Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

21.12.12

'Everlasting Words'

Setelah waktu itu saya posting tentang Kotak Draft saya yang banyak isinya, ternyata... nggak semua orang seperti saya *yaealah*. Rata-rata yang komen bilang mereka nggak suka nge-draft / bikin tulisannya di Mic. Word bukan langsung di blog / ada juga sih yang nge-draft kaya dirikyu *tooooss* tapi katanya nggak sebanyak saya *tutupmuka*, malah kata Pak Zach saiah inih hobinya koleksi draft *pandang sinis ke pak Zach hehe*, padahal ada loh yang lebih banyak dari saya, ituu Rohis Facebook sampe 643 draftnya :P

Dan setelah postingan itu ada beberapa sih yang sudah saya delete :D. Selebihnya masih sayang. Nah daripada disayang-sayang, mendingan saya post saja yaaa....


Seorang ahli bijak berkata, "Aku mencari sepuluh hal pada sepuluh tempat, ternyata aku memperolehnya pada sepuluh tempat yang lain, yaitu :
  1. Aku mencari ketinggian derajat dalam kesombongan, tetapi aku menemukannya dalam ketawadhu'an.
  2. Aku mencari puncak ibadah dalam shalat, tetapi aku menemukannya dalam sifat wara'.
  3. Aku mencari kesenangan dalam menumpuk harta, tetapi aku menemukannya dalam zuhud.
  4. Aku mencari pelita hati dalam shalat pada siang hari, ternyata aku menemukannya dalam shalat Tahajjud pada malam hari.
  5. Aku mencari cahaya penerang untuk hari kiamat dalam kedermawanan dan kemurahan hati, tetapi aku menemukannya dalam kehausan saat berpuasa.
  6. Aku mencari kemudahan untuk dapat melintasi sirath (titian surga) dengan cara berqurban, ternyata aku menemukannya dalam sedekah.
  7. Aku mencari keselamatan dari siksa neraka dalam hal yang diperbolehkan, ternyata aku mendapatkannya dalam menghindari keinginan hawa nafsu.
  8. Aku mencari kecintaan terhadap Allah dengan cara meninggalkan keduniaan, ternyata aku menemukannya dalam berdzikir.
  9. Aku mencari kesentosaan dalam bergaul dengan masyarakat, ternyata aku menemukannya dalam uzlah (pengasingan diri).
  10. Aku mencari cahaya hati dalam berbagai nasihat dan membaca Al Qur'an, ternyata aku menemukannya dalam bertafakur dan menangis di hadapan Allah pada malam hari."


Sufyan Ats-Tsauri berkata : "Orang fakir yang ridha dengan kefakirannya berarti telah memilih lima hal yang terpuji. Sedangkan orang kaya yang bangga (sombong) akan kekayaannya berarti telah memilih lima hal yang tercela.

Kelima hal terpuji pilihan orang fakir tersebut yaitu :
  1. Ketenangan jiwa
  2. Ketentraman hati
  3. Konsentrasi beribadah kepada Tuhannya
  4. Kemudahan dalam hisab (di akhirat)
  5. Derajat yang tinggi (di surga)
Adapun kelima hal tercela pilihan orang kaya itu :
  1. Kelelahan diri dalam memburu harta duniawi
  2. Menyibukkan hatinya dalam urusan duniawi semata
  3. Mengabdi kepada duniawi
  4. Kesulitan dalam hisab
  5. Derajat yang rendah"

Utsman bin Affan berkata :

1. Kesedihan dalam urusan dunia dapat menggelapkan hati.
2. Kesedihan dalam urusan akhirat dapat menerangi hati.
 

#Uhuk itu sebagian kecil dari isi Kotak Draft saya, semoga ada ibrahnya :D

Salam.

17 comments:

  1. isi draft saya yang di blog dhzblog.com ada 0, tapi yang di hazelniez.wordpress.com, nah itu baru ada banyak huauahaha..

    sipsip, kotak draftnya penuh hikmah dan ibroh.. pas dibagikan di hari jum'at yang penuh berkah, insya Allah :)

    ReplyDelete
  2. slamat'y sobat dah sudah mndapatkan 10 tempat. smga brtambah lgi tmpt nya heheh

    ReplyDelete
  3. #uhuk isi kotak drafnya bisa dijadiin renungan bersama itu :D

    ReplyDelete
  4. masya Allah..., barakallahu fiik....
    draft kayak gini nih yg dinamakan draft dibuang sayang... *smile

    ReplyDelete
  5. wihhh jadi ingat bahwa manusia tidak boleh sombong gan , , tentang 10 tempat yang didapatkan namun dengan cara berbeda

    ReplyDelete
  6. haha... iya. postingan 28 November ya Mbak? iya, habis asik banget Mbak Nufa nge-draft. keluarin dong, segera bagi ilmunya ke kita-kita. tu kan bukti banget, begitu dikeluarin, saya tak bisa tidak untuk harus membaca pelan2. kayak ngaji di sini. point banget Mbak. Mbak Nufa berpahala, saya juga. win-win banget kan. Ternyata pahala mudah didapat bukan?

    saya paling terkesan soal hisab di atas. ada kaum yang mudah ada yang susah dihisab. hihh saya jadi kepikiran. kepikiran yang positif. saya pengin mudah dihisab tapi saya nggak pengin jadi orang fakir. bisa kan.. aamiin.

    ReplyDelete
  7. Kesedihan dalam urusan dunia dapat menggelapkan hati. Saya setuju dah..

    ReplyDelete
  8. enak'a punya draft yg banyak begitu,ketika ide buntu ada backup yg bisa diposting ya mba. Diantara semua hal tercela & terpuji saya pribadi paling suka,dengan ketenangan jiwa yg tdk setiap orang miliki walau mereka sudah kaya

    ReplyDelete
  9. kalau aku belum ada yang tersimpan dalam draf.
    mencari kesepuluh hal itu terkadang sangat jauh tapi dekat

    ReplyDelete
  10. jadi heran... tulisan segitu bermanfaatnya koq sayang bgt mau dipublikasikan.. hingga tega2nya membiarkannya ber lama2 di kotak draft !..

    ReplyDelete
  11. ini sebagian kecil? bagiku ini udah sebagian besar qaqa...

    ReplyDelete
  12. aku mencari kasih sayang orang orang di sekeliling ku . tapi aku malah mendapat kan kasih sayang yang lebih dari Allah.

    ReplyDelete
  13. suka yg ini Kesedihan dalam urusan akhirat dapat menerangi hati.

    ReplyDelete
  14. segini dikit,..banyaknya kaya apa..hehehe

    ReplyDelete
  15. Masya Allah .. pingin deh mendapatkan ke5 hal terpuji itu .... terimakasih atas sharingnya yaa :)

    Eh, ada giveaway teman lho, ada di blogku postingannya
    *promo tulisan ni sebenarnya yaa hehehe*

    ReplyDelete
  16. kata-kata Sufyan Ats-Tsauri di atas bener2 masuk di Quantum Ikhlas :)

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)