Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

4.6.12

Amati Saja (dulu)

Istri sedang menggoreng ikan di dapur. Suami yang berada di sampingnya mengoceh tak berkesudahan, "Pelan sedikit, hati-hati! Apinya terlalu besar. Ikannya cepat dibalik, minyaknya terlalu banyak!"

Istrinya secara spontan menjawab, "Aku mengerti bagaimana cara memasak." Suaminya dengan tenang menjawab, "Aku hanya ingin kamu mengerti bagaimana perasaanku, saat aku sedang mengemudikan mobil, engkau yang berada disamping mengoceh tak ada hentinya."

= = =
 
 
Terkadang kita menganggap orang lain tidak mampu mengerjakan sesuatu dan kita tanpa sadar terus mengguruinya, padahal memberi ruang kepada orang lain itu tidak sulit, amati saja dulu apa yang terjadi. lalu jika benar-benar diperlukan berikanlah nasihat dengan cara yang santun agar kata-katamu di dengar, bukan dirutuki. Salam  :)
 

95 comments:

  1. Alhamdulillah aku bisa yang pertamax.
    Setuju dengan postigan ini, kadang orang yang tidak membutuhkan nasehat jika kita nasehati akan berakhir dengan salah paham.
    Orang lain itu mampu mengerjakannya dan mungkin dia lagi berpikir bagaimana untuk menyelesaikannya. Beri dia waktu, bukan omelan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaah sesuatu banget..

      benuull, kadang ada orang yang senang belajar tapi tidak senang digurui *like me hehe

      Delete
  2. akhirnya bisa pertamaxx disini.:)
    sebenarnya memang harus sepertiitu.tapi kebanyakan dari kitakan tidak.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduhhh,gagal maning,gagal maning.

      Delete
    2. gpp deh ga pertamax, yang kedua namanya premium koq :D

      iya saya juga kadang tidak :)

      Delete
  3. betul3....!, gmn klo sebelum mengamati mmeberi instruksi terlebih dahulu ..., setelah itu amatai sj (dulu)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, kalo sekiranya beneran ga kompeten mungkin bisa diberi instruksi tapi kalo dia udah ahli mendingan diamati saja

      Delete
  4. yups, seringkali kita 'sok tahu' nagsih komando pd orang lain saat on the duty. Lupa bahwa dia sdh berada di bidangnya dan all out dengan kemampuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh.. suka sotoy yaa :D

      once again, mau kunjungan balik tp blogmu not available mba, dunno why

      Delete
  5. wahaha.... ^_^ bener sekali mbak, nice advice..
    salam :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga, awas masuk laler jangan ketawa mulu :P

      Delete
  6. tapi tapi tapiiii.. kalo dibonceng kadang emang lebih nakutin daripada kalo nyetir sendiri kakaaa... emak saya kalo saya boncengin sepeda motor, kayak gitu tuh.. giliran saya yg dibonceng, sama aja pedahal.. serem juga :)))

    *salahfokus

    *jadicurcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. emakku juga dulu takut kalo di bonceng motor sama aku :D

      *gppcurcol-gratis :P

      Delete
  7. setuju dah ame mpok..:)
    tenang aje, aye selalu ngamatin tulisan mpok..cuitcuit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaahh jadi ga enak niihhhh sama naaayyyyy *berlebihan :P

      Delete
  8. mlangnya saya. saya nggak pernah melakukan yang pertama, karena bagi saya apapun masakan istri, dimasak lama sekalipun, asal nggak beracun, akan terasa nikmat.

    tapi giliran naik motor, bener kata Bu Dini, ini dibelakang ada yang protes melulu, haha. yuhui..

    bener, ketangkep pesan cerita, cuma untuk saya, belum masuk, dengan merujuk pada posisi tadi. hahai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. suami saya juga kayanya ga pernah komen masakan saya, tapi kalo ga enak bsk2 ga mau dimasakin lagi hihihi

      saya malah seneng dibonceng suami, menurut saya dia itu supir/tukang ojek yang paling wokeh kalo bawa kendaraan *geer dah tuh orang :P

      hmm bsk2 bikin cerita yang lebih masuk deh :)

      Delete
  9. simple, tapi dalem. bener banget, harus percaya akan kemampuan orang lain itu penting. :)
    event: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)

      wow apaan tuh, ke tekape deh

      Delete
  10. Ehhmm...pengalaman pribadi nih...*sambil main mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok iwan tahu sih :D

      Delete
    2. enak aja kalian berdua *jewer

      Delete
    3. ikutan.. di rutuki itu apa yah?? tuing-tuing

      Delete
    4. ikutan dijewer yak.. rutuki = ngomel2, menggerutu

      Delete
  11. wah betul sekali tuh.... bener bener deh bikin saya ketawa. rasanya memang tidak enak kalau diseperti itukan ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh, bawaannya gemeessss :P

      Delete
  12. ahahaha jadi inget dulu ke bali temen lagi nyupir mobil malah mundur pas di tanjakan terus temen satu lagi teriak-teriak panik, akhirnya semua yang di mobil turun gara-gara dua-duanya teriak-teriakan. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo orang panikan/baru bisa bawa mobil terus diteriakin pasti tambah panik, bener itu mendingan pada turun daripada daripada :D

      Delete
  13. wahh, bener sekali yang mba katakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho masih BW toh, kirain udah sibuk belajar tuk ujian :)

      Delete
  14. emang begitu perasaan penumpang sob.. gimana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya ga tuh ya, kenapa ya?

