Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

7.5.12

Dari Award ke Okkots

Ikutan Giveawaynya Mba Nurmayanti Zain *Mba, mba.. ada hubungan sodara ga sih sama Maher Zain? :D* tapi ga menang hikhik (postingannya yang ini). Tapi teteup dikasih Award sama Mba Nurma, asikkaan :P



Terus pas lagi BW ke blognya Eksak ternyata dia lagi posting tentang Award sekalian membagikan Award itu ke 7 orang Makassar, termasuk saya, padahal saya bukan Orang Makassar, suami saya yang Makassar, lalu ketika saya sampaikan kepada Eksak eeh dia bilang

ada gitu Award dititipin, dasaar hehe

ini Awardnya
Untuk yang tidak tahu Okkots itu apa, coba deh perhatikan gambar di bawah ini :

Angkutang?

Pansit?

Dilaran Memanccin?

Kuning mbaa
Koran pun ikutan Okkots.. Dandut gitu loh

Nah sudah dapat kesimpulannya? Yaa itulah Okkots, salah ngomong atau bermasalah dengan huruf G, kata-kata yang ujungnya G dihilangkan, lalu kata-kata yang ujungnya N ditambahkan huruf G (sebenarnya sih bukan di G aja masalahnya, tapi ada beberapa huruf lain yang 'berubah')

Di kantorku jaman dulu saban sore sekitar jam 15.00 Bos ku (orang Makassar) suka menyuruh Office Boy untuk beli gorengan, dan dia akan berkata "Beli Bakwang" << maksudnya Beli Bakwan :P

Berikut contoh Okkots :

KOMANDANG KORENG
Ada satu kompi tentara Makassar dikirim latihan di Jawa. Yang bikin keki tentara Jawa di sana karena komandan koremnya orang Jawa, tapi yang jadi pemimpin upacara adalah tentara Makassar. 
Setiap apel pagi, tentara Makassar itu berteriak, "Kepada, Komandang Koreng... hormattt graaattt!"
Tentara Jawa ketawa cekikikan. “Kok Komandan kita dibilang korengan sih?” Padahal maksud tentara Makassar itu: Kepada, Komandan Korem... hormattt gerakkk!

NDAK MABUT ! 
Reporter : Bagaimana pendapat ibu dengan kapal ini ?
Penumpang : ooh bagus sekali, dari Batulicing (Batulicin) eee kemaring (kemarin)..jang (jam) eee berangkap (berangkat) jang (jam) spulu (sepuluh).... , eee perjalanam (perjalanan) ee bagus, lancar....., sampe ke Barru ini ee jang (jam), eee sandar jaang (jam) delapang (delapan)...pagi, ini ombat (ombak) bagussss...., tidap (tidak) goyan (goyang), makanang (makanan) enat (enak).... diatas kapal bagus juga, NDA MABUT (mabuk) !! semuanya bagus, air bagus, smuanya bersih, saya coba coba naik ini kapal, tapi ternyata memang bagus, ndak bikin mabut (mabuk)
 


Tapi menurutku Okkots itu lucu, buktinya ketika suamiku Okkots aku akan tertawa terpingkal-pingkal sampai dia jengkel sendiri, habiss bahasa inggris pun di okkots-in, keren kaan

eh ternyata ada bukunya juga loh.. bener kata Eksak orang Makassar memang KreatiP

dari sini
*Tidak bermaksud menyinggung atau SARA, Okkots merupakan satu dari keberagaman di Indonesia
 
Habis buka ini juga :

87 comments:

  1. Oalaaaah okkots tuh iniii...
    Dulu pernah dikasih link tentang okkots okkots gitu tapi gak iso dibuka, malah baru sekarang taunya hihi ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Uunn.. itu masih mendiing, kalau orang Bugisnya asli mah duuh ngomongnya aku tambah ga ngerti dweh, coba aja buka lucu2 loh xixixi

      Delete
  2. owh.. "okkots" itu seperti ini toh.. haha... lucu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh lucu, bahasa yg kedaerah2an memang selalu ada uniknya :)

      Delete
  3. Opo sih okkots? sik rung mudheng hahahaha..

