Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

14.1.13

Buah Lai

Ibu-ibu itu... nggak di mana nggak di mana kalau lagi ngobrol pasti seruu dan selalu ada info baru. Seperti halnya kemarin, ketika lagi asyik chat di grup. Salah satu temanku berkata kalau dia jadi kepingin makan buah Lai. Sontak yang lain bertanya apa itu buah Lai?

Lalu teman yang lain langsung mengirim gambar ke grup.

ini dia penampakannya

Ooo ternyata buahnya seperti durian, namun dagingnya lebih kuning.
Setelah aku googling, ternyata selain kuning ada juga yang berwarna merah.

merahnya menggugah banget yak

Kata temanku sih, buah Lai ini enak, nggak terlalu manis, nggak bikin eneg atau pusing kepala seperti durian, aromanya juga nggak menyengat. Tapi... kata suamiku buah Lai nggak enak! *yang bener yang mana nih? („ »̶___«̶ „)  (balik lagi ke selera sepertinya).

Buah Lai sampai sejauh ini sih baru ada di Kalimantan, tapi walaupun produk lokal buah Lai ini ada nama Latinnya looh yaitu Durio Kutejenis. Hmm... dinamakan seperti itu karena mungkin buah Lai ini berasal dari Kutai - Kalimantan Timur.

Jadi pengen nyobain ​‎​(⌣́_⌣̀)

85 comments:

  1. kalo pengen yuk barengan ke kalimantan sama saya, biar bisa nebeng nieh. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ada yang mau nebeng nih, saya nebeng ke suami saya aja deh :)

      Delete
    2. suami mulu. buka cakrawala dong. sendirian gitu, hehe

      Delete
    3. Kan ceritanya saya penakut :P *malas login jϑ pake anonim

      Delete
  2. Wiiiih, saya baru denger deh kayaknya.

    Kayaknya enak buahnya *ngiler*

    ReplyDelete
  3. wah...pernah jadi tukang sayuran sama buah2an...sy juga blm pernah nyoba tuh...

    namanya gaul ya mbak...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya panggilan orang batak ya? Lay :D

      Delete
    2. ini nama lengkapnya: lay your hand on me

      Delete
    3. Bukannya : I lay my love on u, it's all I wanna do, every time I breath I feel brand new ? *westlife

      Delete
    4. love is on the way .. I can see it in your eyes..
      let's give it one more try tonight baby..
      hayoo lagunya sapa?


      Delete
    5. gampang itu pak, Saigon Kick kan? *modal copas ke google doang :D

      Delete
  4. walah, baru2 ini saya dari Kutai.
    kenapa postingan ini datangnya telat begini.
    nggak bisa ini. nggak bisa dibiarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah pak saya juga baru τăυ, padahal 2 tahun lalu saya ќε banjarmasin *kelamaan ya :D *masih pake anonim

      Delete
  5. udah nyobain? gmn rasanya? :D
    itu kalo merah warnanya berarti dah matang ya? kalo masih muda warnanya apa yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kuning dan merah ŝαмα" udah mateng, belom nyobain kayanya ϑi Jkt ga ada :|

      Delete
  6. Untuk rasa tetap dipegang durian sih, karena banyak yang akan bilang buah lai ini kurang harum, kalo yg nggak suka durian sih pasti bilang buah durian bau ya
    kalo saya sendiri suka dua-duanya, kalo lagi nggak enak badan lebih mlih buah lai, soalnya nggak bikin badan panas atau kepala pusing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku śukα bangett ŝαмα durian, hmm jadi buah lai ini bisa dibilang less ekspektasi lah ya daripada duren. Tapi untuk orang yang darah tinggi mendingan buah lai aja :)

      Delete
  7. aku sampe sekarang masih penasaran sama rasa buah ini. dulu sempat ke kalimantan tapi ndak sempat nyicipin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ŝαмα („ »̶___«̶ „)

      Delete
  8. saya belumpernah, bagaimana sih rasanya apakah seperti buah durian???
    jadi penasaran heeee
    sukses selalu mbak, selamat mlm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip" dengan durian tapi aromanya ga sesemerbak durian *katanya sih. Makasih ŝαмα"

      Delete
  9. di sini namanya buah pekawai mbak, pekawai negeri sipil :p

    eh ciyus, namanya pekawai.. belom pernah makan buat itu? ih kasiaaaan.. enak tauuu xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pekawai swasta boleh makan ngga?

