Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

17.3.12

Buku 7 Keajaiban Rezeki

Sudah membaca bukunya Ippho Santosa atau yang lebih dikenal dengan Ippho Right? Aku ingin mereview sedikit bukunya yang berjudul 7 Keajaiban Rezeki, bukan buku baru sebenarnya, bahkan Ippho Santosa sudah mengeluarkan buku yang lain yang berjudul Hanya 2 Menit. Tapi disini aku akan memberikan gambaran singkat mengenai 7KR.

Menurut Ippho kita dapat mencapai kemaksimalan diri jika kita menerapkan 7 prinsip dasar (baca: keajaiban) dalam hidup ini. Keajaiban-keajaiban itu adalah :



Keajaiban #1  : sidik Jari kemenangan – Lingkar Diri

Setiap orang adalah unik. Setiap orang punya cara sendiri untuk meraih kemenangan, dengan lebih cepat. Unik layaknya Sidik Jari. Ia menyebutnya Sidik Jari kemenangan. Dan di Bab ini ia memberikan ruang kosong untuk pembaca menuliskan cita-cita dan harapannya.

Keajaiban #2 : sepasang bidadari – lingkar keluarga

Keridhaan Tuhan Yang Maha Kuasa tidak terlepas dari keridhaan orang tua, maka mintalah ijin / restu orang tua ketika kita hendak memulai sesuatu usaha atau sedang berusaha menjadi orang yang lebih baik. Meminta maaf, berbaktilah kepada mereka dan selaraskan doa mereka dengan anda agar impian anda segera terwujud.

Selain itu bidadari yang lain adalah pasangan hidup. Ceritakanlah mimpi anda kepada pasangan hidup anda dan minta ia ikut mendoakan mimpi anda.
Law Of Attraction (LOA) atau hukum tarik menarik adalah apa yang dipikirkan itulah yang semesta berikan. Atau bisa juga dikatakan pikiran andalah yang menarik segala sesuatu itu terjadi.

Keajaiban #3 : Golongan kanan – Lingkar diri

Ippho Santosa menggolongkan orang dengan 2 golongan yaitu orang yang lebih banyak menggunakan otak kanan dan orang yang lebih banyak menggunakan otak kiri.

Menurutnya amatlah sukar memahami rezeki dengan otak kiri. Orang kiri tidak mampu menyikapi ketidakpastian, perubahan dan risiko. Maka jadilah mereka pengikut dan bawahan. Sedangkan golongan kanan lebih mengendalikan dunia karena mereka lebih kreatif, lebih imajinatif, intuitif, berani menghadapi perubahan dan resiko.



Keajaiban #4 : Simpul perdagangan – Lingkar sesama

Salah satu wasiat penting Nabi “Berdaganglah engkau karena Sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu berada di perdagangan”.

Di Bab ini disebutkan banyak sekali alasan kita agar mau berdagang sekaligus diberikan contoh-contoh pedagang yang telah sukses.

Keajaiban #5 : Perisai Langit – Lingkar diri

Betapa kanannya sebuah keyakinan. Betapa kanannya sebuah agama. Ianya tidak bisa dipahami Cuma dengan otak kiri yang realistis.

Contoh :

Supaya sehat apa yang diajarkan agama : Puasa / Shalat Tahajjud / Sedekah = sekilas tidak terlihat masuk akal (oleh si kiri)

Supaya rezeki bertambah apa yang diajarkan agama : sedekah / Shalat Dhuha, Shalat Tahajjud, dzikir, syukur, memperbaiki ibadah = sekilas tidak terlihat masuk akal (oleh si kiri)

Belum lagi hitung-hitungan manfaat ibadah menurut agama :

1+1 = 27 (manfaat shalat berjamaah)
1x6=355 (manfaat puasa syawal)
Intinya : lebih giat dalam beribadah dan banyak bersedekah

Keajaiban #6 : Pembeda Abadi – lingkar diri

Menjadi berbeda dari orang lain, menemukan yang diminati sekaligus dikuasai dan juga menghasilkan plus membahagiakan lalu kembangkan. Maka bisa jadi hal itu menjadi trade mark anda

Keajaiban #7 : pelangi ikhtiar – lingkar diri

Pelangi ikhtiar dihiasi dengan 7 bias yaitu impian, tindakan, kecepatan, keyakinan, pembelajaran, kepercayaan dan keikhlasan, yang merupakan kebiasaan-kebiasaan dari seorang pemenang

