Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

27.12.12

Sufi dan Suku

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf, yaitu ilmu yang mendalami ketakwaan kepada Allah swt. Yang sebagaimana seperti berdzikir. (sumber : Wikipedia)

dan 

Suku adalah bagian dari sesuatu, misalnya: suku bangsa, suku dinas, atau suku cadang (sumber : Wikipedia, juga)

tapi

bukan kedua kata itu yang saya mau bahas. Melainkan Sufi alias Suka film dan Suku alias Suka buku. Hehehehehheheheh.

Saya memang sukaaa banget nonton film, biasanya hari Jum'at, pulang kerja. Kadang nontonnya di Blitz, sekalian memanfaatkan Tukar Point dari Telkomsel (Tukar 100 point dapat 1 tiket nonton). Dan akhir-akhir ini semakin banyak saja film yang diangkat dari novel.

  
LIFE OF PI

Film yang ini saya nggak pakai baca novelnya dulu, maklum nggak punya :D, tapi filmnya bagus, ada lucunya, sedihnya, agak-agak berfantasi dan... akhirnya happy end (dan langsung kepengen beli bukunya).



Cerita bermula dengan seorang anak India yang sedang mencari jati dirinya lewat cara mendekatkan diri pada Tuhan, agak lucu sih melihatnya menyembah dewa, shalat sekaligus berdoa kepada Jesus pada hari yang sama. Orang tuanya mengatakan kalau sebaiknya dia hanya fokus pada satu agama.

Bagian lucu lain adalah ketika ia mencoba membuat teman-temannya memanggilnya dengan Pi (baca: Pay). Nama aslinya sih Piscine Molitor Patel, sedangkan teman-teman memanggilnya dengan Pissin Patel. Siapa juga yang mau dipanggil Pissin :P

Cerita bergulir ke masalah yang sebenarnya, yaitu ketika ayahnya memutuskan untuk menjual kebun binatang milik mereka dan pindah ke Kanada. Naahh di kapal itulah terjadi tragedi yang mengubah kehidupan Pi. Kapal mereka terkena badai, terbalik dan menenggelamkan seluruh penumpang, termasuk kedua orang tua dan saudara satu-satunya, juga awak kapal dan binatang-binatang yang ingin mereka bawa ke Kanada. Pi yang saat itu tidak sedang tidur, mengetahui kedatangan badai tersebut, dan ia berhasil melompat ke sekoci. Bersama seorang awak lain, tapi kemudian awak itu pun terjatuh ke dalam laut. Tinggallah Pi, orang utan, zebra dan seekor hyena tutul di dalam sekoci. 

Tapi hyena itu buas, dia membunuh zebra yang sudah terluka, lalu berkelahi dengan orang utan. Ketika Pi hampir terancam oleh hyena tersebut, tiba-tiba keluarlah seekor harimau dari terpal yang tertutup. Harimau bernama Richard Parker. 

Dan bagian-bagian inilah serunya, bagaimana Pi harus bertahan hidup di lautan bersama seekor harimau yang mengincar, aaahh serruuu sayang ah kalau diceritakan di sini :P

Scene selanjutnya nonton saja sendiri heheheheheh.  

5 CM

Buku ini saya baca sekitar 4 tahun yang lalu, sudah lupa, jadi harus baca ulang biar nyambung pas nonton filmnya.



Di goodreads, banyak banget komentar miring tentang buku ini. Tapi saya tetap suka, walaupun banyak yang bilang kalau buku ini agak 'maksa', kebanyakan Quote (iya sih), kebanyakan lirik lagu (bagian ini saya lompati hehe), terus dibagian akhir yang agak... &$#%@$ :D

Tapi walaupun begitu pasti pada suka kan dengan Quote-nya 5 CM?

“Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. 

Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri..
 
Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa..
Keep our dreams alive, and we will survive..

[5cm]”

Yang paling saya suka dari film ini yaa pas bagian hiking-nya, keren banget ih Ranu Kumbolo, apalagi pas di Mahameru, Samudera di atas awan. Subhanallah. Sayang, bagian Kalimati kurang di explore. Terus ada juga bagian yang bikin mata berkaca-kaca, yaitu pas Ian tidak sadar gara-gara tertimpa batu pas menuju puncak (Bagian-bagian lain yang kurang sreg, seperti pakai jins atau yang lainnya diabaikan saja :D)


Selesai nonton waktunya makaan, sekalian bahas film yang tadi ditonton plus tukeran buku, sambil kipas-kipas, yang ternyata Mall itu sudah mati AC selama tiga hari. Pulang dalam keadaan hujan dan jalanan sudah tergenang. Ah sesuatu banget deh pokoknya ketemuan kemarin :)

Nonton 5 cm bareng Nay Belo, 
itu tuuhh yang udah nutup Blog

68 comments:

  1. waaaaaah, jadi mupeng pengen nonton... sayang nggak ada bioskop di Blangpidie -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaa, harus ke kota lain dong :(

      Delete
    2. Bukan cuma di Blangpidie di Banda Acehnya juga nggak ada kan bioskop kan mbak Milo :D #numpang nyambung.