      Iyaa belloomm (ˇ,ˇ)--¢<◎_⊙)

      Delete
  10. hehe... slama ini sy baru tau buah Lai.. hoho

    ReplyDelete
  11. wew, saya udah makan dong (padahal baru kemaren) gak sengaja juga lewat tambang terus musim durian di marih, dan ternyata enak tauuuuu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo lagi di kalimantan ya om, enaknyooo, kl ke jkt bawa2 yak :D

      Delete
  12. emmm kalo di tempat / kampung (Puruk cahu: kalimantan tengah) saya namanya pepaken. sejenis sih sama yg ada di gambar tuh. enak ini drp pada durian. belum matang dipohon udah bisa dipetik kuq. di perem aja bisa masak. kalo ada yg mau kesini hubungi aja saya. hehehe

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhkan balik lagi ke selera, ada yang bilang enak, ada yang bilang kurang enak :D

      Delete
  13. Sumpah saya baru tahu tentang buah ini. Namanya pun baru dengar. hemm jadi ngiler !

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, ada rumor di toko buah total ada dijual, tapi belum ngecek

      Delete
  14. baru ngeh nih, ada buah yg mirip banget ma duren

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih 1 family ci, mungkin sepupuan :P

      Delete
  15. di kebon belakang rumah saya ada pohon duren macem ini mbak. Kalo bagi penyuka duren asli, maka buah ini pasti akan terasa 'kurang nendang'. Tapi kalo bukan pecinta duren sih, rasa buah ini lumayan enak. Bisa makan banyak-banyak dan gak perlu takut pusing. haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mauuuu *tarik2 enha *dorong2 ke kebun :D

      Delete
  16. buah lai belum pernah coba.. beneran nih mau coba ah.. dibeli dimana ya,.. jauh banget kalau harus ke kalimantan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak jauh, tp hitung2 jalan2 aja pak, tar beli ya yang banyak :D

      Delete
  17. sungguh sy baru tau.., mgkn di Makassar ndk ada...

    yg warna kuning terlihat menggiurkan tp klo liat yg merah langsung trbayang Hati sapi, bikin gk selera.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata temenku dijual ke Sulawesi loh itu buah, tp ga tau Sulawesi mana

      emmm yang merah agak2 'horor' *smile

      Delete
  18. wah ini buah seperti hati yang dikatakan mas RF.. saya belum pernah sih nyoba buah itu, apa buah itu dari luar.

    buah lai, baru denger juga, mungkin disini ada tapi dengan nama yang berbeda. tapi infonya menarik karena penasaran jadi pengen nyari. ya semoga nanti dapat buah lai.

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dari luar, alias luar Jawa

      Delete
  19. pas awal ngeliat sangkaanku langsung tertuju pada buah nangka, eh ternyata ada yang berwarna merah.. jadi bukan.

    gimana mbak rasanya.. segera dicoba, nanti ceritakan disini >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya Rif, mirip jg ya sama nangka

      waah kapan yaa aku bisa nyobain? :(

      Delete
  20. kalau kagak salah, ini tipikal durian hutan deh mba. Trus dari kontour'a mirip sama Durian Thailand kalau diperhatikan, tp rasanya enakan mana ya, sama durian yg harga'a goceng yg ada di pinggir jalan ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. durian Thailand itu yang kek mana ya? kurang perhatiin :)

      duren goceng enak juga, asal nemu yg dagingnya bagus dan ga busuk :)

      Delete
  21. met pgi ko kyk buah durian'y mirip skali. baru tau,ni kami

    ReplyDelete
  22. Kalimantan memang sangat kaya akan buah langka, seperti buah Lai ini.
    keren..
    jadi penasaran untuk mencicipi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang slain lai ada buah langka apa lagi?

