Quote Me Today

Home is when u feel comfortable.


11.6.12

Bahagia, Puas dan Senang

"Kebahagiaan itu letaknya di hati," kata seseorang kepada saya, "dan bahagia itu karena bersyukur, bukan karena berlimpahnya materi." Lanjutnya lagi. Saya membenarkan dan menancapkan kata-kata itu dalam hati. "Iya benar juga, karena banyak orang yang berlebihan dalam materi tetapi hidupnya tidak bahagia, keluarga yang menjadi alasannya mencari uang bisa jadi sedang di ambang kehancuran. Misalnya karena sang istri lebih senang berfoya-foya dengan teman-temannya, dan sang anak sedang dalam panti rehabilitasi karena narkoba yang telah meracuninya. Sedangkan ditempat lain ada keluarga sederhana yang hidupnya lurus karena selalu bersyukur, bisa saja toh," saya kembali merenungi satu kata yang menjadi tujuan bagi semua orang, yaitu Bahagia.

Menurut bahasa, bahagia adalah suatu keadaan dimana dirasakan tenang dan tentram atau bebas dari sesuatu yang menyusahkan. Secara harfiah, bahagia adalah suatu keadaan, sedangkan menurut agama bahagia adalah ketika kita melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya, atau ketika kita banyak memberikan manfaat kepada orang lain dan kita melakukannya dengan ikhlas karena Allah Ta'ala. 

Berbicara tentang bahagia pastilah berkaitan dengan rasa senang. Adakah orang yang berbahagia tetapi tidak merasakan senang? Ah tentunya aneh sekali karena menurut saya kebahagiaan adalah kumpulan partikel-partikel senang yang dilepaskan oleh hormon endorfin. 

Lalu ada jugakah kaitan antara bahagia dan puas? Secara alami : Iya! Banyak tersaji cerita tentang kebahagiaan yang berakhir dengan rasa puas. Contoh : ketika kita memberikan sejumlah uang kepada orang yang membutuhkan, otomatis ada rasa senang dan kepuasan tersendiri karena telah membantunya. Membahagiakan bukan?

Tetapi ada juga yang mengatakan kalau bahagia tidak identik dengan puas, dengan kata lain seseorang itu merasakan kepuasan tetapi tidak bahagia. Ya sebenarnya sah-sah saja kalau ada yang berkata seperti itu karena perasaan puas juga bisa didapatkan melalui cara yang salah atau tidak benar. Misalnya ketika seseorang membalas dendam, ia merasa puas tetapi jauh dalam lubuk hatinya ia tidak merasakan kebahagiaan. Atau contoh lain yang sering terpampang di Media adalah para koruptor, menurut saya mereka puas karena dengan akal bulusnya bisa mendapatkan banyak uang, tetapi apakah mereka bahagia?? Semu.

Dalam skala yang lebih kecil yaitu kembali kepada diri saya sendiri, bagi saya bahagia itu bisa saja karena hal yang sederhana. Ketika saya melihat senyum bukan hanya di bibirnya tetapi juga dari matanya itu membahagiakan. Ia yang matanya berbinar-binar tidak perlu lagi menjelaskan betapa ia bahagia karena sikap saya. Ia yang tersenyum lebar tidak perlu lagi mengatakan bahwa ia senang akan keberadaan saya. Sudah cukup mata dan segala raut wajah bahagianya yang menunjukkan betapa kehadiran saya begitu berarti dihadapannya. Dan itulah kebahagiaan terbesar saya, lalu tanpa dikomandoi tubuh dan pikiran saya pun merespon hal itu, layaknya subtitle pada suatu film di otak saya tertulis "Saya pun senang ada kamu disini, merasa puas akan sikap saya yang manis yang dapat membuatmu bahagia".

Dan ketika itu terjadi saya biasanya mendengarkan lagu Boyzone Ronan Keating yang berjudul When You Say Nothing At All. Pada bagian ref liriknya berbunyi seperti ini :

The smile on your face lets me know that you need me
There's a truth in your eyes saying you'll never leave me
The touch of your hand says you'll catch me when ever i fall

Biarlah teman saya menganggap ini lagu lebay, saya tetap menyukai lagu ini dan akan saya putar berkali-kali ketika saya bahagia akan kehadiran seseorang yang telah mengisi hidup saya. Honey.. this is your song ;) *cuitcuit uhuk*

Selamat hari jadi Syam,
Semoga tidak lama lagi kamu merasakan kebahagiaan tanpa syarat, kebahagiaan yang diberikan oleh seseorang yang bersedia menghabiskan hidupnya bersamamu selamanya, bukan cuma kepuasan sesaat. Aamiin.




