Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

14.2.12

Belajar Qana'ah

Kemuliaan Qana'ah (Merasa Cukup Atas Apa Yang Ada)
 
Jawab quiz di bawah ini
1. Allah ciptakan tertawa dan...
2. Allah itu mematikan dan ....
3. Allah ciptakan lelaki dan ....
4. Allah memberikan kekayaan dan ....

Jawaban atas quiz itu pada umumnya adalah :
1. Menangis,
2. Menghidupkan,
3. Perempuan,
4. Kemiskinan.

Mari kita cocokkan jawaban tersebut dengan rangkaian ayat dalam QS Al-Najm [53]: 43 - 48 :

43. ... "Dialah yang menjadikan orang tertawa dan MENANGIS;"
44. ... "Dialah yang mematikan dan meng-HIDUP-kan;"
45. ... "Dialah yang menciptakan ... "LAKI_LAKI dan Perempuan;"
48. ... "Dialah yang memberi kekayaan dan KECUKUPAN."

Ternyata jawaban kita utk No. 1-3, umumnya cocok dengan Al-Quran. 
Tapi jawaban kita untuk no 4?
 
Jawaban versi Qur'an bukan "KEMISKINAN," tapi... "KECUKUPAN."

"Sesungguhnya Allah azza wajalla hanya memberi kekayaan dan kecukupan."
"Yang menciptakan kemiskinan adalah kita sendiri, manusia.
Bisa karena ekonomi, bisa juga karena rasa miskin itu kita bangun di dalam pikiran kita sendiri."

"Ayo bangun rasa cukup di hati dan pikiran kita, agar kita menjadi hamba yang selalu BERSYUKUR"

Qana’ah artinya merasa cukup atas apa yang ada. Orang yang qana’ah selalu gembira dan mensyukuri segala yang diberikan Allah kepadanya meski orang kebanyakan mungkin menganggapnya kecil sekali.

“Qanaah itu adalah harta yang tak akan hilang dan simpanan yang tidak akan lenyap”. (HR. Thabarani dari Jabir).

14 comments:

  1. saya selalu senang dengan blog seperti ini...
    Semoga kita semua menjadi oprang yang qanaah dalam menjalani hidup.
    btw salam kenal y mbak :)

    ReplyDelete
  2. Aamiin.. sama2.. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Subhanallah Alquran emang rumus canggih untuk kehidupan...

    ReplyDelete
  4. iya canggih banget sebenarnya, tergantung bagaimana kita mengaplikasikannya saja :)

    ReplyDelete
  5. sayangnya bnyk yang udah lupain Alquran. padahal itu pedoman penting..

    ReplyDelete
  6. Terima ksih buat tulisan'a
    karena menyadarkan kita tentang sebuah arti yg paling penting dalam kehidupan

    ReplyDelete
  7. ...Uzay Gingsull... : iya, padahal buka Al Qur'an itu enak banget deh, apa aja ada disana, dari sejarah yg baik sampe yg buruk.. dari peraturan kecil sampe yg besar

    Andy : sama2, tulisan anda juga2 bagus

    ReplyDelete
  8. Tulisan yang bagus, Mbak NF. Saya suka temuan di dalam Al-Qur'an bahwa sandingan dari kekayaan adalah kecukupan. Sangat mengena. :)

    ReplyDelete
  9. Amir Syafrudin : iya saya juga suka, bagus untuk diingat ketika kita sedang merasa 'miskin' materi :)

    ReplyDelete
  10. I LIKE IT !!!!

    Kesederhanaan is the best pokonamah. Mau orangnya se hebat apapun, se pintar apapun, se cakep apapun, kalau gak sederhanamah, lewaaaaaaatttt.... :-)

    ReplyDelete
  11. hanya kata Terima Kasih yang bisa aku tuliskan kpd mbk Nufadilah :')

    ReplyDelete
  12. Massya Allah,,,

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)