Entah kenapa saya sulit sekali mengatakan 'Tidak' kepada Marketing, sedapat mungkin saya akan menerima apapun itu, tetapi sebenarnya hal itu tidak selalu baik, sesekali kita perlu menolak dan katakan 'Tidak pada korupsi'.
Dua hal terbaru akibat saya mengatakan Iya kepada Marketing adalah : tagihan Kartu Indosat dan Citibank.
Jadi ceritanya kapan itu seorang marketing provider mendatangi saya, ia menawarkan Kartu SIM Card Indosat, saya tidak tahu jenisnya apakah IM3 atau Matrix atau apa karena saya bukan pengguna Indosat, saya sudah kadung pewe dengan kartu Halo. Seperti biasa Marketing itu menawarkan plus begging agar saya mau menerima kartu tersebut. Saya kasihan kepadanya lalu saya mengiyakan, isi data dan menerima kartu. Apakah sim card itu saya pakai? Tidak!!
Sebelumnya saya bertanya kepada Marketing tersebut, "Kalau kartunya ngga saya pakai bakalan muncul tagihan ga?" Karena kartu itu adalah jenis kartu pasca bayar. Dia mengatakan "Tidak ada". Bulan berikutnya muncullah tagihan ke rumah, nilainya Rp. 50.000,- saat itu saya tidak langsung menelpon Indosat untuk menanyakan perihal tagihan itu, saya mulai melupakannya. Dan bulan pun berganti lalu datang lagi tagihan yang baru, nilainya menjadi Rp. 100.000,- wah kalau seperti ini sih sudah tidak bisa diindahkan nih, harus cepat-cepat diurus. Lalu saya ke Galeri Indosat di daerah Kelapa Gading. Di sana tentu saja saya complain, saya mengatakan kepada Customer Servicenya bahwa kartu tersebut tidak saya pakai, bahkan chipnya masih menempel pada kartunya dan saya pun belum mengaktivasi. CS itu meninggalkan saya, dan kembali dengan mengatakan bahwa kartu itu sudah saya aktivasi, katanya ada orang dari pihaknya yang menelpon saya untuk melakukan proses aktivasi tersebut. "Hah? Kapan? Bisa di trace?" saya bereaksi seperti itu karena merasa tidak pernah menerima telepon dari pihak Indosat tetapi si mas CS bilang kalau dia tidak bisa men-trace kapan penelponan itu dilakukan, siapa yang menghubungi saya, tanggal dan jam berapa. Aneh kan? Masa tidak ada datanya? Indosat kan bukan perusahaan ecek-ecek.
Tapi saya tidak memperpanjang masalah itu, sebal sih tetapi saya memutuskan untuk membayar tagihan tersebut, dalam hati berkata "Lumayan nih cepe, kalau dibelikan kue pancong bisa dapat buanyaakkk". Juteknya saya keluar, kalau punya tanduk pasti juga sudah keluar hehe. Saya bayar sekaligus minta di non aktifkan nomer yang tidak pernah saya aktifkan itu, dan si mas nya berkata "Bulan depan akan muncul lagi satu tagihan lagi bu, yaitu tagihan bulan ini," Whaatt!! deziigg.. ennak aajaahh, saya kembali misuh-misuh dan bertekad tidak akan membayarnya.
Satu lagi yaitu tagihan Citibank,
Saya mendapatkan SMS yang berbunyi "Pembayaran Visa Citibank anda sudah lewat jatuh tempo, mohon melakukan pembayaran". Tanpa menunggu lama saya langsung menelpon Citibank Call Centre, menanyakan perihal tersebut. Dan si mba CS bilang ada kartu atas nama saya yang Annual Fee nya belum di bayar. Ternyata tahun kemarin, atas bujukan seorang Marketing saya membuat Kartu Kredit Citibank yang jenisnya Clear Card. Tapi ternyata Citibank lebih cooperatif, ketika saya mengatakan saya tidak pernah mengaktifkan dan tidak ingin menggunakan kartu tersebut si mba CS langsung menyambungkan saya dengan bagian penutupan kartu. Alhamdulillah saya tidak perlu membayar Annual Fee nya yang sekitar Rp. 200.000,- an itu. Fiuh..
Ini benar-benar pelajaran buat saya, besok-besok kalau ada yang menawarkan lagi saya akan langsung bilang "Ga Mau", walaupun dia nangis-nangis juga, biarin aja deh hehe.
Kak, ada PR dari aku, klik disini ya :)
ReplyDeleteDuh El kamu tuh tahu banget deh kalau aku rajin, dapet PR pasti aku cepet ngerjain, makasih yaa... *ngasah clurit* :P
Deleteheheheheh klo seperti ini namanya belajar dari pengalam....
ReplyDeletejngn sampe terjerumus ke 2x nya...^_^
iya ga mau lagi deh pak
Deletecukup dengan prabayar saya.. bayar yang digunakan..
