Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

2.3.12

Husnudzan

Urusan Husnudzan / Berprasangka Baik Kepada Allah SWT

Imam Al-Hasan al-Bashri berkata : "Sesungguhnya seorang mukmin selalu berhusnudzan kepada Tuhannya lalu ia memperbagus amalnya. Dan sesungguhnya seorang pendosa berprasangka buruk kepada Tuhannya sehingga ia berbuat yang buruk." (Diriwayatkan Imam Ahmad dalam al-Zuhd, hal. 402)


Dalam kitab Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah (10/220) disebutkan, wajib atas seorang mukmin berperasangka baik kepada Allah Ta'ala. Saat yang lebih banyak diwajibkan berhusnudzan kepada Allah :
Saat tertimpa musibah dan saat kematian. Dianjurkan berhusnudzan kepada Allah Ta'ala bagi orang yang menghadapi kematian.

Terus memperbagus prasangka kepada Allah dan meningkatkannya walaupun itu terasa berat saat menghadapi kematian dan sakit. Karena seharusnya seorang mukallaf senantiasa husnudzan kepada Allah.


Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda tiga hari menjelang wafatnya,


لاَ يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلاَّ وَهُوَ يُحْسِنُ بِاللهِ الظَّنَّ


"Janganlah salah seorang kalian meninggal kecuali ia berhusnudzan kepada Allah." (HR. Muslim)


Husnudzan kepada Allah, sebuah amaliah yang pasti disertai dengan menjalankan sebab-sebab menuju keselamatan. Sebaliknya, jika menjalankan sebab-sebab kehancuran, pasti ia tidak berperasangka baik. (Kitab al-Jawab al-Kaafi: 13-15)

By : Ust KH Ahmad Miftah Amrullah

21 comments:

  1. Pas dibaca di hari Jum'at..

    ReplyDelete
  2. padahal kalo husnudzon sama Allah tu bakalan enak banget

    Tekno Muslim

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti hati jadi lebih tenang dan ngga mumet :D

      Delete
  3. Pencerahan yang menarik..
    Dengan khusnudzon, hidup jadi tentram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi tidak tergantung dengan pendapat orang2 'kiri' yang suka meracuni :)

      Delete
  4. Alhamdulillah, dan Insya Allah saya masih menerapkan hal ini (khusnudzon), rasanya menyenangkan sekali, subhanallah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ‎​اَلْحَمْدُلِلّهِ semoga selalu seperti itϋ ya mbak :)

      Delete
  5. prasangka baik ke manusia aja harus, apalagi ke tuhan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju deh sama kamu *keseringan lihat iklan coklat*

      Delete
  6. Kunjungan balik ni, asyik juga punya blog kayak gini jadi nyaman melihat dan membacanya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga, terima kasih kunjungan baliknya. semoga manfaat

      Delete
  7. bila kita berprasangka baik pada Allah maka semua kejadian baik sedih atau senang kita bisa ambil hikmahnya... mudah untuk tenang kembali #antigalau

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Iya Mba Ratna, udah Sunatullah sepertinya

      Delete
  8. berfikit positif akan menghasilkan dampak yg positif dan begitu pula sebaliknya

    ReplyDelete
  9. pengetahuan ttg agama ane bertambah setelah baca postingan ini :) alhamdulillah

    ReplyDelete
  10. Ya begitulah Agama islam... selalu memberikan pengetahuan dan mengajarkan ilmu sosial yang tinggi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Islam universal, semua ajarannya mencakup seluruh aspek kehidupan, sayang belum bisa diterapkan secara kaffah :)

      Delete
  11. husnudzan menjadikan hidup kita lebih hidup

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)