      Delete
  15. Belajar mengamati ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sekalian belajar menghargai orang lain :)

      Delete
  16. Iyya,, sebaiknya mengamati terlebih dahulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya, walaupun kadang suka 'gatel' pengen langsung mengomentari :D

      Delete
  17. Subhanallah benar sekali..
    menasehati dengan santun,, I like it.

    ReplyDelete
  18. Yeyeye, tulisan kakak sekarang rapi. :) Moral di postingan ini ngena banget, Kak! Mantap! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeyeye.. asikk... makaseeh :)

      Delete
  19. betul banget mba....... punya hati. hehe

    ReplyDelete
  20. Hhhmmm... saya sudah pernah membaca cerita ini mb, tapi tetap saja cerita sederhana ini mengandung makna yang dalem banget ya...
    Banyak yang meng-iya-kan dan setuju, tapi masih banyak juga yang sulit untuk melakukannya, hehehehe...
    **saya blogwalking malam2 ini, seperti zombie saja :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju tapi tetap agak sulit ya, maklum udah terbiasa mengomentari setiap gerak gerik orang lain :D

      *dimaklumi, namanya juga orang sibuk ye :P

      Delete
  21. waauu... postingan singkat, tapi syarat makna...
    kadang risih juga kalau dikomandoi begitu
    tapi Alhamdulillah sekarang dia suka ketiduran
    jika disampingku yg lag mengemudikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking nyamannya atau saking capeknya tuh sampe ketiduran :D

      Delete
  22. makna yang === ini apa ya??????

    kalo aku merasa risih banget klo di celotehin kayak gitu...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. === yang dibawahnya

      hampir smua orang pasti risih kalau digituin

      Delete
  23. Awalnya bingung, suami koq cerewet, ternyata eh ternyata hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata si suami ternyata ya :P

      Delete
  24. Sharing yang bagus! dari sini saya bisa belajar....

    ReplyDelete
  25. KOmenku yang tadi mannnaaa yaaa ...?
    Mau bilang .. awal baca heran, koq suaminya cerewet amat. Ternyata oh ternyata .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ada ji.. saya kira hilang hehehe. Maap ya jadi nyepam :D

      Delete
    2. tidak hilang mi sede, jangan kuatir pale *mudah2an bener :P

      Delete
  26. kadang orang hanya melihat dan berpikir bahwa itu mudah....
    padahal blm tentu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, berkomentar kan memang lebih mudah daripada mengerjakannya sendiri :)

      Delete
  27. Setuju, Mbak. paling sebel deh sama orang yang kayak gitu. Kesannya sok pintar dan kita nggak tahu apa-apa. Jadi "AMATI SAJA (DULU)". Bikin gerah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D ada yang gerah yaa, aku kipasin deehh biar adem :P

      Delete
  28. memang sebaiknya seperti itu si mba, tapi ada juga orang yang hiperaktif loh, maunya gerak aja. jadi ga bisa diem, terlepas dia benar atau salah. t

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiperaktif sama cerewet/bawel beda looh.. :)

      Delete
  29. ane malah bingung mba, itu lagi napain ya. ko masak ada juga lagi nyupir. heheh, tapi sama kta kata terakhirnya si aku setuju banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaahh koq bingung siihhhh...

      :)

      Delete
  30. iya mbak, hendaknya kita bisa mengerem keinginan untuk tidak mudah berkomentar, sungguh, betapa penting mendengarkan terlebih dahulu, baru menyampaikan sesuatu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) iya harusnya sih begitu ya.. punya 2 kuping dan 1 mulut tujuannya agar dapat lebih banyak mendengar bukan berbicara

      Delete
  31. itu karena rasa sayangnya karena was2x entar ada apa2x aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. was2 dan tidak percaya bedanya tipis kah?? :D

      Delete
  32. Orang menganggap kita sok tahu, dan kita menganggap orang itu gak tahu apa-apa, paaass bangeet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gontok2an mulu dong bawaannya hehe

      Delete
  33. hihihihi, saya malah lebih sering digurui...
    #semoga mereka membaca tulisan ini...
    @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... semoga mereka baca terus merasa tersinggung tapi tak lupa berkomentar dan follow #eh :P

      ^__^

      Delete
  34. saya malah kadang mengomel dan kadang juga di omelin tpi msih dalam hal baik.... hihihihi ^_^

    berknjung di blog aq jg yah mbak.... folower 134 mbak... sklian follbacknya jg....

    trimksih :)

    salam kenal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga kadang diomelin tapi banyakan ngomelinnya #lho

      ok, terima kasih :)

      Delete
  35. kita perlu bijak memahami semua tanggapan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul, apalagi setelah minum teh dan makan roti.. hmm lebih rileks dalam menanggapi kata2 orang :D

      Delete
  36. Pengalaman sendiri apa pengalaman orang lain nih soh :D #abaikan

    Betul2, kadang kita merasa bisa, ternyata setelah disuruh melakukan jadi tidak bisa. Begitupun kita melihat orang lain hehehee....

    Sori NF, baru muncul hehhee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman orang lain :P

      its ok no problem :)

      Delete
  37. Pengalaman pribadi with your hubby, ea...
    Kadang begitulah hidup! Inginnya saling mengisi tapi gak mau diisi...

    Be your partner!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pengalaman pribadi weee

      Delete
  38. Benar sekali Kak, padahal itu hal yang sepele, tapi jarang sekali terpikirkan oleh kita :)

    Sip atas cerita pendeknya yang memotivasi

    ReplyDelete
  39. mampir juga gan
    ==============================
    http://ngrayudan.blogspot.com
    -download
    -software
    -pes 2012
    -movie
    -business (beenero.com)

    ReplyDelete
  40. bener.. saya suka... seperti permainan hide and seek..
    amati saja dulu :)

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)