Quote Me Today

Dimudahkan memahami agama adalah tanda bahwa Allah ingin kita berubah (menjadi lebih baik).

15.3.12

#EnglishisFun

Saya ngga kenal dengan makhluk ini *hehhehheh* termasuk tidak memfollownya, tapi tiba-tiba tertarik untuk memposting caranya mengajarkan Bahasa Inggris, sampai-sampai mengklik link Facebooknya untuk tahu lebih lanjut. Mau tahu juga? cekidot

Kemarin, kita sudah coba memahami konsep waktu di bahasa Inggris. Ada 3 yang dasar. Apa saja? (01)

Murid pinter. Mantan-PAST, Gebetan-Present, Jodoh-Future RT : MANTAN, GEBETAN dan JODOH pakkk...

Nah, sebelum kita mulai belajar lagi tentang konsep waktu, ada hal penting yg harus kita pahami dulu.  

(A) "Gue jomblo." (B) "Gue jalan-jalan ama temen-temen." « Ada perbedaan mendasar dari dua kalimat ini. Ada yang tau?  

Wah, ini murid yang jeli! RT : yang A setelah subject ada 'noun', yang B setelah subject ada 'verb'.  

Biar gampang, kalimat semacam (A) "Gue jomblo", kita kategorikan jenis "keadaan" alias "nasib".  

Sementara kalimat kedua, (B) "Gue jalan-jalan sama temen-temen" kita kategorikan "aktivitas" alias "kegiatan"  

Perbedaan (A) dan (B) terlihat jelas; pada kalimat (A) tidak ada aktivitas; (B) ada.  

"Gue anak gaul." « KEADAAN. Di sini nggak terlihat aktivitasnya. Bisa aja dia lg merana ngejomblo di kamar.  

"Gue nongkrong di sevel." « Jelas KEGIATAN. Jelas-jelas dia lagi nongkrong. Atau mungkin belagak nongkrong padahal ngamen.  

"Minggu depan gue ketemuan ama calon pacar." « Jelas KEGIATAN. Biar kata masih minggu depan, tapi jelas ada "ketemuan".  

"Minggu depan gue di Jakarta." « Keadaan. Nggak keliatan di kalimat ini "gue" ngapain.  

Okay. Sekarang kita udah siap masuk ke tahap berikutnya. Bekalnya: Mantan, Gebetan, Jodoh, Keadaan, Kegiatan.  

Seperti yang kita udah pahami, konsep dasar waktu di bahasa Inggris itu cuma 3. Past, Present, Future. Lihat contoh berikut.
  
TL berikutnya cekidot sendiri yaa.. buka aja linimasanya :  @daprast tapi karena ini akun pribadi jadi ya harap maklum kalau isinya bukan hanya belajar bahasa ;) atau buka page FB-nya : #englishisfun

Selamat belajar dengan cara yang menyenangkan :)


14 comments:

  1. Belajar sambil bergalau atau ber-watir ria. #eh

    ReplyDelete
  2. belajar itu kalau di pelajari semua akan bisa, walau nggak langsung ngena yang penting terus dipelajari sampai bisa :) ada hasil dari mencoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya mau belajar atau tidak :)

      Delete
  3. Replies
    1. salam kenal juga, terima kasih udah berkunjung

      Delete
  4. Hahahaha.... keren juga ya mb, lucu2-an gitu belajar bahasa Inggris, saya sampai ngakak bacanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih ngakak lagi kalau diterusin, tapi saya-nya pegel hehe ^^

      Delete
  5. Replies
    1. Silakan Mas, kali aja berguna di perantauan #eh

      Delete
  6. Ikut belajar Bahasa Inggrisnya...
    Inggris saya amat payah, dan Bahasa Inggris adalah pelajaran yg paling saya benci...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari pak Mars silakan, kursinya masih banyak yang kosong koq, 1 jamnya 50 ribu rupiah ya heheheheh *mentalbisnis-gamaurugi :D

      Delete

leave ur track so i can visit u back :)