Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

18.12.11

Sedekah

Sebenarnya kenapa sih kita disuruh sedekah?? karena rizki yang kita terima itu bukan 100% milik kita, ada 2.5% hak orang lain yang dititipkan Allah SWT lewat kita, yaa anggap aja biaya titipnya 97.5%, dimana cobba kita bisa dapat biaya komisi dari jasa penitipan yang prosentasenya sampe 97.5%?? cuma Allah yang bisa kasih segitu... terus?? masih ngga mau keluarin yang 2.5%?? ckckckk keterlaluan.. greedy banget...

Sedekah bukan hanya dengan memberikan harta, sedekah bisa juga dengan berbuat baik kepada orang lain, memberikan bantuan yang bukan hanya bersifat materil... malah katanya senyum adalah sedekah yang paling mudah, tapi jangan senyum-senyum di depan pengemis yaa karena ngga ngaruh juga, ngga bikin dia kenyang

Dan saya percaya bahwa sedekah dapat menghalau musibah (cari referensinya di google, banyak bertebaran) bahkan kita mempunyai kewajiban mengeluarkan sedekah bagian tubuh kita.
"Dan sedekah dapat menghapus kesalahan seperti air memadamkan api.” (HR Tirmidzi).
“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan kemurkaan Allah dan mencegah kematian yg buruk.” (HR Tirmidzi)
Sedekah akan padamkan dosa sebagaimana air padamkan api. Hasad memakan kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar [HR. Baihaqi]

(1/8) Abu Dzar Al-Ghifari mengisahkan, “Beberapa sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang kepada beliau seraya berkata,
(2/8) “Wahai Rasulullah! Orang2 kaya telah dapatkan banyak pahala. Mereka shalat, kami pun shalat. Mereka shaum, kami pun shaum
(3/8) akan tetapi mereka mampu bersedekah dengan kelebihan harta yg mereka miliki.” Rasulullah kemudian bersabda,
(4/8) “Bukankah Allah telah berikan sesuatu yg dgnya kalian jg bisa bersedekah!? Sesunggguhnya dalam tiap tasbih ada sedekah,
 (5/8) dlm tiap tahmid ada sedekah, dlm tiap takbir ada sedekah, dlm tiap tahlil ada sedekah, perintahkan yg ma'ruf adalah sedekah
(6/8) cegah dari kemungkaran adalah sedekah dan pd daging yg ada pada kalian ada sedekah (kiasan u/ jima')” mereka bertanya,
(7/8) “Wahai Rasulullah! Apakah seseorang mendapat pahala saat ia justru melampiaskan syahwatnya? Beliau menjawab,
(8/8) Bukankah ia berdosa jika ia melakukannnya pd yg haram (zina)? Ia pun berpahala jika ia lakukan pd yg halal. (HR Muslim)

Oleh karena itu Rasulullah menganjurkan Shalat Dhuha untuk membayar sedekah atas tubuh manusia "Setiap pagi setiap persendian salah seorang diantara kalian harus (membayar) sadhaqah, maka setiap tasbih adalah sadhaqah, setiap tahmid adalah sadhaqah, setiap tahlil adalah sadhaqah, setiap takbir adalah sadhaqah, amar ma'ruf adalah sadhaqah,mencegah kemungkaran adalah sadhaqah,tetapi dua raka'at dhuha sudah mencukupi semua hal tersebut" (HR. Muslim)

Wallahu'alambishawab

2 comments:

  1. Salah satu sedekah itu kita senyum.apalagi senyuman saya mbak.pengen lihat?haha

    ReplyDelete
  2. ngga, makasih yah tawarannya hehe

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)