      Delete
  23. sayangnya aku buka penyuka durian,
    huhuhu .....

    mending makan klepon nggenah enak :D

    ReplyDelete
  24. mantabh ni buahnya..
    beberapa waktu lalu saat perjalanan kotabaru ke balikpapan di tengah jalan sempat menikmatinya..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah udah nyobain nih, asiknyo

      Delete
  25. dari luarnya seperti durian namun berbeda ya kang

    ReplyDelete
  26. sepertinya enak nih.
    wahaha
    kalo dikasih gratis mah enak :p

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum, itu termasuk sejenis Durian bukan mba? Kok baru lihat ya selama 19 thn ini! ckckckck..

    ReplyDelete
  28. kayak nay masih saudara kembar sama duran tu mbkk...tanya aja kalok gak percaya...kwk...kwk..kwk..

    ReplyDelete
  29. Awalnya saya kira buah yang biasa dimakan supir truk orang medan, ternyata bukan =D

    ReplyDelete
  30. buah lai bau ga kayak durian ae he :D

    ReplyDelete
  31. lllaahhh ,, baru tau kalo ada buah namanya lai .. :D

    ReplyDelete
  32. kalo yang kuning udah pernah liat, tapi yang merah belum. apakah rasanya sama?

    ReplyDelete
  33. pernah denger sih.. tapi belum pernah coba langsung ;(
    hmmm.. kalau gak bikin eneg seperti halnya durian, mungkin saya bisa suka :)

    ReplyDelete
  34. wah itu sih yang suka aku bawa mudik setiap cuti
    ibue suka banget dengan duren warna warni kayak gitu
    walopun ribet ngebungkusnya biar bisa lolos di bandara
    buahnya gratis dapat nyolong di hutan
    buat beli plastik wrapnya bisa abis puluhan ribu...

    ReplyDelete
  35. buah LAI ini umum ada di Kalimantan secara keseluruhan, jadi bukan hanya di KALTIM saja , karena di KAL-SEL juga ada :)

    ReplyDelete
  36. Buah Lai? Sy baru tahu nih. Mirip durian. Kayaknya manis tuh. Yg wrna kuning menggoda bgt, klo yg wrna merah malah ngeri dilihat, soalnya mirip jantung. Hiiiiiii....

    ReplyDelete
  37. Baru tau ada buah kayak gitu deh. :O
    apa kabar kak?

    ReplyDelete
  38. Kayaknya buah Lai itu emang kembarannya durian kali ya, soalnya nama latinnya aja ada kata duri2nya gitu. Hahhaha sotoy saya :)

    ReplyDelete
  39. kocak juga ya, hehe
    baru tau buah Lai, tapi rada aneh gitu mbak ngeliat warnanya, ya gak sih..

    ReplyDelete
  40. pantesan... dari tadi bau durian, ternyata ada durian bahenol di sini...

    ReplyDelete
  41. Pa kabar? Gak ke Makassar lagi? :D
    Belum pernah coba saya buah ini ...
    Eh, akun FB nya apa sih? Sy cari pakai nama Nufadilah, banyak ternyata. Yang mana ?

    ReplyDelete
  42. Kayaknya sih enak....
    Tapi beneran namanya buah Lai?, enggak Durian apa gitu, Mbak.

    ReplyDelete
  43. yg merah di sya, rada horror dah.

    ReplyDelete
  44. piket mingguan bersihin sarang laba-laba :D

    ReplyDelete
  45. weh itu durennya montok banget, ada yang warna merah segala lagi @_@

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)