hub erat antara nama dan yg dinamai. Ada hub antara nama dg sifat orang.

31. Selain berpengaruh pd kedamaian jiwa anak2, setidaknya nama dapat timbulkan sugesti dan sifat optimisme.

32. Beliau jg tegaskan bahwa pemberian nama yg baik akan dorong yg punya nama utk berbuat baik sesuai makna yg ada di namanya.

33. Kalau masih ada nama2 yg buruk, ubahlah nama2 itu jd nama2 yg baik, sbgmana diperintah oleh Nabi saw yg contohnya sprti: ...

34. Rasulullah mengganti Barrah (yg paling baik) dg Zainab (pokok yg indah & wangi). Nama Barrah nama yg dilarang oleh Nabi.

35. Rasul jg mengganti Hazan (Muram atau sedih) dg Sahal (mudah atau senang). Jg merubah nama Harb (perang) dg Silman (damai).

36. Maka, berhati-hatilah ktika pilih nama utk anak kita. Nama merupakan doa yg InsyaAllah selalu lekat kpd kita dan anak.

37. Nama jg merupakan harapan dan cita-cita, maka lakukan sholat istikarah utk memilihnya, tanyakan pd ahli, & pikirkan dg masak

28.2.13

Masjidil Aqsa


Ust Muh Ali Zulfikar :

Rasulullah SAW Bersabda artinya,"Tidaklah diupayakan untuk berkunjung kecuali kepada tiga masjid: Masjid Al-Haram, Masjid Al-Aqsha dan masjidku ini (Masjid Nabawi). (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Maimunah Maula Nabi SAW berkata, "Wahai Nabiyallah, beri kami fatwa tentang Baitul Maqdis." Beliau menjawab, "Baitul Maqdis adalah tanah mansyar dan mahsyar. Datangilah dan shalatlah di sana." (HR Ahmad 6/463 dan Ibnu Majah 1/429)

Kalau masjid ini dirusak atau dirobohkan yahudi, maka umat Islam harus menghalangi. Sebab umat Islam diperintahkan untuk shalat di sana oleh Nabinya.

Dengan keadaan saat ini dimana Yahudi berupaya merobohkan Al Aqsa, tersirat jelas dari beberapa dalil diatas Nabi seakan menyuruh kita ikut menjaga Al Aqsa, Masjid Umat Islam Sedunia
  


Allah SWT Berfirman "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS-AL ISRA : 1)

Sebutan Masjidil Aqsa di ayat ini kita diingatkan selalu harus senantiasa ingat serta memperhatikan kepada Masjidil Aqsa, Secara khusus ada perintah dari Nabi Muhammad SAW buat umat Islam untuk melakukan shalat di masjid Al-Aqsa.

Bahkan dalam ayat turunnya perintah Shalat 5 waktu TIANG AGAMA sebelum mi'raj naik ke langit, beliau SAW pun melakukan shalat terlebih dahulu di masjid itu.

Padahal kalau dipikir-pikir, untuk apa harus mampir dulu jauh-jauh ke sana? Mengapa beliau tidak langsung mengorbit ke langit dari Makkah? Rupanya di sinilah letak nilai Masjid Al-Aqsa dalam agama kita. Bagian keimanan, bagian agama Allah.
-Pengajian Bang Jampanx-