ReplyDeletekotak komen ini berada disamping kalender hijriah..wow udah lima sakban..!
bentar lagi puasa..!
yup dua bulan kurang, sudah siap? :D
DeleteMalah sebulan kurang mbak udah Ramadhan awawawww
Deleteeh iya, kamsudnya begitu, makasih ya dinceee :*
DeleteBang kasihan bnget Yg tgihan Indosat.. Pdahal ga ada pakai sma skali,hehe ...
ReplyDeleteSbr az mas
Bu.. Iya gitu deh..
Deleteiya mba saya sabar koq, sampe kalau ada yang manggil Bang, Mas, Pak, Kang pun saya sabar
mang ada ya cowok yang templatenya dipenuhi penguin unyu kaya gini??? #juskasking
ikut numpang saja
ReplyDeletenumpang nampang ya.. :)
Deletedapet pelajaran di sana ka, jadi kedepannya harus lebih hati-hati. namanya marketing kan bermulut manis. lebih baik bilang tidak emang dari awal. tapi setidaknya punya point plus udah mau nolong marketing itu. semoga jadi amal sedekah yang pahalanya lebih dari 100.000 di dunia.
ReplyDelete#senyum..
iya, mukanya itu loh zay melas2 gitu bikin ga tega, besok2 ga mau liat ah mukanya hehe.. Aamiin :)
DeleteMemang kalau urusan begituan kita harus hati2, Mbak. Tidak semestinya semua tawaran lgsung di-ho'oh saja. Aku juga pernah ngrasakan hal yg sama, tau2 pulsanya kesunat alias terpotong..terpotong dnaterus terpotong, sampai tau2 abiss.
ReplyDeletehooh.. itulah :'(
Deleteapaan tuh? ketik reg spasi ya?
hehehehehehe, mereka semua terlatih tuh.... jadi kalau dilayani makin menjadi dia.. dari awal sudah di cut saja lebih baik ya... kalau ga butuh ya jgn terlalu ditanggapi ya..
ReplyDeleteyup, kalau skrg mah belom ngomong jg saya udah bilang 'ga ya.. makasih'
Deletetipikal orang nggak tegaan itu baik. baik sekali. empatinya bisa bikin lingkungan sekitarnya nyaman. tapi ternyata tidak selalu baik manakala dihadapkan pada subyek yang ternyata tidak satu kutub kan. mereka justru akan menjadikan itu sebagai kelemahan yang bisa membuat untung mereka.
ReplyDeleteOK, belajarnya Mbak NF juga pelajaran buat kami yang membaca ini.
yup, orang baik itu bisa dimanfaatkan sama orang yang ga baik, tapi.. tetaplah berbuat baik dengan cara yang baik *apadeh hehe
DeleteAiiiih, kok bisa sih perusahaan sebesar Indosat sebegitu fatalnya bikin kesalahan. Aneh bener. Kartu belom dilepas dari chip kok ya tagihannya ada. Ckckckck. Bisa dikategorikan penipuan kayaknya.
ReplyDeleteitu dy dince katanya udah di aktifin pas aku tanya kapan eeh ga bisa jelasin, aneh yoo
Deleteaneh banget. bakar aja mbak..
Delete*siapin obor*
*kemudian masuk koran, lalu masuk penjara :p
:)) enak ajah kaw, sebenarnya dirimu dosen atau provokator siihh :))
DeletePelajaran buat saya juga nih kak! :)
ReplyDeletesip Di :)
DeleteMarketing ama sales sama gk sih, N? Kalo ada sales di dpn pintu rumah, pasti gue suruh masuk! Kasian dia panas2 kpanasan. Yah, skedar ngobrol dan ngasih minum, sih! Apalagi kalo salesnya cewek cakep! Bhahaha... #punya nope?
ReplyDeletesamaa cuma kalau Marketing kesannya lebih keren aja gitu kayanya :D
Deletehuuu emang dasar kaw, itu mah sekalian kenalan kan :P
waoowwww
ReplyDeletesonggguh mahal y pkk card nya
itu aja gk di pkk
pkk itu apa ya? ibu2 pkk?
Deletekalau saya mah ogah bayar itu seratus ribunya, nanti lama - lama dia juga bosan nagihnya.
ReplyDeletepelajaran yang sangat berharga nih.
mending kalau bosen, kalau tiap bulan dikirim tagihannya? tambah banyak nanti -_-"
Deleteitu trick'a CS mba halus,lembut & penuh khayalan yang membuat kita mengiyakan semua ngomongan dia
ReplyDeletehalus lembut penuh khayalan? kaya hipnotis :D
Deleteitu semua terjadi bisa karena beberapa hal;
ReplyDelete1. Cobaan
2. Pelajaran supaya banyak beramal
3. Sentilan
4. nasib.. hehehe.. ^__^
tapi semoga itu semua salah,, saya yakin mba nurul orang baik dan beriman..
yang pasti teguran agar lebih hati2 ^__^
Deleteitu sebuah pelajaran... jgn sampai trjerumus utk k 2x aja :)
ReplyDeleteyoi
DeleteSebelum membaca artikel ini saya juga baru ke datangan seorang sales perempuan yg menawarkan suatu produck ke rumah, katanya lagi promo dengan penuh bujukanya, mau yg kredit atau cash katanya. Terus Dngan lemah lembut saya jawab, lewat kan sajalah mbak lagi tanggung bulan nih,, kemudian dia bergegas pergi sambil mengucapkan. Terimakasih . Kita harus mau berkata tidak seperti kata mbak NF.
