Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

20.6.12

Saya menderita Obsessive Compulsive Disorder?

Saya menderita OCD (Obsessive Compulsive Disorder) atau tidak ya?

Cara Memasang gambar disebelah isi postingan
OCD adalah gangguan kecemasan. Biasanya orang OCD itu bawaannya gelisah, takut atau khawatir. Dan gejalanya adalah melakukan sesuatu hal berulang-ulang kali. Dan kenapa saya mengatakan kalau saya (jangan-jangan) menderita OCD? Karena setiap kali saya mengunci rumah saya, semenit kemudian saya ragu, 'udah dikunci belum ya?' alhasil saya balik lagi dan menggujrak-gujrak gagang pintu, 'tidak terbuka? Ah berarti udah dikunci'. Sering sekali hal itu terjadi. Pernah juga ketika di jalan saya lupa apakah sudah mematikan kompor atau belum... Dan yang paling sering terjadi adalah HP!! HP selalu ditangan, tetapi akan saya masukkan ke dalam tas jika sedang di jalan, tapi.. lagi-lagi saya akan selalu buka tas dan bertanya 'Hp ada kan di tas kan?'  Hfff... OCD kan saya??

Dan ternyata OCD itu sangat umum terjadi, fiuhh.. Alhamdulillah i'm not the one and only hehe.. Daniel Radcliffe juga mengalaminya (atau banyak orang lain juga), Tahukan siapa Daniel Radcliffe? Itu looh yang pemeran Harry di Harry Potter, Yahoo menuliskan seperti ini :
Di balik wajah dan ketenarannya, ternyata Daniel Radcliffe menyimpan sesuatu yang tidak menyenangkan. Bintang HARRY POTTER ini ternyata mengidap penyakit obsessive-compulsive disorder yang lebih dikenal dengan nama OCD.
Seperti dilansir dari The Sun, aktor asal Inggris ini mengaku telah mengidap penyakit tersebut sejak berusia lima tahun. Kelainan ini membuat Daniel selalu tidak percaya diri dengan apa yang sudah dilakukannya.
OCD sendiri adalah kelainan kecemasan klinis yang membuat penderitanya selalu bersikap obsesif. Perilaku ini membawa penderita menuju sikap perfectionis yang berlebihan. Contohnya, Daniel sendiri perlu waktu hingga lima menit untuk meyakinkan diri bahwa dia telah mematikan lampu
"Aku harus mengulang-ulang setiap kata yang kuucapkan dalam hati. Pokoknya aku akan menghimbau siapa saja untuk melakukan terapi. Kelainan ini jangan sampai membuat kalian merasa gila atau lemah," ungkap Daniel.
Selama setahun belakangan, Daniel mengaku kondisinya jauh lebih baik. Namun sayang hal itu justru membuatnya lalai dan melupakan terapi. Walaupun hal ini belum menimbulkan terlalu banyak masalah, namun, Daniel mengaku khawatir dengan hal tersebut. (sun/ris)
Saya jadi teringat kepada mantan Bos saya yang selalu lupa apakah sudah mengunci mobilnya atau belum, jadi ia selalu bertanya. 'eh tadi udah ngunci mobil belum?' 'udah' 'bener?' 'iya' 'udah bunyi bip bip?' dan saya menjawab (padahal dengan ragu juga) 'iya buuu' :P

Anda juga gejala OCD tidak?


habis baca ini juga :

85 comments:

  1. hihi mamah gw ka, sama kaya gitu lagi asyikasyiknya tidur beliau langsung bangun cuma buat ngecek pintu padahal sebelum tidur dia sendiri yang ngunci...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya ibu2 rata2 seperti itu deh :D

      Delete
    2. dan kamu termasuk di dalamnya =P

      Delete
  2. Waduuh,,,sejak kapan kayak gitu mpok?
    seinget aye sih, aye kagak kayak gitu mpok.. entu seinget aye ye.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diinget2 baek nay, kali aja kaya gitu juga *maksa :P

      Delete
    2. setelah diinget2.., tetep aje gue kagak inget mpok.. :p hahhaa

      Delete
    3. berarti kamu bukan OCD tapi pikun :P xixix

      Delete
  3. saya juga kadang2 cemas sendiri .. :D

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini.
    dapat ilmu baru lagi nih sahabat tentang obessive compulsive disorder ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah kirain udah banyak yang tau loh :)

      Delete
  5. kecemasan memang sering saya rasakan gan akhir"iini

    ReplyDelete
  6. Kayaknya gue gak deh, N! Mendadak berat deh load lapak elo! Knp ya? Mending kalo gejala OKB! Bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagooss... masa sih? wih gimana nih biar ringan lagi :-s

      Delete
  7. saya juga begitu Mbak.
    tapi saya yakin seyakin-yakinnya itu bukan kelainan, termasuk OCD yang saya baru tahu istilahnya sekarang.

    itu berangkat dari kehati-hatian koq. normal adanya.
    yang nggak normal itu, kalo udah tahu pintu terkunci, kita tetep nabrak mau masuk.. Mbak NF gitu nggak? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau udah kelewatan bukan kehati-hatian lagi namanya pak, ga sampe nabrak2 sih pak :P

      Delete
  8. waaah...mungkinkan aku terkena OCD juga? gejalanya mengarah kesitu tuh :) makasih sharingnya ya Nur, jadi tau nih istilahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah emak2 biasanya gejala OCD tuh :D.. Mak Mir, aku ga suka di panggil Nur :((

      Delete
  9. hanya berkunjung.. ga pake komen lagi bete nih..

