Quote Me Today

Home is when u feel comfortable.


8.8.12

Pidato Pertama Khalifah Abu Bakar ra. - Omar Movie -

Assalamu'alaikum, 

Pagi Rabu, piye kabare?? masih puasa kan? Cuma mau share sedikit saja dari tayangan Omar pagi ini, ketika Khalifah pertama setelah wafatnya Rasulullah, yaitu Khalifah Abu Bakar As-Sidiq ra. berpidato di hadapan para sahabat dan kaum muslimin.

Pidatonya singkat tanpa teks, kira-kira begini bunyinya (as i noticed) : 

"Saudara-saudara, Aku telah diangkat menjadi pemimpin bukanlah karena aku yang terbaik diantara kalian semuanya, untuk itu jika aku berbuat baik bantulah aku, dan jika aku berbuat salah tegurlah aku. Sifat jujur itu adalah amanah, sedangkan kebohongan itu adalah pengkhianatan. 'Orang lemah' diantara kalian aku pandang kuat posisinya di sisiku dan aku akan melindungi hak-haknya. 'Orang kuat' diantara kalian aku pandang lemah posisinya di sisiku dan aku akan mengambil hak-hak mereka yang mereka peroleh dengan jalan yang jahat untuk aku kembalikan kepada yang berhak menerimanya. Patuhlah kalian kepadaku selama aku mematuhi Allah dan Rasul-Nya. Jika aku durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya maka tidak ada kewajiban bagi kalian untuk mematuhiku." *cmiiw* 

Dari pidato ini aku menangkap adanya sikap rendah hati, tidak merasa paling baik karena telah terpilih sebagai penerus Rasulullah. Demokratis karena mau di koreksi oleh rakyatnya dan tidak merasa one man show karena tetap membutuhkan orang lain. Berpegang teguh pada sendi-sendi agama yaitu berlaku jujur dan dapat dipercaya. Bersikap adil dan tidak dzalim dengan tidak memihak kepada satu pihak yang dianggap kuat menunjukan bahwa beliau bukanlah 'kaum oportunis' yang mencari aman demi sebuah jabatan. Dan dua kalimat terakhirnya itu ... Jleb banget kayanya ...

Hmm, jadi teringat sama pemimpin-pemimpin kita, ada tidak yaa yang pidatonya begitu?? Tidak usah dijawab deh ya hehe

52 comments:

  1. Subhaanallah...

    Benar-benar pemimpin yang bijaksana lagi berkharisma... pemilihan kata-kata yang dipilih dan makna yang terkandung mencerminkan Ilmu dan jalan pikirannya yang luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil tempaan 23 tahun oleh Rasulullah :)

      Delete
  2. betul sebaiknya pemimpin harus bisa menerima kritik dan masukan.. dan harus siap rela ditinggalkan kalau suatu hari hilaf melakukan kesalahan. contoh yang baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah harusnya sih begitu, tapi...... :D

      Delete
  3. kalau pemimpin kita sekarang mah beda jauh banget mba alias lembek & kagak punya cita2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kata aku sih, mereka ga lembek & ga punya cita2, justru sebaliknya, mereka kuat (buktinya tetap bisa bertahan) dan cita2nya besar, tapi masalahnya apa yang mereka tekadkan & cita2kan itu ga sejalan dengan yang dipimpin :)

      Delete
  4. kualitasnya terlihat dari ungkapannya ya Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh pak, ga salah kalau ada ungkapan yang menyatakan bahwa mereka adalah umat terbaik sepanjang masa, kita mah ga ada sekuku-nya :D

      Delete
  5. seorang teladan yang harus dicontoh

    ReplyDelete
  6. memang sudah seharusnya pemimpin itu bijaksana....
    beda dengan pemimpin kita yang keseringan galau....ups , tapi kita juga harus mendoakan para pemimpin kita supaya bisa menjadi teladan bagi rakyatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh, kalo mau flash back pemimpin itu juga kan dulunya rakyat, nah dulu waktu jadi rakyat biasa gimana??

      Delete
    2. Ha ha ha , betul mbak pemimpin itu dulunya dri rakyat ,yg pastinya pernah merasakan galau nya jd rakyat...tp sudah semestinya menjalankan apa yg diamanat kan pd nya , krna ia pernah ngerasain susahnya jd rakyat , jd merakyat lah..

      Delete
    3. maksudku gini, ketika rakyat udah tbiasa dgn korupsi kecil2an atau nyogok kecil2an itu akan mempengaruhi dia waktu dia jadi pejabat karena udah permisif dengan hal2 seperti itu, bisa jadi dia juga ga mikirin rakyat karena jabatannya sekarang dianggap 'penebusan' atas modal yang udah dia keluarkan untuk bisa jadi pemimpin, korelasinya dengan postinganku adalah Khalifah ga pake kampanye, which is ga ngeluarin modal, mereka juga dipilih karena backgroundnya bukan krn mengumbar janji, dan rakyat pun memilihnya atas dasar akhlak mulia bukan karena dikasih uang dsb.nya :)

      Delete
  7. Pemimpin yang rendah hati dan tidak membeda-bedakan adalah salah satu sosok Khalifah Umar. Nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, etapi ini yang pidato Khalifah Abu Bakar :)

      Delete
  8. Bener mbak, kemarin saya nonton pas beliau sedang berceramah :D
    Merinding disko dengernya, hehehe...
    Umar bin Khatab emang TOP d(^_____^)b
    Pemimpin kita??? Hmmmmm ada ga ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dikit aja ya tapi dalem :)...
      koq Umar ciiyy itukan Abu Bakar, tapi sahabat2 Rasulullah top semua koq :D...
      ada ga yaa???