      Delete
    3. waah jadi kalo mau nonton harus ke mana? :D *gpp nyambung tak majallah :P

      Delete
  2. photonya kembar ya : D
    nay belo itu tutup tah mbak blognya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu malah pas jadi film yang ketiga. kisah si kembar, haha..

      Delete
    2. agus : iya udah expired hehe

      pa zach : hmmm langsung menghayal, cari ilham :D

      Delete
  3. saya malah tertarik film yang pertama. kayak apa tu ada multi keyakinan seperti Mbak Nufa gambarkan. asli saya jadi pengin nonton.

    kalo yang film 5 cm, terlepas dari kontroversinya, saya lebih suka novelnya daripada filmnya. banyak dialog penting yang nggak terekspos di film (malah mendramatisir luka di kaki Juple yang di buku aja keliatan si penulis lagi bingung bikin tambahan cerita).

    kayaknya timnya ada yang kurang tuh. Bang Uzay absen atau yang motret?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah loh ke mana itu si Uzay yak :D

      Delete
    2. iya pak keren deh, tapi yg multi keyakinan itu cuma sebentar doang koq, abis itu ga dibahas lagi

      bukunya selalu lebih bagus dari filmnya ya pak, tapi yg saya suka ya itu pemandangan alamnya :)

      emang uzay diajak? :-s

      Delete
    3. Nggak :( Emang kalian siapa?

      Delete
  4. Ini lagi baca Life Of Pi :P

    Perjalanan penulisnya seru loh, pertama kali ke india. Tulisan sebelumnya mandek di toko buku blablablabla.. ternyata novel yang ini tahun 2001 terbitnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sempet ditolak di 4 penerbit... lagi2 bikin motivasi

      Delete
    2. Lagi-lagi diambil dari kisah nyata seseorang. Itulah fungsinya penulis, bisa mewujudkan kisah mereka abadi nggak cuma hilang begitu saja...
      Manteeeeep :)

      Delete
    3. yang bagian itu aku belum tau :D

      Delete
  5. pengen nonton film yg pertama. hmmm,....hrs hunting dvd'y nih. meski disini udh ada bioskop tp film2 yg tayang, agak2 gimana gt.

    *jadi aku mesti panggil apa.....hhhh [OOT]

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo huntiingg :)

      hmm... nufa? like others :)

      Delete
  6. 2 kata yang hampir sama namun sangatlah berbeda arti :D

    ReplyDelete
  7. ciyeee, yg abis nonton berdua nih.. hehe..
    :D
    seru jg ya kalo udh ketemuan tuh..
    blognya Nay expired? masa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru, sebelum ketemuan aja udah seru :)

      udah di delete sama nay

      Delete
  8. penjelasan film pertama cuma sepotong,
    pengen nonton pakai tukar point masih berlaku gak kak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis filmnya too good to be tell *ngarang :P

      wah gak tau ya, coba aja hari jum'at tapi blitz ya bukan XXI

      Delete
  9. Setelah lihat Trailernya, penasaran nonton filmnya Mbak, atau bukunya kayaknya lebih seru kalo ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukunya sepertinya jauh lebih seru :)

      Delete
  10. slamat siang met rahat sobat smbil liat2 vidio harimaunya heheh. trmksi dah berbagi sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. diliat doang? ga dibaca? baeklah gpp koq :D

      Delete
  11. Life of Pi kereeeen :D
    5CM Fedi Nurilnya ganteng fufufu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betuuullll kereennnn

      aku sih sukanya sama junot di film itu un, yg laen kaku beett hehe

      Delete
  12. Haha.. aku juga suka banget nonton film dan baca buku juga..
    Wah, setelah baca ini jadi tambah penasaran sama buku Life of Pi. Seminggu terakhir buku itu jadi peringkat satu di toko buku online. Sebaiknya baca bukunya dulu baru liat filmnya. :D
    kalo 5 cm aku udah baca bukunya tapi blm nonton filmnya. penasaran juga sama filmnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih? aaaakk mau bacaaa :)

      5cm filmnya yaa begitu itu hehe

      Delete
  13. wah Sufi.. berarti saya bukan sufi tapi suba alias suka baca.
    wah apa kabar si belo naya harun...
    dibuka lagi dong blog betawinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suba, ah tapi istilahnya enakan suku pak hehe

      kabarnya baik Alhamdulillah, udah ga mau tuh pak, rese tuh anak :P

      Delete
  14. Whiaheiheiiee SUFI dan SUKU hiehiehie. Kosa kata baru nih. Mantap kreasi ciptaannya. Menambah perbendaharaan bahasa nih hiehiheiehiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihiihihhi iya pak, xixixixiixixiixi

