26.6.12

Tidak semua tawaran perlu di-IYA-kan

Entah kenapa saya sulit sekali mengatakan 'Tidak' kepada Marketing, sedapat mungkin saya akan menerima apapun itu, tetapi sebenarnya hal itu tidak selalu baik, sesekali kita perlu menolak dan katakan 'Tidak pada korupsi'.

Dua hal terbaru akibat saya mengatakan Iya kepada Marketing adalah : tagihan Kartu Indosat dan Citibank.
Cara Memasang gambar disebelah isi postingan
Jadi ceritanya kapan itu seorang marketing provider mendatangi saya, ia menawarkan Kartu SIM Card Indosat, saya tidak tahu jenisnya apakah IM3 atau Matrix atau apa karena saya bukan pengguna Indosat, saya sudah kadung pewe dengan kartu Halo. Seperti biasa Marketing itu menawarkan plus begging agar saya mau menerima kartu tersebut. Saya kasihan kepadanya lalu saya mengiyakan, isi data dan menerima kartu. Apakah sim card itu saya pakai? Tidak!! 

Sebelumnya saya bertanya kepada Marketing tersebut, "Kalau kartunya ngga saya pakai bakalan muncul tagihan ga?" Karena kartu itu adalah jenis kartu pasca bayar. Dia mengatakan "Tidak ada". Bulan berikutnya muncullah tagihan ke rumah, nilainya Rp. 50.000,- saat itu saya tidak langsung menelpon Indosat untuk menanyakan perihal tagihan itu, saya mulai melupakannya. Dan bulan pun berganti lalu datang lagi tagihan yang baru, nilainya menjadi Rp. 100.000,- wah kalau seperti ini sih sudah tidak bisa diindahkan nih, harus cepat-cepat diurus. Lalu saya ke Galeri Indosat di daerah Kelapa Gading. Di sana tentu saja saya complain, saya mengatakan kepada Customer Servicenya bahwa kartu tersebut tidak saya pakai, bahkan chipnya masih menempel pada kartunya dan saya pun belum mengaktivasi. CS itu meninggalkan saya, dan kembali dengan mengatakan bahwa kartu itu sudah saya aktivasi, katanya ada orang dari pihaknya yang menelpon saya untuk melakukan proses aktivasi tersebut. "Hah? Kapan? Bisa di trace?" saya bereaksi seperti itu karena merasa tidak pernah menerima telepon dari pihak Indosat tetapi si mas CS bilang kalau dia tidak bisa men-trace kapan penelponan itu dilakukan, siapa yang menghubungi saya, tanggal dan jam berapa. Aneh kan? Masa tidak ada datanya? Indosat kan bukan perusahaan ecek-ecek.

Tapi saya tidak memperpanjang masalah itu, sebal sih tetapi saya memutuskan untuk membayar tagihan tersebut, dalam hati berkata "Lumayan nih cepe, kalau dibelikan kue pancong bisa dapat buanyaakkk". Juteknya saya keluar, kalau punya tanduk pasti juga sudah keluar hehe. Saya bayar sekaligus minta di non aktifkan nomer yang tidak pernah saya aktifkan itu, dan si mas nya berkata "Bulan depan akan muncul lagi satu tagihan lagi bu, yaitu tagihan bulan ini," Whaatt!! deziigg.. ennak aajaahh, saya kembali misuh-misuh dan bertekad tidak akan membayarnya.

Satu lagi yaitu tagihan Citibank,

Cara Memasang gambar disebelah isi postinganSaya mendapatkan SMS yang berbunyi "Pembayaran Visa Citibank anda sudah lewat jatuh tempo, mohon melakukan pembayaran". Tanpa menunggu lama saya langsung menelpon Citibank Call Centre, menanyakan perihal tersebut. Dan si mba CS bilang ada kartu atas nama saya yang Annual Fee nya belum di bayar. Ternyata tahun kemarin, atas bujukan seorang Marketing saya membuat Kartu Kredit Citibank yang jenisnya Clear Card. Tapi ternyata Citibank lebih cooperatif, ketika saya mengatakan saya tidak pernah mengaktifkan dan tidak ingin menggunakan kartu tersebut si mba CS langsung menyambungkan saya dengan bagian penutupan kartu. Alhamdulillah saya tidak perlu membayar Annual Fee nya yang sekitar Rp. 200.000,- an itu. Fiuh..

Ini benar-benar pelajaran buat saya, besok-besok kalau ada yang menawarkan lagi saya akan langsung bilang "Ga Mau", walaupun dia nangis-nangis juga, biarin aja deh hehe.