    ReplyDelete
  10. waduh jangan-jangan saya juga kena OCD
    terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  11. infonya sangat bermanfaat
    terima kasih sahrenya..
    salam kenal buat semua sahabat disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga dari semua penghuni di sini

      Delete
  12. masa saya juga kena penyakit ini ya... saya sering banget nih kalau kayak gini.... waduh...

    ReplyDelete
  13. Aku si kadang2 ngalamin kek gitu kak, kena gitu kalo lg kecapean aja selebihnya itu yang paling sering Ummiku. sering bgt! hahaha

    ReplyDelete
  14. pertama kali mengenal kata obsesif kompulsif dari novelnya Andrea Hirata, tentang Jimbron yang tergilagila sama kuda. Ternyata definis obsesif kompulsif dgn apa yg saya bayangkan berbeda yes.. Kirain obsesif kompulsif itu ya semacam si Jimbron itu, apa-apa kuda, apa-apa kuda, seperti saya yg apa-apa kupukupu hahaha.

    Kalo pakai definisi yg asli, tampaknya saya belum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. novelnya yang mana tuh din? yang judulnya apa?

      Delete
  15. kayanya tiap orang menderita penyakit itu, setidaknya memiliki kecenderungan ke arah itu... itu juga sering terjadi saat rakaat kedua, terjadi kecemasan, duh kompornya tadi udah dimatiin belum ya... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau itu jelas2 bisikan syaithan :D

      Delete
    2. mungkin yang disebut mbak brown sugar didlam komennya itu yang
      nebarin kecemasannya setan pembawa OCD kali mbak NF
      hehe....

      ternyata ocd bisa buat minder dan galau kayak pemeran harry potter itu
      gawat !

      Delete
    3. oh iya ya setan juga kan ada tipe2nya ya :P

      Delete
  16. wah ane juga mbak, kadang lupa, udah ngunci kos-kosan apa belum, udah ngunci pintu lab apa belum -_-

    hemm.. gejala OCD y, istilah yang tidak asing, dan ternyata saya ingat kembali karena bacaan diatas :P.

    ada lagi gak ya, istilah kecemasan lainnya, seperti takut dikasih tugas yang gak mungkin bisa kita kerjakan, atau sejenisnya @@

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cemas karena takut di kasih tugas aku belum nemu tuh istilahnya Rif, mungkin... ya cemas aja gitu :D

      Delete
    2. wekeke.. gitu ya @@ #emangiseng

      Delete
  17. ohh kalau suka cemas dan lupa-lupa itu ternyata penyakit ya :o ehm.. aku gimana ya? *mikir

    eh eh mbak nufa, kerjakan peer dariku dong
    http://www.nurmayantizain.com/2012/06/tulisan-berantai-topsy-kretts.html
    hohoho thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh tapi beda dengan pikun

      udah aku baca, duuhh apaan yaa... *bongkar lemari*

      Delete
  18. hmmmm, arti nya cemasan ya ...??
    ihhh, penyakit mengerikan itu namanya, jangan2 sering lupa makan ya ? sudah mekan sejam yang lalu tapi nanya lagi "saya sudah makan belum ya?", gitu ya ?? ihihihi, ngeriii, menular gak tuh ???

    wew, ini komen kok nanya mulu, hihihiy :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makan sih ingat, yang sering lupa itu 'punya utang ga ya sama orang?' :P

      iya nanya mulu kaya turis :D

      Delete
  19. Ternyata namanya ini >.<
    aku juga suka begitu.

    Maaf baru singgah, baru OL di pc lagi soalnya

    Assalamu'alaikum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam, iya gpp, terima kasih

      Delete
  20. baru tau kalo istilahnya ocd? hihi :P
    apa mungkin ya ada hubungannya sm daya inget? soalnya mesti tanya2 udah belum ya #sampe berulang-ulang, padahal baru beberapa menit yg lalu, hadeh

    ReplyDelete
  21. Saya justru sering mengalami itu, bisa juga kerena kurang focus atau bertambahnya umur juga bisa mempengaruhi itu lo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kurang fokus ya.. maksudnya tambah tua? bukan saya ya yang bilang hehe

      Delete
  22. jujur aku kadang-kadang mengalami sperti ini.. :)
    memang benar sudah umum dengan penyakit OCD ini..
    I like it.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata banyak yang senasib :D