103 comments:

  1. makasih Nu'...
    belum baca ini masih sibuk dikantor (curi2 waktu) :p
    i'll be back. noted!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip2 ditunggu yaa.. *ngelap kursi

      Delete
    2. udah baca dan...

      Saya banyak sepakat tentang konsep bahagia yang kamu jabarkan. dan kamu sepertinya sudah paham betul bagaimana untuk bisa meraih kebahagiaan itu. Apalagi dengan adanya seseorang yang akan selalu mengingatkanmu dan mengajakmu untuk berbahagia. Akh! saya cemburuuuu :p

      Tapi Nu' tidakkah Puas justru menjadi kunci untuk merasa Bahagia? atau dengan kata lain Bisakah kita bahagia jika kita tidak pernah puas dalam segala hal? hmmm~~~ IMO :)

      oia, thanks so untuk doanya
      Amin ya rabb--

      Delete
    3. tadi abis dr post ini sy ngedonlot lagunya, dan pas saya puter eh bapak2/ibu2 dikantor pada asik ikutan nyanyi2 ini. ketahuan deh jadulnya, haha... tapi gak lebay kok :)

      kl urusan lagu, makin jadul makin aw aw aw... :D
      -When you say Nothing at all-
      Maknyussssssssss^^

      Delete
    4. ayo buruan biar ga cemburu :P

      hmm gimana ya, agak sulit nih kalau ngomongin kepuasan karena ketika kita puas akan sesuatu takutnya kita malah berhenti melakukan kemajuan, malah nanti kita jadi stuck, dan lagi sekarang kata2 'puas' identik dengan 'puaasss????!!!' yang bernada satire. tapi kalau ga puas2 kesannya kurang bersyukur ya? wah tar deh dibicarakan dalam postingan baru hehehehehe

      bos saya juga suka :D

      Delete
    5. hihi, wah masih ada sekuelnya dong. ditunggu yah Nu' :))

      Delete
    6. wuaduh :)) *cari ide cari wangsit :P

      Delete
  2. letak kebahagiaan bagi saya adalah ikhlas. misalnya ikhlas memandang, ikhlas tersenyum.

    jika saya sebagai pihak yang aktif (yang tersenyum yang memandang), ada kebahagiaan yang bisa saya rasakan.
    jika saya sebagai pihak yang pasif (disenyumi dan dipandangi), ada juga kebahagiaan yang bisa saya rasakan.

    dua keadaan itu, jika tercapai, saya menganggapnya sudah paripurna. hidup tanpa kepalsuan secara relatif telah saya capai.

    satu lagi, ikhlas menerima apapun pemberian-Nya. ini yang akan menjamin bahagia senantiasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *senyum baca komen*

      ikhlas itu berkaitan erat dengan sabar dan syukur, dimana seseorang sabar akan musibah/berkah yang diberikan juga ia mensyukuri keadaan itu maka bisa dibilang ia telah ikhlas/ridha dengan apa yang telah ditetapkan Sang Khalik, dan ikhlas pun tidak secara verbal melainkan lewat sikap

      trims pak

      Delete
  3. wah bahagia memang resminya seperti yang digambarkan.. karena kalau kita bahagi pasti bisa dirasakan orang lain juga.... bisa dirasakan kalau kita bahagia.. tidak perlu senyum dan ketawa, orang lain pasti akan merasakannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aura kebahagiaan itu memancar ya, begitu juga sebaliknya :)

      Delete
  4. korelasi bahagia, puas dan senang...so related. Dan boyzone...I love all their songs...hahhaha

    ReplyDelete
  5. Kata Om Mario Teguh >> Biarkan aku membahagiakan orang yang selalu berbuat baik kepadaku. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan memberi tanpa mengharap kembali

      itu gimana tulisannya koq bisa miringgg????

      Delete
  6. siip.. semoga selalu menemukan kebahagiaan selamanya

    ReplyDelete
  7. kebahagian di letakx dihati itu 'harga mati', tampilan baru ni bun..., :)

    ReplyDelete
  8. Kebahagiaan akan terasa di hati bila kita merasakannya dalam relung hati kita, dan juga ditampilkan dengan gerak bahasa tubuh sahabat.

