Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

30.3.12

Pemuda Kahfi

Pasti sudah tahu kalau hari Jum'at waktunya membaca Surat Al Kahfi, tapi sudah tahu jugakah tentang para pemuda yang dikisahkan dalam Surat itu? Mari baca ini :

Nah, untuk malam ini kita bahas satu kisah dlm memegang teguh agamanya. Muda-Beriman-MasukSurga » MAU?!

1) 7 pemuda beriman yang menjadi ayat teladan para pejuang sepanjang zaman, merekalah .

2)Terkisah ini hidup di zaman jahili, Raja pada masa itu kafir & giat bermaksiat.Hingga keburukan moral terjadi dimana-mana.

3)Hanya segelintir orang yg masih beriman kpd Allah, dan itupun dilakukan secara sembunyi. Khawatir murka sang raja.  

4) Bahkan Raja mengancam bagi siapa saja yang tak mengikuti titahnya untuk kafir, maka keamanannya tak terjamin.  

5) Tersampaikanlah kabar bahwa ada 7 pemuda yang tak sudi menyembah berhala. Raja itu murka lalu memanggil mereka.  

6) Setiba di istana, mereka ditanya mengapa tak beriman pada berhala sebagaimana yang biasa dilakukan masyarakat disana.

7)Raja memberikan pilihan, "Sembahlah sesembahan kami, atau kalian kami bunuh!" Namun para itu menjawab dengan berani,

8) , "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit & bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia..." (alKahfi: 14)

9) Keberanian di hadapan Raja yang lalim ini bersumber dari IMAN pada Allah: "Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi"

10) Jika hari ini kita masi miliki ketakutan selain kepadaNya, coba tanya "Apa kabar imanku?" |  

11) Masih takut dan khawatir akan kenyataan esok hari, tanyalah hati "Apakah diri imani Tuhan yang Maha Kuasa?" |  

12) Keberanian semakin mengkristal, setelah santun ungkapkan penolakan mereka pun berkata,

13) "Maka lakukan saja apa yang menurut kamu terbaik." tukas pada Raja Diqyanius. Memuncaklah amarahnya.

14) Ancaman pembunuhan semakin menjadi, lalu Allah Swt ilhamkan kepada para untuk menyelamatkan diri ke dalam Gua

15) "maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu.." (alKahfi: 16). Atas keteguhan imannya, para dibimbing Allah

16) Tak hanya diberi bimbingan, tapi juga rahmatNya "..niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian RAHMAT-Nya kepadamu." (alKahfi: 16)

17) Maka pergilah pada ini ke sebuah Gua (Kahfi) yg tak jauh dari tmpat asalnya. Dan disinilah peristiwa itu terjadi..

18) Allah Maha Kuasa membuat mereka trtidur slma 309 TAHUN. Dijaga dari segala bahaya, sampai pada akhirnya terbangun..

19) terbangun dan mereka takjub atas kondisi masyarakatnya yang kembali beriman. Allah Maha Besar!  

20) Mari kita petik mutiara hikmah dr keberanian ini..

21) Jiwa muda itu bergelora, ya kan? Berontak kalau tak sesuai dg keinginan. juga begitu, tp caranya elegan penuh iman.

22) Berontaknya pd hal yg prinsipil: AQIDAH! Disuruh nyembah tuhan selain Allah. Jelas mereka berontak.

23) marah, berontak dan tak terima, tapi tak lantas anarkis.

24) Iman yg teguh akan berbuah pada akhlaq yang indah. Betapapun marahnya, memilih ttp santun dlm berontak

25) memnuhi undangan Sang Raja, datang ke istana. Di hadapannya, mereka mengikrarkan iman; Tuhan kami adlh ALLAH!

25)"Tuhan kami adlh Tuhan sluruh langit&bumi, kami tak menyekutukannya. Sungguh jk dmikian kami tlah berdusta."  

26) marah pd penguasa, tp ttap mengedepankan dialog. Mengajak sang Raja untuk berpikir, dan mngajknya kmbali pd hidayah.

27)Amarahmu jangan sampai melenyapkan akal apalagi iman. Justru iman-lah yg harus mendasari marahmu |  

28) Kita bisa lihat sebagian besar aksi amarah yg anarkis tak berbekas pd perubahan. Beda dg yg dlakukan ini..

29) inginkan perubahan. langkah pertamanya adalah memutuskan untuk melakukan BERUBAH DULUAN; dengan pergi & mengasing ke Gua

30) Dalam aksi "berontaknya" tak putus berdoa, “Wahai Tuhan kami! Karuniakanlah kami rahmat dari sisiMu.."(Al-Kahfi: 10)

31) Kita sering berontak marah, atas dasar iman kah? Kita inginkan perubahan besar, kita sendiri sudah melakukannya kah? |  

32) Keberanian bersumber dari imannya yang menjulang kokoh. Maka ketakutan kita hari ini bisa jadi tersebab lemah iman.

33) Untuk melakukan perubahan, pemuda memerlukan HATI YANG KUAT. Hati yang selalu terpaut pada pertolongan Allah.  