    Btw selamat yo sob awardnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih aku copas dari blog lain :

      OKKO = itu artinya salah atau tidak benar, KOTS = artinya ucapan, pengucapan, sebutan atau pengeluaran kata, jadi, menurut prof.Rhyfhad seorang ahli dalam mengartikan kata dengan 30% masuk akal, definisi OKKOTS itu adalah pengucapan kata yang keluar dari mulut manusia yang secara reflex atau tidak sadar mengucapkan kata yang salah serta kadang berlebihan tapi maksudnya sama (bisa di mengerti??), contohnya begini, jika ingin mengucapkan kata UCAP biasanya jadi UCAT, IKAN jadi IKANG, ULANG TAHUN jadi ULAN TAHUNG, DEPOK jadi DEPOT.

      Delete
    2. Semacam slip of the tongue gitu ya klo dalam linguistics :)

      Delete
    3. hooh tp banyakan slip nya, tapi kalau lama2 pindah kota sih mungkin ngga yah ;)

      Delete
    4. Ooo... ngono tho... hahahha...
      Thanks sob penjelasannya :D
      Mungkin kalo orang sunda Falsafah jadi palsapah gitu ya ??

      Delete
  4. kok bisa gitu ya,, pasti pelajaran bahasa indonesianya merah...hahahhhahaahah (piiiis)

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah itu dia aku ga tahu, belum pernah bahas sampai situ sih, tar deh kapan2 hehe

      Delete
  5. congrat dah yg baru dapet awardnya..
    tp kagak ngarti mah okkots apaan, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaah kan udah dijelasin di atas, gag baca yaaa... :)

      Delete
  6. Language!

    Waaawaaaawaaaa senang sekaliiii dapet ilmu baru tentang bahasa.

    Saya juga suka ketawa kalo dapat kosakata bari dalam bahasa daerah suami saya (Sanggau, Kalimantan Barat).

    Ah nanti mau ikutan ah critain beberapa bahasa daerahnya suami ihihi. Makatiiih mbak nf, this post inspires me yeay \^.^/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeh typo dah tuh ._.

      Kamsudnya baruu :-P

      Delete
    2. baru this post yg menginspirasimu?? aah kemana saja kaww :P

      ooo kirain Bari itu bentuk tense yang lain dari Baru :))

      Delete
    3. Post ini menginspirasi dgn teran bederan *ga pake G* ngahahahaha.

      Delete
    4. iihhh kamyu nakhal yaa cubit niyyy

      Delete
  7. kwok kwok kwowk, kirain itu salah penulisan kata, tapi emang kenyataannya seperti itu yah. fufufu ternyataaa

    ReplyDelete
  8. oh ternyata kelebihan G ya kalau orang makassar itu ngomong ya... sering denger orang makasaar ngomong.. aneh.. ternyata kelebihan G ya.. ah cari orang makassar dan mau dengerin baik baik ah..

    ReplyDelete
  9. sumpah deh ane kagag ngarti sob hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibaca lagi, bacanya sambil merem biar menghayati :D

      Delete
  10. nyimak saja lah lw gni pada ngomongin apasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada yang ngomong, di sini mah pada nulis hehe

      Delete
  11. ow gtu jadi tau deah okkots itu apa

    ReplyDelete
  12. saya baru denger sekali ini lho istilah okkots ntu
    kayaknya saya juga suka okkots kalo pas hidung tersumbat terkena flu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itumah bukan okkots tapi bindeng :D

      Delete
  13. wahahaha... maklum yang nulis itu WNA kali,
    jadi gak ngerti bahasa indonesia :D
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang Makassar Bugis mang cinta banget sama kampungnya, tinggal di jakarta aja logatnya ga dibuang :D

      Delete
  14. Ini salah satu keragaman bahasa daerah. Harus dilestarikan sob. :D

    ReplyDelete
  15. *gubrak!
    ternyata dikupas tuntas-tas-tas di dini yaaa XD
    m-a-k-n-y-u-s

    Mantap euy! ^^ hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah kalo orang makassar yang ini udah ga okkots nih kayanya hihi

      Delete
  16. hmmmm kalo hilang G nya, berarti ompong donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ompong tapi ompon :P