    Terima kasih telah sharing artikelnya sahabat

    ReplyDelete
  9. lagunye enak :D berase lagi dininaboboin ame mpok NF #eaa.. :p

    Nay seneng tiap baca blognye mpok NF eaa..lagi akh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini di pukpuk biar tidur beneran :P

      tapi jangan pake ngeden ya nay *duh bahasanya mulai keikutan si nay nih :P

      Delete
  10. Intinya kebahagiaan adalah dambaan semuah orang baik secara indipidu maupun secara bersama

    ReplyDelete
  11. semua orang pasti ingin merasakan kebahagian, sebagai titik tujuannya.
    namun terkadang sebagian orang mencari kebahagian dari jalan akibat daripada sebabnya.
    Oleh karena itu, Carilah sebab-sebab kebahagian pasti akan menemukan kebahagian itu sendiri..
    Aku sangat amat suka dengan artikel ini, :)
    Terima kasih pencerahannya wahai kaum hawa yang cerdas nan baik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup semua orang pasti ingin begitu, cuma kadang caranya yang salah :)

      Delete
  12. sungguh terkesan pada kalimat pertama, "kebahagiaan itu letaknya dalam hati" dan "bahagia itu karena bersyukur, bukan karena berlimpahnya materi"...sungguh pencerahan hati yang sangat dalam.
    seleranya ko sama yah Boyzone....:o)
    mohon maaf kalau beberapa kali saya panggil "akang"..maaf kurang periksa...padahal kan ibu/nona atau teteh yah...:o)untuk itu saya follow sekarang supaya ngga salah lagi # 140
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya untuk sementara saya pakein poto deh biar ga salah hehe.. terima kasih :)

      Delete
  13. aku tidak berkomentar masalah post yang di atas cuma mau tanya bener gak ini rumah NF.?? (Bingung pindah kemana) :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, kemarin abis rombakan hoho

      Delete
    2. owowow....kapan syukurannya nech.?:p

      Delete
  14. bener bgt. kalo kita rajin bersyukur pasti akan bahagia.

    ReplyDelete
  15. aiihh,, when u say nothing at all.. lagu favorit zaman dulu. masih asyik tapi.. :)

    ReplyDelete
  16. Smile You Dont cry hehehehe kaya sule aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pernah denger sule nyanyi itu

      Delete
  17. bahagia itu sederhana dalam rasa syukur setiap keadaan apapun.. =)

    <----- cursornya unyu kyaaaaaaaaaaaaaaaaa.... mau ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup.. katanya kamu bukan penguin, kamu kan ikan

      Delete
  18. bahagia ternyata ribet juga ya, harus belajar dari postingan ini... hahahahah, aku mah bahagia aja dengan apapun, jadi ga ada batasan dan kreteria khusus. klo mau bahagia, ya bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih ya kalimat yang diatas : bahagia itu di hati :)

      Delete
  19. Bahagia , puas dan senang, ternyata denifisi yang berbeda. Bersyukur pastinya akan mampu membangkitkan rasa bahagia. Walau kenyataannya bersyukur itu bukanlah hal yang sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bagaimana seseorang mengaplikasikan hal2 untuk mencapai kebahagiaannya :)

      Delete
  20. Memang kita tahu, walaupun harta melimpah tapi kalau tidak bersyulur maka semuanya tidak akan mendatangkan kebahagiaan. Sementara kebalikannya justru berbeda.

    ReplyDelete
  21. itu lagu solo ronan keating loh, bukan boyzone

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya ya saat itukan udah ga di boyzone ya, atau gimana sih ceritanya?? :P

      Delete
  22. ikut mendoakan juga buat syam, semoga bsa mendapat kebahagiaan tanpa syarat anakala sudah di pertemukan dengan pendamping hidupnya kelak hehee...

    ReplyDelete
  23. iya mbak, itu lagunya Ronan Keating, bukan boyzone..

    #bahagia, puas, senang, ternyata mbak nufa bisa salah juga. ahehe...
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwhahahaha saya kan hanya manusia biasa yang bisa juga salah dan khilaf hihi *edit post*

      Delete
  24. enakkk paduan postingannya ama lagunya :D

    ReplyDelete
  25. Bahagia itu sederhana. Penjelasannya silakan baca di http://www.dhzblog.com/2012/05/bahagia-itu-sederhana.html

    *eaaaa ujung2nya promo blog pribadi wkwkw ^^v pisss

    ReplyDelete
  26. benar sekali, asal dapat selalu bersyukur anda takkan pernah merasakan kekurangan :D

    ReplyDelete
  27. Betul banget tuh.. walo berlimpah harta belum tentu bs bahagia. yang bisa mensyukuri dan menikmati itulah kebahagiaan hakiki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebahagiaan hakiki dari Rabbul Izzati

      Delete
  28. Bahagia memang dari hati.
    Nggak ngapa-ngapain pun juga bisa bahagia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diem aja terus nglamun aja bisa bikin happy ya un

