Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

20.1.12

Istilah in Arabic

Suka denger ada orang yang mengutip bahasa Arab? Aku sering, kadang ngga ngerti apa artinya.. Lalu GuruTPA mentwit, rangkum aja deh, kali aja suatu saat nanti ada yang membutuhkan hehehe

1. Afwan. Artinya: 'maaf." Contohnya dlm percakapan: "Afwan jiddan, ana lupa bawa buku. Maaf sekali, saya lupa bawa buku."

2. Akhwat. Artinya: perempuan/wanita. Lawan dari 'Ikhwan'. Kadang disempitkan maknanya hanya u/ perempuan yg alim dlm agama.  

3. Allahul musta'an. Artinya: Hanya kpd Allah saja kita mohon pertolongan. Biasa diucapkan spontan saat keheranan/kesulitan.  

4. Antum. Artinya: Anda/Kamu. Sebenarnya jamak dari 'Anta' yg juga artinya 'kamu'. Sepengetahuan kami, kata 'antum' lebih halus.

5. Asatidzah. Artinya: Ustadz-ustadz. atau guru2 Jamak dari 'ustadz' yg artinya guru.  

6. Fulan. Artinya: Sebutan untuk lelaki yg identitasnya tidak diketahui. Contoh: "Ada seseorang, sebut saja namanya Fulan."  

7. Ghuluw. Artinya: "Berlebih2an dlm agama".Contoh: Si fulan ghuluw, dia puasa tapi gak berbuka. Dia gak menikah dg alasan ibadah."
Mengenai Ghuluw aku pernah mempostingnya di sini

8. Ghafarallaahu lahu. Artinya: Semoga Allah mengampuninya. Biasanya diucapkan saat lihat orang lakukan salah atau sudah wafat juga.  

9. Hayyakallah/Hayyakumullah. Artinya: Semoga Allah menghidupkanmu (dlm kebaikan). Biasanya diucapkan u/ memuji orang lain.  

10. Ikhwan. Sebutan untuk laki-laki/pria. Lawan dari 'akhwat'. Terkadang dipersempit u/ menyebut laki2 yg alim dalam agama.

11. Ishbir. Artinya: Bersabarlah. Contoh: Ishbir ya Akhi. Bersabarlah wahai saudaraku.  

12. Jazaakallahu khairan. Artinya: Semoga Allah membalasmu dg kebaikan. Biasanya diucapkan saat berterimakasih atas kebaikan orang.  
kalau berterima kasih ke perempuan : Jazakillah, kalau ke laki2 : Jazakallahu. Kalau untuk ke banyak orang : Jazakumullah

13. La ba'sa. Artinya tidak mengapa atau 'gak papa kok'. Contoh: "Jangan khawatir. Laa ba'sa, Insya Allah."

13. Mabruk. Artinya: 'Selamat'. Diucapkan kepada orang lain yg sedang mendapatkan keberhasilan. Contoh: "Mabruk yaa Akhi."  

14. Mahram. Artinya:Orang2 yg haram dinikahi. Seperti ibu, kakak, adik, nenek, kakek, bibi, paman, dsb. Bentuk yg benar dari 'Muhrim'  

15. Ma'had artinya adalah pondok pesantren.

16. Na'am. Artinya: "Ya atau Betul". Lawan dari 'Laa' yang artinya 'tidak'.  

17. Rukhshah. Artinya: Kemudahan/keringanan. Contoh: orang yang sedang bersafar mendapat rukhshah untuk tidak berpuasa.  

18. Tafaddhol. Artinya: Silakan. Contoh: "Tafaddhol masuk saja, gak usah malu2."

19. Zaujah. Artinya: Istri. (zaujati artinya suamiku, zaujah artinya istriku)

20. Zuwaj. Artinya: Menikah.  

ada juga La Tahzan, artinya 'jangan bersedih' (i do like this words :D), La sendiri artinya 'tidak'

atau Syukran yang artinya 'terima kasih'

Waiyyakum?? Hmm kurang lebih artinya 'sama-sama'

terus kalau ada yang menyapa dengan 'Kaifa haluk?' jawab saja dengan 'Khair" yang artinya 'Apa kabar?' 'Baik'

Kalau Umi sama Abi pasti udah tahukaann? :)

juga ada  yaitu baarakaLlahu (mendoakan kebaikan seseorang / kesuksesan / prestasi), sub pembagiannya : barakaLlah (smg Allah memberkahi). Bisa ditambah : fika (mu -lelaki-), fiki (mu -perempuan-), fikuma (mu -2 laki/2 perempuan-), fikum (mu -lelaki banyak/jamak-), fikunna (mu -perempuan banyak-). Tapi kalimat awal semua sama: barakaLla.. 

Eh kamu keder ngga?? :D jangan salah loh Bahasa Arab juga ada grammarnya, dan dari yang pernah aku dengar kosakatanya paling lengkap, jadi.. grammarnya agak2 perlu dikaji secara khusus :P

9 comments:

  1. Jazakillah atas info2 nya yaa :)

    ReplyDelete
  2. iya sama2 ya mba, eh waiyyaki ya ukhti :D

    ReplyDelete
  3. sekarang makin banyak saja lhooo, orang yang dalam kehidupan sehari hari memakai istilah istilah/ungkapan-ungkapan arab/muslim

    bahkan dilakukan oleh kawan kawan non muslim. barangkali sudah waktunya kata ungkapan itu diserap sebagai kata baru bahasa Indonesia :)

    ReplyDelete
  4. Iya bettul sekali, my chinese fren malah uda bisa bilang Lillahi Ta'ala hehe

    Hmm bs jg, apalagi dr yg pnah sy dengar Ind cuma mpunyai skitar 80.000 kata dlm kamus bahasanya..

    ReplyDelete
  5. Setahu sy "zaujati" itu istriku, kalau "zauji" baru artinya suamiku

    ReplyDelete
  6. Bukankah 'mabruk' adalah kata yg salah kaprah? Setau saya ada arti tsendiri dkm bhs arab. Cmiiw

    ReplyDelete
  7. mabruk artinya unta yg sedang atau akan duduk. mubarok yg betul. afwan

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)