      Delete
  23. Aku pernah kak. Malah waktu solat, hadeeeh. Aku lupa udah berapa kali baca bacaan sujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dalam shalat udah jelas2 karena di bisikin setan tuuh.. berarti shalatnya belum khusyu

      Delete
  24. sama aku juga, contohnya:

    saat parkir motor aku sempat balik lagi ke motor untuk memastikan motor sudah dikunci atau belum

    ReplyDelete
    Replies
    1. toooss... ckckck ternyata sudah umum sekali ya

      Delete
  25. Saya kalo lagi banyak kerjaan juga suka gitu mbak hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya lagi pas ga punya uang #eh

      Delete
  26. balik lgi nih mba nurul.. sekarang betenya dah mendingan.. mau nyerocos boleh ga?? waktu kunjungan td jujur saya ga baca seratussssss persen artikelnya karena bener2 lg bete.. tapi setelah kunjungan ini saya baru nyadar mba nurul nuulis artikel tentang gelisah.. ga beda jauh ya ma bete.. kakak adek gitu,, ngomong2 soal gelisah saya belakangan ini memang dihinggapi rasa itu.. terutama gelisah mikirin siapa jodoh saya ya?? hehehehe.. 124X..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sepro curcol nih komennya, etapi gpp silakan saja :)

      sepertinya beda deh OCD sama gelisah mikirin jodoh, kalo OCD itu karena lupa akan suatu kegiatan, kalau gelisah mikirin jodoh itu karena ga punya calon hehe 125x

      Delete
  27. wah kalau dalam agama ini namanya apa ya? ada istilanya, semacam ragu ragu gitu. kya saya ud wudu belum ya? atau ketika solat, saya ud niat belum ya, atau niatnya belum mantep jdi di ulang ulang gitu. ehm, ga sepenuhnya sama dengan OCD si, tapi ya mirip mirp ragu ragu gitu lah.

    ternyata orang keren dan hebat juga ga semuanya smpurna ya, dia juga memiliki kekurangan, itu yang wajib kita sukuri atas anugrah diri kita sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. ragu2 karena hukumnya tidak jelas, itu mah namanya syubhat, ah beda banget itu mah. kalo ragu2 udah baca Al Fatihah belum ya? itu karena kurang khusyu, khusyu memang susah, Ali bin Abi Thalib aja sampai belajar berulang2

      nobody's perfect kan.. :)

      Delete
  28. Hahaha, aneh juga penyakitnya. Gimana ya misal pas beli2 di warung terus ragu udah bayar apa belum ? Hihihi.

    ReplyDelete
  29. saya sebenarnya juga gitu...tapi saya gak mau cerita ahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah ga usah cerita, di posting aja :D

      Delete
  30. aku juga bgtu mba,, yg paling sering aku ragukan sih,, udah makan atau belum ya??...
    akhirnya aku makan lagi...
    he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih itu sih gembul hehehe ^^

      Delete
  31. saya juga suka ngerasa cemas sendiri T_T

    ReplyDelete
  32. saya keknya gak sih
    well saya *puk puk virtual* *uopo iki* aja deh
    hehehe

    ReplyDelete
  33. ohhh obsessive, gua kira obesitas tadi :D

    manteb dah sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah jauh dari obesitas wong skinny koq

      Delete
  34. oo..pantesan pernah baca bintang top ini ngga suka nonton film yang dibintanginya sendiri, ternyata itu adalah sebuah penyakit OCD yah...ya..ya..ya...sekarang saya tau lah...:o)
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
  35. hhhmmmm.... sepertinya tanpa sadar saya juga mnderita OCD ....
    sama seperti mb, suka lupa dan segera memastikan apakah telah mengunci pintu atau tidak, apakah kendaraan sudah dikunci atau tidak, dll.
    pada dasarnya saya memang sedikit pelupa, hehehe :p dan, yang lebih parahnya, pernah pintu dapur tidak dikunci semalaman! astagfirullah, untung saja tidak terjaid hal2 yg mengerikan.
    penyakit yang terlihat sepele tapi sangat membahayakan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tooosss saya juga pelupa *pelupa koq seneng :P

      Waduh untung ga ada apa2 ya, iya kita suka menganggap suatu hal sepele padahal bisa jadi fatal

      Delete
  36. hahahha. aku malah ketawa sndiri baca komentarnya mbk... hihihihi...
    lucu2 deh para komentatornya. Seru rame disini jadinya.

    Itu mah penyakit pikun yah mba? pernah tuh ambil air wudlu udah pakai mukenah, Oia aku kan udah solat isya, ngapain sholat lagi. hehehe...

    Klo sih, cemas klo lagi gak punya duit mbak. perasaan tadi di dompet ada sisa uang recehan kok gak ada yah? hhahah :p (GILA-GILAAN nihhihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa lucu2 kaan, emang kita ketularan OVJ semua makanya kocak :P

      waah cemas ga punya duit adalah hal yang paling mendunia tuh hehehe

      Delete
  37. itu sih mah udah biasa kalau kasusnya bosnya mbak... ngecek doang kan nggak salah.. kali aja lupa... hehhee

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)