Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

12.6.12

Sudahkah anda berjalan sepuluh ribu langkah?

Membaca judulnya jadi teringat oleh Indi Barends tidak? Itulooh yang Brand Ambassadornya salah satu produk susu kalsium. Tapi yang dikumandangkan olehnya bukan seribu langkah melainkan sepuluh ribu langkah sehari yang kira-kira lima mil atau delapan kilo meter. Jauh yaa apalagi kalau jalannya di kota besar seperti Jakarta yang sudah sangat berkurang pepohonannya, plus debu / polusi dan sinar matahari... wiihh sampai di tempat tujuan di jamin deh mukanya sudah seperti Dakocan plus bau matahari yang bisa membuat orang mengernyit.

Tapi jalan kaki itu sebenarnya bagus loh dan termasuk dalam kategori olah raga. Saya pernah menghitung seberapa banyak saya berjalan dalam satu hari. Jadi di pagi itu saya berjalan agak jauh untuk naik angkot ke tempat saya bekerja, sambil berjalan saya mulai menghitung langkah saya, lumayan ngos-ngosan tetapi di pagi itu saya sudah mendapatkan angka 300 langkah. Turun dari angkot dan sampai kantor tidak lupa saya menambahkan angka tersebut. Pulangnya, saya melakukan hal yang sama. Ternyata tanpa terasa dari pagi sampai sore hari saya sudah melangkah kurang lebih seribu kali. 

Tetapi ternyata angka seribu itu belum ada apa-apanya pemirsah!! karena jumlah langkah di bawah tiga ribu per hari termasuk dalam kategori orang yang tidak bugar. Hmm pantesan ya saya orang sekarang mudah sakit, tidak seperti orang jaman dulu. Selain faktor makanan tentu saja.

Kalau sering jalan ke Mall bagaimana? Termasuk kategori sehat dong?? Sepertinya tidak ya, karena yang dimaksud jalan yang menyehatkan disini adalah postur badan tegak namun santai, sedikit mengayunkan lengan dan berjalan cepat, sedangkan jika di Mall kita berjalannya lambat sambil tengak tengok pula apalagi kalau pakai sendal tinggi, yang ada bukannya sehat malah varises hehe.
Memang apa manfaatnya sih? Banyak, seperti : Mencegah osteoporosis, karena tulang menjadi kuat. Menurunkan berat badan, karena lemak dalam tubuh akan berkurang. Peredaran darah jadi lebih lancar, karena ketika berjalan jantung memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh yang menyebabkan sirkulasi darah menjadi lancar. Mengurangi/mencegah depresi, dan sebagainya.

Jadi.. mari kita berjalan-jalan  


*eh tapi kalau sekarang mah mendingan shalat dulu karena udah dhuhur :D

75 comments:

  1. Mari kita biasakan jalan kaki biar sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih begitu ya *:D jawabnya masih ragu2 nih :P

      Delete
  2. asli belum setiap hari ada 10 ribu langkah saya jalan kaki dengan postur tubuh tegak dan santai kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi saya mba, wong tinggal nangkring langsung sampe kantor, pulangnya pun begitu *curcol

      Delete
  3. kyaaa kalau posisinya begitu saya mah belum pernah :D

    ReplyDelete
  4. kalo 10 ribu detik berjalan di dunia maya sering sob :D
    kunjungn balik sekalian follow ^^144

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya blogger mang ga suka jalan nih, sukanya duduk hehe.. ok makasih

      Delete
  5. Replies
    1. lebih bagus lagi kalau di praktekan *sambil lihat kaca

      Delete
  6. Sudah kah anda berjalan 10 ribu langkah? Pertanyaan yg gampang tapi susah untuk di jawab nih.. Ntar dulu sabar aku ta ambil kakulator dulu untuk menjawab ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok saya orangnya sabaran koq

      Delete
  7. jalan kaki tu bagus yeah pantasan ada acara jalan santai segala banyak2an sekarang nieh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus banget, olah raga ringan dan murah meriah

      Delete
  8. saya suka sekali jalan kaki... bahkan sampai kadang kadang ga tahu kenapa tiba tiba kaki pegel banget.. sayangnya di indonesia itu tidak dibiasakan jalan kaki... secara sistem memang tidak dibuat seperti itu. buktinya angkot saja berhenti di depa rumah persis

