Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

17.12.12

Aku tidak suka hujan

Aku tidak suka hujan. Hanya mengingatkanku pada ibu yang menangisi ayah. Saat itu hujan lebat, ayah justru keluar rumah, tak pernah kembali. Ibu ingin mencari, tapi hujan menghalangi.

Aku tidak suka hujan. Karena hujan membuat rumahku basah. Sebenarnya bukan rumah kami, tapi rumah kontrakan yang sudah bertahun-tahun kami huni. Bocor. Si pemilik rumah tidak ingin memperbaiki. Di rumah ini pun tidak ada yang memperbaiki. Ibu tak bisa. Aku tak berani. Adik, berjalanpun dia masih belum lancar. Hujan di luar, hujan pula di dalam.

Aku tidak suka hujan. Suara gunturnya menakutkan. Petirnya berkilat laksana ingin menyambar siapa saja yang berada di dekatnya. Adik menangis ketakutan. Ibu sibuk menadahkan air dengan ember sambil mengepel lantai yang sudah terlanjur tergenang.

Aku tidak suka hujan. Membuatku semakin cepat lapar, padahal jatah makanku cuma dua kali sehari.

Aku tidak suka hujan. Selimut kami sangat tipis, ukurannya kecil. Tersingkap ketika aku tidur karena ibu menariknya lebih untuk menutupi tubuh adik. Aku meringkuk kedinginan.

Aku tidak suka hujan. Cucian tetangga jadi lama kering, itu artinya upah mencuci ibu jadi terlambat. Padahal tiap sennya sangat kami butuhkan untuk menyambung hari. Terpaksalah jatah makanku dikurangi.

Aku tidak suka hujan. Aku tidak bisa bermain di luar. Terperangkap dalam petak yang sempit. Tak ada tivi, hiburanku hanya adik, dan tetesan air dari lubang di atap.

Tuhan, apakah aku salah karena tidak suka hujan? Maafkan aku. Kataku lirih sambil memegangi perut yang sedari pagi belum terisi.

55 comments:

  1. Kok saya jadi prihatin dengan anak itu ya. Nyesek -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq suka banget yang namanya hujan, tetapi nggak hujan.
      dan aq suka banget nggak hujan, tetapi hujan.
      seperti hujan rindu q padamu :p

      Delete
  2. Lebih baik belajar menyukai. Karena hujan akan selalu turun bila musimnya tiba. Bila selama musim hujan kebencian terus digemakan, maka yg terasa adalah perut melilit sengsara. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, menerima lebih baik ya, kalau semakin benci bukan cuma perut aja yang sengsara tapi hatinya juga :D

      Delete
  3. :(

    Hakikatnya hujan adalah rahmat.. ah.. I wish I were there, to be the shelter of her..

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal tadi pas nulis aku membayangkan tokoh cowo, ternyata dini membayangkan cewe :D

      yup, i wish i were there too, untuk mengajaknya berdoa di waktu makbul seperti itu

      Delete
    2. kalo ceweq rahmawati bukan?

      Delete
  4. ceritanya singkat tapi ngena banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak nufa, dari kemaren aku browsing caranya ngambil award yang mau aku pasang di blog!
      tapi ngak ketemu*..
      heheh

      caranya gimana mbk?
      award dari mbak nufa mau tak pajang inih :)

      Delete
    2. oia lupa! link mbak nufa aku pajang lhooo
      hehehehh

      Delete
  5. aq berharap, aq bisa menyukai dan menikmati hujan seperti dulu #Curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih aih ada apakah di waktu dulu #kepo

      Delete
  6. aku...
    tidak menyangka bahwa hujan bisa menyakiti seperti itu...
    kukira semua orang menyukainya, merindukannya...