ReplyDeletenaah itu harusnya sih bisa ngomong tidak, tapi saya agak susah ya :-s, mulai sekarang belajar deh.. tidak tidak tidak
Deletekomplainnya jangan disini doang mbak, gembor-gemborkan komplain mbak NF di media massa, salah satunya Jawa Pos (bukan promosi). nah, di halaman ke-4 dengan rubrik pembaca menulis, disitu mbak bisa nulis keluh kesah tentan masalah di atas. Dan seringkali komplain-komplain dari pihak yang telah dikecewakan mendapatkan balasan dan respon positif dari pihak yang telah mengecewakan seseorang. Jadi, perusahaan tersebut akan malu dan meminta maaf secara terang-terangan disana......
ReplyDeleteoh gitu ya Cha, aku ga tahu abis ga biasa baca koran hehe.. makasih ya Cha :)
DeleteJangan lupa 4 D.
ReplyDelete1.Dilihat
2.Di iyakan.kalo memeng tidak perlu,
3.Ditolak.
4.kalo masih ngelonjak Ditonjok aja.
:))
wih tonjok2an nih mainnya
Deletewaduhhh... wagat juga ya mbak kalau merasa kasihan dengan para sales/marketing itu, salah2 rasa iba kita malah disalahgunakan seperti ini, ckckckck...
ReplyDeletesyukur alhamdulillah, saya terbiasa mengatakan "TIDAK" pada segala macam bentuk marketing atau ucapan sales :p Bukan untuk merendahkan mereka, hanya untuk menyelamatkan diri saya dari hal2 yang tidak diinginkan seperti ini :)
semoga hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua, tks untuk sharingnya mbak ^^
itulah :(( :D.. ga tega liat tampangnya :P
Deletesetelah membaca postinganmu..
ReplyDeleteaku jg jadi ga mau aaah, jika ada yang menawarkan seperti itu :)
hooh di pikirkan dulu perlu atau tidak
DeleteKoq bisa gituh... enggak lapor aja ke... (misalnya) di tulis di koran mungkin. Kan sekarang biasanya koran ada rubrik "surat pembaca" ato apa tuh istilahnya yang nampung keluhan2 masyarakat yang dirugikan.
ReplyDeletega kepikiran ke sana sih, ini pun share di posting ya niatnya cuma mau cerita aja sama temen2 blogger :)
Deleteoleh karenanyalah saiia lebih memilih untuk gag pake yg bginian :(
ReplyDeletebagooss :D
DeleteCS-nya bohong ga bisa di trace... dia sedang melindungi seseorang atau sesuatu, misalnya karir pekerjaannya :D
ReplyDeletemungkin, ga mau repot juga mungkin
Deletejadikan pengalaman aja Bun.., lain kali jgn dikasi hati..., sepertix ada unsur penipuan didlmx.., lain kali perjelas akadx.., cz klo akad jelas maka transaksi jual beli itu sah.., tp klo sebalikx maka transaksi jual beli ini dilarang.., semua berpulang kpd Akad... *smile
ReplyDeletega kepikiran sampe ke situ sih karena aku pikir cuma gituan doang hehe
DeleteHehe sabar! Emang jaman sekarang ya, jaman tipu menipu. Hehe ;D
ReplyDeleteiya harus lebih waspadalah waspadalah :D
Deletehahaha..
ReplyDeletesebelas dua belas sama saya kak! (:
Ssya temenin belajar ngomong TIDAK..TIDAK ..TIDAK..
:D
tidaaaakkkkk :P
Deletemake ndak make anda wajib membayar (aduh-aduh gemana ini mbak ?)
ReplyDeletemasih mending kalau naik angkot jauh dekat bayarnya sama
(hehe..... ndak nyambung.com)
jauh dekat 2500 :P
Deletewaduh kayaknya saya kurang tau mba,pasrahkan saja sama yang atau.maklum anak kampung.pasrahkan saja sama yang tau saja.
ReplyDeletehappy blogging
??????? iya deh
Deletepada nyusahin banget ya..... udah abis 150 rb + ongkos. hehe
ReplyDeletesaya cuma bayar 100rb + ongkos, kalo dateng tagihan lagi baru ga mau bayar :D
Deletewalaupun sampe sujud2 juga gak perlu diladenin, hihi..
ReplyDeleteblogx sudah saya follow kak, bila berkenan follback ya ^^v
tinggalin aja kali ye..
Deleteokay :)
Hahaha iya bilang enggak juga gak papa mbak.
ReplyDeleteMarketing dah biasa sakit hati kaleee wkwkwk...
INDOSAT selalu bikin kejutan ya gan ??
ReplyDeleteWah, bisa separah itu yah ....
ReplyDeleteTulis saja di surat pembaca, mbak ....
^ ^