      Delete
  29. wah.. enggak ngerti deh definisinya bahagia itu.. yang jelas saya bahagia sepanjang hari :-) karena memang saya ingin bahagia :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. definisinya sederhana, penjabarannya aja yang agak panjang :D.. ahaa setuju bahagia karena ingin bahagia, nice :)

      Delete
  30. banyak orang gedongan yang masih mencari kebahagian di istananya sebaliknya orang rumah pondok kardus tidur dan makan dengan seadanya tetapi bahagianya luar bisa

    mungkin bahagia itu tidak mempunyai masalah yang mengubrak-abrik ketenangan

    ReplyDelete
  31. aku sependapat bahwa bahagia itu letaknya di hati. Menurutku, rasa puas selalu berbanding lurus dengan bahagia, demikian juga dengan ikhlas. Puas terhadap sesuatu, tentu membuat kita bahagia, tapi jangan sampai membuat kita berhenti bergerak karena merasa telah puas dengan hasil yang kita capai sih...

    nice posting, uraian yang menarik dan penuh makna... met malam duhai mba yang sedang tersenyum bahagia... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. puas adalah satu pemberhentian kebahagiaan yang kemudian kembali berjalan untuk sampai ke pemberhentian selanjutnya

      :D

      Delete
  32. Kebahagiaan itu letaknya di hati ... betul sekali sahabat :)

    Kunjungan blogwalking ... Sudah ku follow,
    Followback yah ... :))


    Salam Blogger ^ ^

    ReplyDelete
  33. Teringat dengan kata-kata Almarhum Zainuddin MZ. Beliau pernah melemparkan tanya, apa bedanya manusia dan hewan? Dan jawabannya : Hewan bisa merasakan kepuasan tapi tidak pernah bahagia. Sedangkan manusia, dia bisa merasakan kebahagiaan tapi tidak pernah merasa puas.

    Ow, ada yang lagi berhari indah ya? Turut mengucapkan selamat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi hewan tidak pernah merasa bahagia ya? kasian :D

      Delete
  34. Artikel bagus mbak, kena di hati.....
    Kunjungan perdana.., eh ketemu tulisan yang manfaat... makasih

    ReplyDelete
  35. kepala lagi puyeng buat baca artikel, ane absen aja gpp kan ? lieur euy -__-

    ReplyDelete
  36. okeh ... kali ini saya mau manggut manggut lagi, neruput kopi, tumpang kaki, biar ikut bahagia juga, hihihiy :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi numpang ngopi doang yak

      Delete
    2. boleh asal bawa sendiri jangan lupa singkong gorengnya yang banyak hoho

      Delete
  37. dan bahagiaku itu adalah KAMU....hassyekkk

    #helm mana helm,,,,takut digebukin.

    ReplyDelete
  38. tonton deh Pursuit of Happiness

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah nonton dan udah pernah di post juga disini :)

      Delete
  39. kalau saya memang menyukai lagu itu mb, daleeemmmmm banget artinya, hahaha... :D
    hari Sabtu kemarin saya juga menuliskan kalimat ini di fanpage RBI => "Kebahagiaan itu tidak dicari, tapi diciptakan di sini (menunjuk ke hati)"
    Kata-kata yang tiba-tiba meluncur ketika saya mempertanyaan pada diri sendiri apakah saat ini saya bahagia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayanya kita sehati nih :P

      kata2 itu suka jadi pacuan kalau saya lagi mengeluh, bahagia itu pilihan :)

      Delete
  40. ya belum tent juga sih. Bahagia emang awalnya ada di dalam hati, tapi kan bisa tersalurkan melalui 5 panca indera toh yak? Mata yang berbinar-binar, melompat-lompat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah dijelasin juga di bawah, hayoo ga dibaca yaa :)

      Delete
  41. Kunjung silaturahmi ke blog sahabat. :D

    ReplyDelete
  42. Deskripsi bahagia itu memang macam-macam ya, Mbak. Bahagia pasti senang tapi bahagia belum tentu puas. Suka :)
    Sukses GA-nya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahagia itu ada berbagai macam sih mpok ..
      tapi yang sejati itu dari hati .. eaa
      hehe

      Delete
  43. wah.. bagus sekali artikelnya..
    sangat kreatif

    ReplyDelete
  44. ikutan baca lagi ah :)
    saya setuju :D

    ReplyDelete
  45. Aku terlambat hahhahaa....
    Tapi aku bahagia masih bisa berkomentar di blog sahabat yang lagi ikutan GA.

    Semoga menang GA nya :)

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)