34) memutuskan u/ MEWARNAI bukan DIWARNAI. Allah telah muliakan kita dg akal, gunakan. Jangan asal ikut-ikutan tren.

Kultwit by @PencintaQuran

49 comments:

  1. Dari twitter yaa? :D Wow, inspiring. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. pas banget yee sama pemuda-pemuda yang lagi demo saat ini #Eh *kaburtakutditimpukmasiwa :D

      Delete
  2. Untung bukan makanan lagi XD

    bacanya sambil dengerin nasyid raihan - Ashabul Kahfi =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixixiixx... mau posting resep kue klapetart aahh hehe

      Delete
    2. pelajaran berharga dari kisah Ashabul Kahfi adalah keteguhannya, *back to topic *modus ngga ngomongin makanan XD

      Delete
    3. Ashabul kahfi pas bangun dari tidur panjangnya makan apa ya? :P

      Delete
  3. saya pernah nonton filmnya tuh sehari penuh.... 12 jam mantap pokoknya

    ReplyDelete
  4. huwwaaa jadi inget hafalan surah AlKahfi belom kelar *nangisss*

    makasih mba nurul sudah mengingatkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga belum hafal Surat Al Kahfi, yuukk hafalin bareng :)

      Delete
  5. mudah mudahan saya menjadi pemuda yang kahfi

    ReplyDelete
  6. pemuda kahfi idaman wanita solehah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wanita shalehah pastinya juga idaman pemuda kahfi :D

      Delete
  7. pemuda kahfi adalah imam yang paling baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemuda kahfi imannya ga setengah2 :)

      Delete
  8. maaf ijin backlink :)
    ditunggu kunjungan balik nya

    ReplyDelete
  9. enakan baca suratnya....
    puanjang polll

    ReplyDelete
    Replies
    1. emberan.. aku kadang ga baca artinya, abis suratnya aja udah panjang *dijitakpakustad

      Delete
  10. Pemuda Kahfi harusnya tetap jadi idola dan panutan kita (pemuda) masa kini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih begitu ya mba :)

      Delete
  11. Pemuda kahfi itu sungguh mulia, mudah-mudah banyak umat yang tersentil setelah membaca kisah di atas dan menjadikannya panutan dalam hidup yang semakin menipis imannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. أمين يا رب العالمين

      ;)

      Delete
  12. pemuda kahfi itu tujuh orang termasuk anjing yang setia mengikuti majikannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh.. Betul betull betulll :D

      Delete
  13. hayooo udah pada tau nama dari semua ashabul kahfi belooom? ;)

    ReplyDelete
  14. Subhanallah ^ ^
    terima kasih sharingnya..
    saya juga mau follow twitnya @PencintaQuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D silakan follow semoga jadi lebih tercerahkan ^^

      Delete
    2. arr rian, saya mau balas berkunjung tapi profilmu tidak tersedia, sayang sekali

      Delete
  15. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, saya juga udah main ke blog the netwerk tapi ga meninggalkan jejak hehe

      Delete
  16. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    ReplyDelete
  17. pemuda kahfi... hmm, klo punya anak ntar namain kahfi ahh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kahfi sendiri artinya gua, tapi boleh2 aja namain anak seperti itu dengan harapan mudah2an teguh pendirian dan imannya ya :)

      Delete
  18. umat sekarang perlu banyak belajar dari umat2 terdahulu

    umat terdahulu juga mengalami cobaan sangat keras, kita bisa lihat bagaimana Rasul dan sahabat dibully habis2an sama orang kafir dan munafik tapi rasul tetap tenang

    begitu pula dgn pemuda al kahfi, mereka juga tetap tenang

    kita harus belajar banyak dari mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya semakin ke sini pelajaran sejarah semakin berkurang, padahal bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah.

      Dan ada hadist yang berbunyi bahwa nαnτi di akhir jaman suatu umat àkan lebih jelek daripada umat yang sebelumnya, akan terus seperti itϋ.. Jadi aku pesimis kalau akan ada pemuda" seperti para Shahabat atau Ashabul kahfi :(

      Delete
  19. inspiratif mbk tulisanx.., emank dr pemuda alkahfi bnyk makna yg bs tergali didalmx..., smg kita bs meneladani kisah diatas., Aamiin... *smile

    ReplyDelete
  20. wah keren bahasannya mbak...
    :)

    ustadzah ni....
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihh masih jauh bangeettt, tapi di Amin-in deh :)

      Delete
  21. Afwan. Kurang tepat kalau dibilang 309 tahun. Lebih tepat kalau dibilang 300 tahun ditambah 9 tahun. Maksudnya adalah kalau dihitung berdasarkan kalender qomariyah, waktunya adalah 300 tahun. Tapi karena kalender qomariyah dan syamsiyyah berbeda 11 hari, dalam 300 tahun akan menjadi 3300 hari, yang sama dengan 9 tahun dalam waktu syamsiyyah. Jadi maksudnya adalah 300 tahun qomariyah, atau 309 tahun syamsiyyah. Syukron.

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)