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kita di manjakan gitu ya? :D

      Delete
  9. saya pengguna kereta, dari rumah sejauh 300 meter saya berjalan. pulang pergi. tiap hari turun kantor jalan nyari makan. sepulang kantor push up dan sit up. Jumat-Sabtu-Minggu: badminton-tenis-voli. Semoga sudah cukup sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sudah cukup deh pak, apalagi kalau dibantu dengan nguras bak heheheh

      Delete
  10. Aq jarang banget sekarang mbak.. apalagi banyak kerjaan,, olahraga lupa.. udah gitu kebanyakan online jadi waktu olahraga di pakai oL.. hehehe.. ^__^

    ReplyDelete
  11. Kalau setiap pagi langsung ngegoes motor sampe kantor duduk seharian di depan pc, terus pulang ngegoes lagi terus tidur itu sehat nggak?? -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor koq di goes? motor apaan tuh???

      ngga bangeett

      Delete
  12. Saya sehari2nya di rumah aja mbak, jadi jalannya paling ke kamar, dapur, toilet. Sehari cukup 50 langkah huwahaha...

    gimana ga mudah capek yah x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. tooosss *ga sehat koq seneng :P

      Delete
    2. reply-nya super banget. asli saya ketawa.
      ga sehat koq seneng ya. terbahak-bahak lagi tuh Mbak Dini.

      Delete
    3. kita berdua kan orang yang aaneh pak hehe

      Delete
  13. aku rindu kemana-mana jalan kaki nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan kaki sambil nyeker dengan udara yang masih segar, wuiih mantaf

      Delete
  14. kalau saya sudah berjalan-jalan ke blog mana saja ya...? :D
    loh loh loh... hahaha... kamsudnya jalan di dunia nyata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya hari ini kayanya udah ke 20 tetangga deh :P

      Delete
  15. kira2 udah belum yah? ni masalahnya tiap jalan ngk pernah diitung si langkahnya -__-

    ReplyDelete
  16. hmmm yang suka jalan biasanya cuman orang2 tua mba....anak muda brem-brem aja deh...nikmati lagi muda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikmati lagi muda tar pas tua nya sakit2an, mau??

      Delete
  17. memang perlu sih jalan supaya sehat, tapi jarang kecuali niat mau olahraga, biasanya sekarang ini sukanya deket juga naek motor rata - rata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih enakan naek motor #eh

      Delete
  18. Jalan cepat 5x seminggu a 1 jam dah bagus untuk kesegaran dan kesehatan.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5x seminggu 1 jam ya pak?? Hmm ok ok :D

      salam hangat juga pak, terima kasih :)

      Delete
  19. yeeee... itukan tuk org tua tuh, seperti Bunda heheh... org2 muda kayak sy gk perlu *bercanda

    PPx sesuatu bangetsss... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. ennak aja aku udah tua, pitnah!! dasar kamu syahrohis hehe

      Delete
    2. Bunda tua dr sy sisi status.., klo umur bs jd mgkn sy yg lebih tua *smile

      Delete
    3. oooo begitu maksudnya, tapi kayanya tuaan saya deh *ini kenapa jadi pa tua2

      Delete
  20. Ciyeee tampilan baru nih :)
    Aku setiap hari sudah melukukannya mba :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya abis kamu sih protes terus hehe, 10ribu?? mantaff

      Delete
  21. tiap hari aku jalan di tambang
    bolak balik dalam jarak pendek memang
    tapi kalo dilurusin kayaknya sehari bisa berkilo kilo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. plus keringetan pula karena panas ya.. eh tapi tambang kan sekarang lagi off gara2 pak jero wacik

      Delete
  22. Saya tiap hari berjalan, tapi ditemanin kuda besi :))
    Olah raga memang menyehatkan badan, kadang saya berusaha dua hari sekali olah raga.Entah hanya sekedar jalan cepat atau lompat-lompat ditempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lompat2 di tempat ga masuk itungan :D