71 comments:

  1. Replies
    1. Duh El kamu tuh tahu banget deh kalau aku rajin, dapet PR pasti aku cepet ngerjain, makasih yaa... *ngasah clurit* :P

      Delete
  2. heheheheh klo seperti ini namanya belajar dari pengalam....
    jngn sampe terjerumus ke 2x nya...^_^

    ReplyDelete
  3. cukup dengan prabayar saya.. bayar yang digunakan..

    kotak komen ini berada disamping kalender hijriah..wow udah lima sakban..!

    bentar lagi puasa..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup dua bulan kurang, sudah siap? :D

      Delete
    2. Malah sebulan kurang mbak udah Ramadhan awawawww

      Delete
    3. eh iya, kamsudnya begitu, makasih ya dinceee :*

      Delete
  4. Bang kasihan bnget Yg tgihan Indosat.. Pdahal ga ada pakai sma skali,hehe ...

    Sbr az mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu.. Iya gitu deh..

      iya mba saya sabar koq, sampe kalau ada yang manggil Bang, Mas, Pak, Kang pun saya sabar

      mang ada ya cowok yang templatenya dipenuhi penguin unyu kaya gini??? #juskasking

      Delete
  5. dapet pelajaran di sana ka, jadi kedepannya harus lebih hati-hati. namanya marketing kan bermulut manis. lebih baik bilang tidak emang dari awal. tapi setidaknya punya point plus udah mau nolong marketing itu. semoga jadi amal sedekah yang pahalanya lebih dari 100.000 di dunia.
    #senyum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mukanya itu loh zay melas2 gitu bikin ga tega, besok2 ga mau liat ah mukanya hehe.. Aamiin :)

      Delete
  6. Memang kalau urusan begituan kita harus hati2, Mbak. Tidak semestinya semua tawaran lgsung di-ho'oh saja. Aku juga pernah ngrasakan hal yg sama, tau2 pulsanya kesunat alias terpotong..terpotong dnaterus terpotong, sampai tau2 abiss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh.. itulah :'(

      apaan tuh? ketik reg spasi ya?

      Delete
  7. hehehehehehe, mereka semua terlatih tuh.... jadi kalau dilayani makin menjadi dia.. dari awal sudah di cut saja lebih baik ya... kalau ga butuh ya jgn terlalu ditanggapi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, kalau skrg mah belom ngomong jg saya udah bilang 'ga ya.. makasih'

      Delete
  8. tipikal orang nggak tegaan itu baik. baik sekali. empatinya bisa bikin lingkungan sekitarnya nyaman. tapi ternyata tidak selalu baik manakala dihadapkan pada subyek yang ternyata tidak satu kutub kan. mereka justru akan menjadikan itu sebagai kelemahan yang bisa membuat untung mereka.
    OK, belajarnya Mbak NF juga pelajaran buat kami yang membaca ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, orang baik itu bisa dimanfaatkan sama orang yang ga baik, tapi.. tetaplah berbuat baik dengan cara yang baik *apadeh hehe

      Delete
  9. Aiiiih, kok bisa sih perusahaan sebesar Indosat sebegitu fatalnya bikin kesalahan. Aneh bener. Kartu belom dilepas dari chip kok ya tagihannya ada. Ckckckck. Bisa dikategorikan penipuan kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dy dince katanya udah di aktifin pas aku tanya kapan eeh ga bisa jelasin, aneh yoo

      Delete
    2. aneh banget. bakar aja mbak..

      *siapin obor*

      *kemudian masuk koran, lalu masuk penjara :p

      Delete
    3. :)) enak ajah kaw, sebenarnya dirimu dosen atau provokator siihh :))

      Delete
  10. Pelajaran buat saya juga nih kak! :)

    ReplyDelete
  11. Marketing ama sales sama gk sih, N? Kalo ada sales di dpn pintu rumah, pasti gue suruh masuk! Kasian dia panas2 kpanasan. Yah, skedar ngobrol dan ngasih minum, sih! Apalagi kalo salesnya cewek cakep! Bhahaha... #punya nope?

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa cuma kalau Marketing kesannya lebih keren aja gitu kayanya :D

      huuu emang dasar kaw, itu mah sekalian kenalan kan :P

      Delete
  12. waoowwww
    songgguh mahal y pkk card nya
    itu aja gk di pkk

    ReplyDelete
  13. kalau saya mah ogah bayar itu seratus ribunya, nanti lama - lama dia juga bosan nagihnya.
    pelajaran yang sangat berharga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending kalau bosen, kalau tiap bulan dikirim tagihannya? tambah banyak nanti -_-"

      Delete
  14. itu trick'a CS mba halus,lembut & penuh khayalan yang membuat kita mengiyakan semua ngomongan dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. halus lembut penuh khayalan? kaya hipnotis :D

      Delete
  15. itu semua terjadi bisa karena beberapa hal;

    1. Cobaan
    2. Pelajaran supaya banyak beramal
    3. Sentilan
    4. nasib.. hehehe.. ^__^

    tapi semoga itu semua salah,, saya yakin mba nurul orang baik dan beriman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti teguran agar lebih hati2 ^__^

      Delete
  16. itu sebuah pelajaran... jgn sampai trjerumus utk k 2x aja :)