      Delete
  9. hiks..hiks,.. udeh lama ketinggalan episod film ini, gare2 Nay saur kesiangan.. pidatonye subhanallah, hm.. klo pemimpin kite kayaknye.. kayaknye.. opss.. gak boleh di jawab ye #mingkem aje dah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya tidurnya jangan malem2 naayy, beli alarm yang banyak, 3 kek gitu biar kamu bisa bangun :D

      kayaknye ape yeee :P

      Delete
  10. iya bagus banget mba...sayang besok aq gak bisa lagi nonton MNC sambil sahur dirumah ... :(

    ReplyDelete
  11. sayang filmnya mepet sama waktu subuh, jadi ga nonton :(

    ReplyDelete
  12. subhanallah benar2 seorang teladan

    ReplyDelete
  13. WAH wah wah orangnya merendah hati tapi tegas dan penuh tanggung jawab,,,
    luar biasa,, ayo pemimpin ku teladani lah dia,,,

    ReplyDelete
  14. tampaknya presiden Mesir, Dr. Mursi, terinspirasi pidatonya Abu Bakar :')

    ReplyDelete
  15. Bijak Mana Umar sma abu bakar..hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abu Bakar orang yang lemah lembut, Umar bin Khattab orang yang tegas makanya julukannya Al Faruq, pembeda yang salah dan benar, bijak mana hayoo :)

      Delete
  16. aku hadir kembali untuk silaturrahmi sahabatku.. :)

    ReplyDelete
  17. beda sama bangsa kita, pejabat terpilih suka lupa sama rakyatnya :|

    ReplyDelete
  18. cukuplah jd cermin bagi kita semua jangan pernah menanyakan ada apa tidak pemimpin di Indonesia

    tp tanyakan pada diri masing masing masing adakah sifat itu pada kita
    kita sebagai pemimpin bagi adik, pemimpin bagi karyawan, anak, dan pemimpin bagi diri sendiri
    masihkah kita korupsi,,,walaupun itu waktu

    ReplyDelete
  19. Hі, everything is going nicеly hегe and οfcourѕe еvery one is ѕharing data, that's genuinely excellent, keep up writing.
    Also see my web page > www.prweb.com

    ReplyDelete
  20. Ηello to every body, it's my first pay a visit of this website; this blog consists of awesome and actually good material in support of visitors.

    Also visit my homepage - http://www.sfgate.com/business/prweb/article/V2-Cigs-Review-Authentic-Smoking-Experience-or-4075176.php

    ReplyDelete
  21. Ι hаvе read so manу poѕts οn the toρіс of
    the blοgger loνerѕ hoωever thiѕ articlе iѕ in fact
    a nicе pаragгaph, keеp it up.


    My blоg poѕt - Www.Prweb.Com/Releases/Silkn/Sensepilreview/Prweb10193901.Htm

    ReplyDelete
  22. Aw, this ωas an exceptionally gоod pοѕt.
    Τаking the time and actual еffоrt to produсe a goοd article… but ωhat саn I say… I hеѕitаte
    a whοlе lot аnԁ don't manage to get nearly anything done.

    my blog www.cbcampello.Com

    ReplyDelete
  23. І am гeally thаnkful to the holder οf
    thіѕ website whο hаs shaгеd this gгeat piece of writing аt аt this timе.


    Ηere is my wеbѕitе :: please click the next post

    ReplyDelete
  24. Ηaving read this Ι thought it ωas νery enlightening.
    I арpreciate you taking the time and effort to put this shoгt аrtіcle
    together. I once again fіnԁ mуself spending a
    significаnt amount οf time both reading anԁ leaving сomments.
    But so whаt, іt waѕ ѕtill worthwhile!


    Stop bу my ρage ... www.prweb.com

    ReplyDelete
  25. I loved as much as yοu'll receive carried out right here. The sketch is attractive, your authored material stylish. nonetheless, you command get got an shakiness over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.

    my web-site www.prweb.com

    ReplyDelete
  26. Mу friends anԁ I luv these e cigs

    my site; green smoke coupon codes

    ReplyDelete
  27. Excellеnt rеview I ѕtartеԁ out with
    Green Smokе аnd i have really alгeady been enjoying them.
    Thanκѕ!

    Reνieω mу weblog; http://www.thaigo.org/

    ReplyDelete
  28. The value of this products is really rational. Relying on your
    scanner, you may have to ability it on, or it may self-activate.



    My website :: http://eksitwit.com/jcow/blogs/viewstory/62575

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)