Bias 1 : Imajinasikan impian anda

Bias 2 : Action

Bias 3 : menaklukan lawan yang jauh lebih besar (bukan lawan dalam artian kata sebenarnya tap lebih ke kemalasan atau berpacu dengan waktu dsb.nya)

Bias 4 : Terbang mengelilingi Ka’bah
Maksudnya yakinlah dengan apa yang diusahakan karena action  tanpa keyakinan pun akan sia-sia, begitu juga dengan doa yang tidak yakin menjadi percuma. Keajaiban akan terjadi jika anda meyakininya

Bias 5 : berdiri di atas bahu raksasa
Belajarlah dari yang sudah ahli, jika ingin menjadi guru yang baik maka jadilah dulu pelajar yang baik. Jika ingin menjadi penulis yang baik maka jadilah pembaca yang baik, dst.nya

Bias 6 : Jangan menjadi Yudas abad 21
Sebagai entrepreneu atau profesional, kadang kita kepentok masalah uang. Jika masalah itu datang jangan mangkir dari kewajiban membayar atau melarikan diri dari penagih karena anda sama saja dengan Yudas. Tapi yang harus anda lakukan adalah memohon maaf kepada yang bersangkutan dan menyelesaikan masalah. Integritas akan melahirkan reputasi

Bias 7 : Jangan hanya menilai hasil
Keikhlasan itu amat ringan diucapkan namun berat diamalkan. Tapi keikhlasan merupakan bias yang tak terpisahkan dan tak tergantikan dalam Pelangi Ikhtiar.

Begitu kira-kira yang bisa saya simpulkan dari Buku #7KR. Wasalam :)

23 comments:

  1. dari apa yang anda ringkas sudah terbayang di otak sy bahwa buku berjudul 7 Keajaiban Rezeki benar2 luar biasa dan patut untuk diterapkan isinya. trims sudah berbagi informasi menarik ini, sekalian sy izin bookmark artikel ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya silakan pak, ‎​اَلْحَمْدُلِلّهِ kalau bermanfaat :)

      Delete
    2. nulis arab alhamdulllah gitu bagaimana caranya?

      Delete
    3. :D aku balesnya pake bb jadi udah autotext hehe

      Delete
  2. bagus2..., jd pengen baca seluruhx..., ada 7 berarti klo ilang satu mgkn gk akan sukses kali yaa., nice share...,thx infox *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, kalau diterapkan semua Insya Allah sukses dέh *smile*

      Delete
  3. Buku panduang yang sangat bagus untuk calon enterpreneur. Thanks sharingnya sobat, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ga salah dong kalau jadi best seller :)

      Delete
  4. Hmm, ini buku motivasi gitu yaaaa tipenya? Boleh deh baca gratis. Pinjem dong. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleehh.. Tukeran pinjem yuu.. Bukumu juga banyak kaan :D

      Delete
  5. kalau aku berpendat semua orang itu punya hak untuk sukses dan dapat rejeki lebih tapi bagaimana semua itu terwujud adalah seberapa besar diri kita untuk itu semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup seperti halnya rejeki yang sudah disiapkan Sang Pecinta, kesuksesan pun sudah ada jatahnya. Tinggal sebagaimana kita berikhtiar untuk mendapatkannya *cmiiw

      Delete
  6. aku dikasih seorang blogger buku ini, aku belum slesai bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buru" dibaca terus langsung diterapin kata pak ippo s¡h 3 bulan aja bisa terwujud tuh yang dicita"kan :)

      Delete
  7. aku belum baca buku tersebut, isinya nampaknya buku pemberi motivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buku motivasi gitu, ƒor anybody who wants to improve themselves

      Delete
  8. aku udah baca dari dulu pertama launching sist.. hehehe.. dan udah koleksi semua bukunya ippho *pamer :p

    btw salam kenal ya, *baru pertama berkunjung keknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh чα? Minjem dong yang wasiat terlarang hehee..

      Iya salam kenal juga, thanks udah mampir

      Delete
  9. Saya penasaran sama isi buku ini. kemarin ke toko buku ga nemu... tapi penjelasan diatas seperinya lumayan mewakili isi buku nya sepertinya ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini rangkuman banget, udah bisa langsung diaplikasikan :)

      Delete

leave ur track so i can visit u back :)