    ReplyDelete
  17. Sebelum membaca artikel ini saya juga baru ke datangan seorang sales perempuan yg menawarkan suatu produck ke rumah, katanya lagi promo dengan penuh bujukanya, mau yg kredit atau cash katanya. Terus Dngan lemah lembut saya jawab, lewat kan sajalah mbak lagi tanggung bulan nih,, kemudian dia bergegas pergi sambil mengucapkan. Terimakasih . Kita harus mau berkata tidak seperti kata mbak NF.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah itu harusnya sih bisa ngomong tidak, tapi saya agak susah ya :-s, mulai sekarang belajar deh.. tidak tidak tidak

      Delete
  18. komplainnya jangan disini doang mbak, gembor-gemborkan komplain mbak NF di media massa, salah satunya Jawa Pos (bukan promosi). nah, di halaman ke-4 dengan rubrik pembaca menulis, disitu mbak bisa nulis keluh kesah tentan masalah di atas. Dan seringkali komplain-komplain dari pihak yang telah dikecewakan mendapatkan balasan dan respon positif dari pihak yang telah mengecewakan seseorang. Jadi, perusahaan tersebut akan malu dan meminta maaf secara terang-terangan disana......

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya Cha, aku ga tahu abis ga biasa baca koran hehe.. makasih ya Cha :)

      Delete
  19. Jangan lupa 4 D.
    1.Dilihat
    2.Di iyakan.kalo memeng tidak perlu,
    3.Ditolak.
    4.kalo masih ngelonjak Ditonjok aja.
    :))

    ReplyDelete
  20. waduhhh... wagat juga ya mbak kalau merasa kasihan dengan para sales/marketing itu, salah2 rasa iba kita malah disalahgunakan seperti ini, ckckckck...
    syukur alhamdulillah, saya terbiasa mengatakan "TIDAK" pada segala macam bentuk marketing atau ucapan sales :p Bukan untuk merendahkan mereka, hanya untuk menyelamatkan diri saya dari hal2 yang tidak diinginkan seperti ini :)
    semoga hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua, tks untuk sharingnya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah :(( :D.. ga tega liat tampangnya :P

      Delete
  21. setelah membaca postinganmu..
    aku jg jadi ga mau aaah, jika ada yang menawarkan seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh di pikirkan dulu perlu atau tidak

      Delete
  22. Koq bisa gituh... enggak lapor aja ke... (misalnya) di tulis di koran mungkin. Kan sekarang biasanya koran ada rubrik "surat pembaca" ato apa tuh istilahnya yang nampung keluhan2 masyarakat yang dirugikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kepikiran ke sana sih, ini pun share di posting ya niatnya cuma mau cerita aja sama temen2 blogger :)

      Delete
  23. oleh karenanyalah saiia lebih memilih untuk gag pake yg bginian :(

    ReplyDelete
  24. CS-nya bohong ga bisa di trace... dia sedang melindungi seseorang atau sesuatu, misalnya karir pekerjaannya :D

    ReplyDelete
  25. jadikan pengalaman aja Bun.., lain kali jgn dikasi hati..., sepertix ada unsur penipuan didlmx.., lain kali perjelas akadx.., cz klo akad jelas maka transaksi jual beli itu sah.., tp klo sebalikx maka transaksi jual beli ini dilarang.., semua berpulang kpd Akad... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kepikiran sampe ke situ sih karena aku pikir cuma gituan doang hehe

      Delete
  26. Hehe sabar! Emang jaman sekarang ya, jaman tipu menipu. Hehe ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus lebih waspadalah waspadalah :D

      Delete
  27. hahaha..

    sebelas dua belas sama saya kak! (:

    Ssya temenin belajar ngomong TIDAK..TIDAK ..TIDAK..
    :D

    ReplyDelete
  28. make ndak make anda wajib membayar (aduh-aduh gemana ini mbak ?)
    masih mending kalau naik angkot jauh dekat bayarnya sama
    (hehe..... ndak nyambung.com)

    ReplyDelete
  29. waduh kayaknya saya kurang tau mba,pasrahkan saja sama yang atau.maklum anak kampung.pasrahkan saja sama yang tau saja.

    happy blogging

    ReplyDelete
  30. pada nyusahin banget ya..... udah abis 150 rb + ongkos. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuma bayar 100rb + ongkos, kalo dateng tagihan lagi baru ga mau bayar :D

      Delete
  31. walaupun sampe sujud2 juga gak perlu diladenin, hihi..

    blogx sudah saya follow kak, bila berkenan follback ya ^^v

    ReplyDelete
  32. Hahaha iya bilang enggak juga gak papa mbak.
    Marketing dah biasa sakit hati kaleee wkwkwk...

    ReplyDelete
  33. INDOSAT selalu bikin kejutan ya gan ??

    ReplyDelete
  34. Wah, bisa separah itu yah ....
    Tulis saja di surat pembaca, mbak ....

    ^ ^

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)

Friends *ThankU ;)