      Delete
  17. besuk aku mau beli bakwang pakai uan.....j

    ReplyDelete
    Replies
    1. besuk? sapa yang sakit? aah ini mah campuran okkots dan alay wkwkkw ^^V

      Delete
  18. akkakakakak, Nama saya juga pernah diokotin orang deh, Hadi Kurniawang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya bener tuh ditambahin G ya belakangnya :P

      Delete
  19. logat bahasa kadang bikin lucu....kalau orang jawa hanya di olah suaranya yang medog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa tiap2 daerah unik, orang sunda ga bisa bilang F

      Delete
  20. Sama aja kaya typo kali yah mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo typo kan nulis doang, kalo ini ngomongnya juga zal

      Delete
  21. HAAHA, hidup Okkots... Okkots bisatonji :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha okkots mi dulue pale :P

      Delete
  22. wah patut dipertanyakan nih nilai indonesianya... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm iya juga yak, nanti aku tanya misuaku berapa nilai bahasa indonesianya dulu :D

      Delete
  23. Replies
    1. kalau itumah dipertanyakan okkots atau ngondek? :))

      Delete
  24. baru tahu neh kalau orang Makassar kalau ngomong kelebihan huruf 'G'...btw, folback sukses ya..

    ReplyDelete
  25. kalo okkots di omongan itu wajar, tapi kalo okkots di tulisan itu KETERLALUANGGGG...!!!
    bhahahahahagg

    ReplyDelete
  26. ya, gara-gara angkutang di makassar, tempo hari saya kesasar di sana. tapi untung ada banyak makanan pelipur lara disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau lebih seru coba naek pete-pete atau bentor hehe

      Delete
  27. apa ja kubilang memang...btw-okkot itu sebenarnya indah loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti unik dan lucu hehe

      Delete
  28. Saya juga orang sulawaesi sob... Saya tinggal adkat Makassar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? sebelah mananya racing? :)

      Delete
  29. Ya ampun, lucunya, okkots tuh gitu ya. Kamu kalo ngomon juga gitu nggak, Mbak?
    Tidak mungking kang, Mbak? #ups
    Hehehe... Selamat ya awardnya :D

    ReplyDelete
  30. Wagi,keren awardnya..
    Selamat yah mba..

    ReplyDelete
  31. Wah baru tahu nih tentang Okkots. :D

    ReplyDelete
  32. Selamat atas awardnya sahabat.
    Membaca kembali untuk memahami postingannya berikutnya sahabat

    ReplyDelete
  33. Walaahh... ribet juga ye, tadi bacanye ampe keseleo nih lidah...hahahaa :D
    selamat awardnye mba, traktiirrrrrrrrrrrrrr :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh ga cocok di lidah orang betawi :P

      *pura2 ga baca yg traktir*

      Delete
  34. Okkots, aku kira aapaan., kayak bahasa prancis aja "n" dibaca "ng"

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah yg prancis aku ga tau tuh, ga pernah blajar bhs prancis soalnya hehe

      Delete
  35. http://koskakiungu.blogspot.com/
    http://hitamputih-kata.blogspot.com/

    juga blogger makassar

    ReplyDelete
  36. ou gitu ya kelebihan orang makasar, ada Gnya, baru tau, sama dengan orang sunda yang ga bisa ngomong F. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sapa bilang orang Sunda ga bisa ngomong F... PITNAH!! :P

      Delete
  37. wah sepertinya pembahasanya khusus orang makasar nie.. hemmm. selamat ya atasa awardnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga, ini pembahasan nusantara #eh

      Delete
  38. Ahahaha banyaknya koleksi okkotna :D
    Selamat yah, saya juga dapat dari Maya dan dari Eksak :D
    Eh lupa, salam kenal yah, ternyata ada blogger Makassar yang belum saya sambangi blognya. Malah tahu dari blognya Eksak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi aku sih bukan orang makassar tapi jawa timur, tapi... gpp deh itung2 setengah makassar hehe

      Delete
  39. Ow Oww Ternyata suamine orang makassar :D Perpaduan Makassar JawaLah :D Asik. Mengenai okkots aku baru denger istilah itu, tapi orang makassar / bugis memang begitu bahasanya :D

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)