      Delete
  23. Subhanallah gak terbayang menghitung setiap langkahku.. ^_^
    kalau ada yang melihat aku lagi menghitung, mungkin mereka bertanya kamu lagi menghitung apa?
    jawab aku, menghitung langkahku, berapa banyak aku melangkah dalam satu hari.. ^_^

    Sungguh ilmu yang bermanfaat, saya suka sekali dengan artikel ini.. ^_^

    mudah-mudahan aku bisa menjalankan amalan ini. apalagi jalan kaki ke gunung yah mungkin lebih sejuk dan menyegarkan. dan pasti wajah menjadi cakep dan cantik. hehe.. ^_^

    ReplyDelete
  24. Saya juga nih. Sering di rumah dan kalau keluar selalu bawa motor. Tapi meski begitu sering kok q pecicilan sebagai gantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pecicilan emang bikin sehat?

      Delete
  25. wah, jangan2 langkah saya perharinya lebih sedikit dari kamu XD

    ReplyDelete
  26. Hijrah aja kesini.wakakakaka
    udaranya masih alami banyak pepohonan,hutan pun masih banyak yang prawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang yang tinggal di desa memang lebih sehat daripada di perkotaan huhu

      Delete
  27. pantesan mbah saya dikampung walau udah sangat tua masih sehat sekali hampir tiap hari naik turun gunung dan main golf (nyangkul) disawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 begitu, beda dengan yang tinggal di kota masih muda udah sakit

      Delete
  28. ni udah subuh, jadi lebih seger dong kl jalan2 pagi, hehehehe :D
    oiya kl jalan2 naekin gunung bisa lebih dari sepuluh rebu mah neng, hihihiy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi jalan2nya sambil minum es doger.. seger banget tuh

      pastinya, tapi kan ga tiap orang naik gunung :P

      Delete
  29. gak pernah ngitung Sih, N! paling juga ngitung berapa kali gue makan dalam sehari. karna berat badan gue turun, dari 49 jadi 44, bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 44?? ya ampun kasian, di jakarta ga ada yang ngasih makan yak

      Delete
  30. pantesss,, sekrang perut aye gendut, ternyate langkah aye belon sepuluh rebu.. *entah kudu bangga ape sedih* #:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih dong karena perutnya buncit mihihi

      Delete
  31. saya baru 999 mba. gimana nie, di tambahin ga?

    ReplyDelete
  32. jd inget pesen beliau SAW, banyak-banyaklah berjalan kaki!

    wah, kalo jalannya enggak sampe 10 ribu langkah, solusinya gimana mbak?
    Lagian, kalo kebanyakan jalan di tempat yg panas penuh polusi, muka bisa beneran mirip dakocan. hiks..hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa di ganti dengan olah raga lain, aku juga kurang sekali jalan kaki :-s

      Delete
  33. Wah, bener2 jarang sekali saya jalan kaki sob. Kemana2 naik kendaraan. Pantesan gampang capek2 ya hehehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga enakan naik kendaraan ya, tinggal duduk nyampe deh hehe

      Delete
  34. Psst ... maaf, saya komen ttg tulisan terbaru di sini. Nda enak komen di atas. Sbg bahan pertimbangan, bisa kita' liat www.leutikaprio.com. Menurutku, mutu cetakannya lebih bagus. Ada buku teman, dari Nulisbuku. Buku saya terbitan Leutikaprio. SY juga punya buku lain terbitan Leutikaprio, memang lebih bagus.

    FYI saja :)

    Kalo soal jalan kaki. Haduh, di rumah saja rasanya sudah ribuan langkah saya. Sy nda punya ART. Anak ada 3 orang. Trus mnempati rumah ortu yang besar. Kamar saya letaknya paling depan jadi, asli mondar-mandir kalo beraktivitas. Capek, tapi enak juga ... sekalian olahraga ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl leutikaprio bukannya bayar mba? kalo nulis buku kan gratis tis.. aku juga ada buku keluaran leutikaprio tapi yang antologi, dan belum sempet ngecek mutu kertasnya sih.. tapi kalo nulis buku memang ga bantu ngedit, dia trima beres, mungkin kl leutikaprio adminnya ngecek dulu?

      wah barti udah memenuhi standar jalan kali yaa :D

      Delete
  35. kalau saya sih berjalan merangkak, hahahahah

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)