    :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenyataannya ada orang2 yang tidak menyukai hujan loh, bahkan mengutuk ketika hujan datang, alasannya simple : hujan bikin macet, bikin menghambat kegiatannya, dsb.nya :)

      Delete
  7. saat hujan tidak disertai petir, anak-anak saya saat kecil2 dulu sering saya suruh hujan-hujanan Mbak. Ibunya kerap ribut, tapi buat saya, ini metode vaksinasi alam. biar resisten sama hujan. sekarang mereka udah gede-gede, mereka juga nggak suka hujan2an. ya sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka hujan2an, kalo bisa sampe sekarang, tapi kayanya ga bisa ya :D

      Delete
  8. Ane suka hujan..sob...apelagi hujan duit...suka gak sobbbb??//

    ReplyDelete
    Replies
    1. di mana tuh ada ujan duit? kasih tau ya nanti :P

      Delete
  9. Kirain beneran gak suka hujan, hehehe xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka koq uncee, kata orang ujan kan romantis huhu

      Delete
  10. Aku ambil tengah2 aja deh...suka enggak benci enggak....
    Soalnya aku sukanya ama cewek.
    Mank hujan mau diajak kawin...
    Mungkin aja namanya siti Hujanah kali yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo beneran ada Siti Hujanah, mau kamu nikahin? :D

      Delete
  11. Kalau aku, aku tidak suka panas yang menyengat, yang dengan cepat melegamkan kulitku, hihi...

    ReplyDelete
  12. sy suka hujan, tapi ga suka jadi basah :D
    #bukan embek =P

    ReplyDelete
  13. Pasti ini yang ngomong si kucing ya mba..
    kucing memang gak suka air jadinya gak suka hujan..
    Eh, si kucing namanya siapa ya mba? saya lupa, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya ya bener juga ya, jangan2 ini si kucing yang ngomong :))

      Delete
  14. kalau tokohnya cowok kenapa gak dibetulin gentengnya yg bocor tadi, wanita pun sebenarnya sanggup mbetulin genteng hihihi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena cowonya masih kanak2 :P

      Delete
  15. sedih terharu tertohok. jadi satu...
    mbak...

    ReplyDelete
  16. terharu membaca ceritnya, tetapi, berlawan ma aq,, aq lebih suka lihat ujan, n suk ahujan2 heheh :)

    ReplyDelete
  17. sederhana, berisi dan menyentuh... itu saja yang saya bisa komentari dari tulisan ini.. bagus sekali dan kreatif.

    ReplyDelete
  18. Fiksi ya. Idem komen di atas: sederhana, berisi, dan meyentuh :)

    ReplyDelete
  19. akibat trauma masa lalu akhirx hujan pun kena hujat pdhl mutlak bhw hujan itu rahmat.., tp untunglah ada isyarat bhw dia masih ragu apakah perbuatanx ini benar atw salah..,

    Tuhan, apakah aku salah karena tidak suka hujan? Maafkan aku.

    ReplyDelete
  20. hujan bukan hanya bawa kesenangan tapi juga ketakutan ya :D

    ReplyDelete
  21. aku gak suka hujan, terutama kalau hujannya : hujan duit, hujan batu atau hujan kodok ~ mendingan hujan air mata ... bahagian, hahahaha :P

    #yg komen sodaranya monkey :P

    ReplyDelete
  22. syukurilah apa yang ada..
    karena semua ini ada hikmah dan juga manfaat yang bisa di ambil oleh kita..

    ReplyDelete
  23. agak kurang setuju waktu pertama kali baca judulnya. Tp ternyata cm fiksi. :)

    ReplyDelete
  24. Saya juga tidak hujan, karena jika hujan rumahku kebanjiran tapi saya juga bingung jika tidak hujan, udara jadi panas dan air susah :D

    ReplyDelete
  25. aaahh, sediiiih.. kenapa ya selalu sedih kalo baca cerita yg objek penderita nya anak2.. hikz

    ReplyDelete
  26. kasian tuh anak T_T ...
    sedih eh trnyata fiksi jadi legah deh perasaan,, hehe
    manteb kreatif ^_^

    ReplyDelete
  27. Aku tidak suka hujan karena hujan menyimpan banyak kenangan pahit di masa laluku
    aku tidak suka hujan karena setiap hujan aku jadi orang pemalas
    aku tidak suka hujan karena sekarang ini kalo habis ujan udah jarang ada pelangi
    #TITIK #SIKAP :p

    ReplyDelete
  28. berbagi kata-kata motivasi mas broo.
    Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
    semoga bermanfaat salam kenal di tunggu kunjuannya :D

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)