      Delete
  15. maaf, review ini ga saya baca karena berpotensi merusak kenyamanan saya saat akan menonton sendiri film2 ini huahahahahahahaha *ngakak kupukupu*

    btw, quote todaynya wokeh dokeh beuudz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mau nonton? beneran? awas ya kalo ga #lho

      Delete
  16. aku udah baca novel 5 cm, tapi kan tapi ngak terlalu penasaran sama filmnya :D malah penasaran sama film yang pertama.... kok bisa di sekoci barengan dengan para binatang mbak? sekocinya segede apa? trussss berapa lama bisa bertahan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cuma penasaran sama alamnya aja mbak, ternyata bagus beeuudd. awalnya sama 4 binatang itu tapikan akhirnya 3 binatang dimakan yang lain, tersisa Pi dan Richard Parker, keknya mereka 7 bulan deh di lautan *2 bulan lagi lahiran ya :P

      Delete
  17. 5cm ... aman, sudah tertonton ... LIFE OF PI ??? wew, blm kesampean ... :((

    ih .. quote nya kerenn abizzzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton dooonggg

      siapa keren? saya? makasih #eh

      Delete
  18. itu yang film pertama kayaknya bagus, mbak ...

    kalau film yang kedua, belum nonton.. baru mau nonton kalau mbak Nufa yang bayarin.
    hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baguuss, imajinasinya oke banget itu penulisnya

      aku udah nonton *alasan biar ga bayarin hehe

      Delete
  19. wew... enak banget nonton modalnya tukeran poin...
    aye bisa nonton berapa kali tuh *mupeng -__-

    pengen nunggu 5 cm di tipi aja ah #malasngantri bin #gamodal =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah sana nonton hehe

      hihi itu jawabanku kalo ada film Ind yg tayang di bioskop :)

      Delete
  20. 5 cm ternyata ada adegan yg syuting di studio loh... :D

    ReplyDelete
  21. saya jadi ketagihan nonton 5cm, ketularan ponakanku beserta gank imuetnya..hehe

    ReplyDelete
  22. kalo begitu saya seorang sufi dong...

    ReplyDelete
  23. weee...kena deh saia, kirai mau ngebahad sufi dan seluk beluknya, kemudian suku apa getu yg banyak komunitas sufinya.

    Keren deh, suka film dan suka buku..#TOS

    ReplyDelete
  24. mba nufa ternyata hobbi nonton film juga ya... :)

    ReplyDelete
  25. saya juga suka nonton film ... hhmm udah baca ceritnya jadi kepengan Nonton dah ,,, hehe ^_^

    ReplyDelete
  26. wah.. judulnya memang sangat menarik,
    sehingga jadi kepengen membacanya

    ReplyDelete
  27. wahhh...lebih asyik tu kalo nonton nya bareng-bareng...apalagi bareng ane...tapi gak ahh...kejauhan jalan nya...

    ReplyDelete
  28. ada link donlotnya ga ya filem 5cm, hahaha...
    lebih suka nonton di rumah dari hasil donlotan ketimbang ngantri dulu beli tiket buat di bioskop. wkwkwkw

    ReplyDelete
  29. wahh... mbk NF nih kutu buku n kutu film yaa...
    hampir sama kyak sya mbk. cm klo sya kutu busuk. wkwkwk
    ttg 5cm sya jg dah prnh baca bkuny n trus terang suka bgt!
    mulai dari kisah seruny persahabatan hingga kisah asmara yg silang menyilang. #istilahnya aneh ya? hhehe

    eh mbk, aku minta follbackny ya...
    pliss.. ya ya #ngemis :D

    ReplyDelete
  30. mantabh dah........
    cm aq blm ada yg nonton.....
    :)

    ReplyDelete
  31. dari dulu sampe saya memang selalu penasaran dengan 5cm, sebelum dibuatkan komik dan filmnya. tapi, tiap kali ke toko buku, selalu ragu2 untuk membelinya. sekarang malah dah ada filmnya T_T. saya tunggu film di tivinya aja dah. kayak Perahu Kertas kan mau ada di tivi.

    ReplyDelete
  32. stuju sih kalo novel 5 cm kbanyakan lirik+quote, but overall pesan yang disampein dalem, ngemotivasi banget! ;)

    life of pi?? belom nonton...belom rejeki kykny
    :p

    ReplyDelete
  33. knpa cuma 5cm yaa....hemmmm udah lama gak nonton juga gak baca-baca.......semangkaaaa

    ReplyDelete
  34. tetep 5cm menjadi favorit saya, quote nya keren keren banget, tapi sepertinya lebih bagus novelnya daripada filmnya..

    ReplyDelete
  35. Menambah pengetahuan ya..
    terimakasih..
    Berkunjung juga ya sesekali ke blog ku..

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)