Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

16.8.11

Jilbab?? Penting atau tidak, budaya Arab atau bukan

Pakai Jilbab penting ngga sih?? "Ya pentinglaahh" "Ah ngga juga, biasa aja" "Hmmm penting ngga yaa...? &^%$#&@" kira-kira mungkin itu jawaban jika ada yang mempertanyakan seberapa penting pemakaian Jilbab, dan jawaban itu berdasarkan tingkat pemahaman terhadap hukum Islam.. So?? baca ini deh biar lebih menambah pemahaman... Kultwit Jilbab by @SangZundi

Baiklah saya akan men-twittkan tentang masalah jilbab. bagaimana #jilbabHaq itu? twitt2 Seperti apa dan bagiamana #JilbabHaq itu? bukanlah pendapat dan kepintara saya. sya hanya memindahkan catatn dari AlQuran n kitab2. Namun sbelumnya kita harus menyamakan persepsi dan sudut padang dahulu dalam membahas #jilbab ini.

Karena #Jilbab yg mjadi pkk bahasan ada dlm Islam. maka sudut pandang yg wajib dipakai a/ sudut pndang Islam (Al-Quran&Sunnah) bkn pendapat
1. Pertanyaan : apa itu #Jilbab? bgmana hukumnya? siapa saja yang terkena hukumnya? dan apa hikmah berjilbab?
2. Lalu apakah #Jilbab itu syariat (kewajiban) atau sekedar budaya saja? Apakah hanya org Islam yang diperntahkan berjilbab?
3. Mungkin itulah pertanyaan2 dan mungkin masih banyak lagi. Dan baiklah akan kita sama2 kupas semua pertanyaan itu.
4. Apa itu #Jilbab? nah, ini yang harus dikupas baik secara bahasa maupun syariat.
5.Karena jgn salah menafsirkan dan mengartikan spt kebanyakan org. jilbab = Kerudung. #Jilbab itu berbeda dengan Kerudung.
6. #Jilbab secara bahasa adalah kain (baju) yang panjang.
7. #Jilbab menurut syara adalah kain (baju) yang panjang yang menutupi aurat tubuh. yang longar dan tidak transfaran.
8. dr 2 pengertian td. jelas #Jilab itu tdk sama dgn kerudung. krn kerudung dlm lisan arab disebut himar. atau sekedar kain penutup kepala.
9. & scr Fungsi pun berbeda antara #Jilbab dan kerudung. jk kerudung hanya kain pntp kepala. semetara jilbab kain panjang yg menutup aurat.
10. & apa aurat itu? mar kita tinjau pula secara bahasa dan syar’inya.
11. Aurat secara bahasa berarti sesuatu yg rahasia. #Jilbab
12. Sedangkan Aurat scr syariat adalah bagian2 tubuh yang harus dilindungi (dirahasiakan) dr yang tdk berhak mengetahuinya (melihat).
13. Jd pengertian #Jilab scr uth a/ kain (baju) yg pnjang yang menutupi bagian2 tubuh yang hrs dirahasiakan (dilindungi) dr yg tdk berhak.
14. Lalu bagaimana hukum memakai #Jilbab? apakah memang benar wajib, atau sekedar anjuran saja?
15. Untuk masalah itu, kita tdk bisa karepe dewa (smw gw) menjatuhkan hukum #Jilbab. tdk bs hanya berdasarkan prasangka dan pemikiran kita
16. Krn dlm hal #Jilbab. kita bkn sdg membuat karang bebas. ini masalah Islam yg sdh diatur. dan Islam itu bkn karangan msg2 pribadi.
17. dgn kt lain dlm menghukumi #Jilbab, kita harus merujuk pd yg pny Islam (الله) dn yg menyampaikan Islam kpd seluruh umat
رسوالله محمّد) 18. & mrilah kita sama2 buka AlQuran kita. apakah benar ada ayat yg mebahas ataw memeritahkn #Jilbab?
19. Dlm AlQuran ada be2rapa ayat yang membahas #Jilab & Auratnya. namun akan kita kerucutkan saja. untuk masalah hukum jilbabnya lbh dahulu.
20. Ayat yang secara langsung menyebutkan perintah #Jilbab, terdapat pada surat Al-Ahzab (33) ayat 59 dan An-Nur (24) ayat 31.
22. prtama mari kita sm2 chek dlm Al-Quran suart Al-Ahzab ayat 59. agr kita sm2 tahu hukum #Jilbab ini dr Al-Quran bkn dr pribadi mana pun.
23. Dan sebetulnya dgn keterangan ayat tersebut semua pertanya #Jilbab yg sy sebutkan dlm point 1,2 dan 3 sd bs terjwb jk cermat.
24. bunyi ayat tersebut. “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu … (cont) #Jilbab.
25. … dan istri2 org mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan #jilbab nya Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…
26. Yg demikian itu spy mrk lbh mdh untk dikenal, krn itu mrk tdk diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. #Jilbab
27. dr keterang srt 33 ayt 29. kita bisa menarik banyak kesmpulan tntang #Jilbab. pertama masalah hukumnya.
28. untk masalah hukum #Jilbab. kita bs memperhatikn klmt “Hendaklah mrk mengulurkan Jilbabnya sampai ke dada mereka”.
29. dr kalimat tsbt kita mk bisa ditarik kesimpulan bahwa hukum #Jilbab adalah wajib atau mesti dan harus. dr mana tahunya?
30. klmt td adalah terjamahn dr klmt Arabnya :” يدنين عليهنّ من جلابيبهنّ” “Hendakalah mengulurkan #Jilbab nya sampai ke dada mrk”
31. Kalimat يدنين ”Hendaklah” adalah kalimat fiil mudhore namun dengan makna Amr (perintah) . #Jilbab.
32. Ralat terjemahan ayat : “bukan ke dada tp ke seluruh tubuh” yg lebih tptnya . maaf td Aby dtg dn manggil http://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/15.gif. #Jilbab.
33. Ok lanjt. dn dlm kajian ilmu ushul fiqih mnyatakan. AlAshlu fil amri lil wujub “Hukum Asal dlm perintah menunjukan untuk wajib” #Jilbab
34. dari situlah kt bisa mengetahui jk hukum dlm #Jilbab itu wajib. n semua ulama mn pun sepakat atas dalil n hukum itu. kcwl ulama Syetan!
35. jk kita bertanya dr mana kt tahu. klmt يدنين itu kalimat fiil mudhore dengan makna amr. yg akhirnya jthnya Hukum #wajib memakai #Jilbab.
36. Hal itu pun tdk seenak nya sendiri dgn logi dan perasaan sendir dlm menentukannya. smw ada disiplinnya #Jilbab. lalu dr mana twnya?
37. Ayt itu telah lebih dahulu dijelaskan oleh surat An-Nur ayat ke 31. #Jilbab
38. dlm ayat tsbt da kalimat “Jgnlah mnmpkn prhiasanmu kcwl apa2 yg bys nampak. & Hndklah mrk munutupkan kain kerudung hg ke dada. #Jilbab
39. dlm ilmu ushul fiqieh : setiap anjuran yg sebelumnya ada kalimat larangn. maka hukumnya mjd wajib. #Jilbab
40. dan setiap anjuran dlm bentuk fiil mudhore yg didahului kalimat Nahyu (larang) maka mudhore itu bermakna Amr (perintah).
41. jd begitulah kornologis scr disiplin ilmu bagaimana jatuhnya hukum #Jilbab menjadi wajib
42. setelah tahu hukum #Jilbab itu #Wajib. lalu siapakah yang diwajibkan berjilbab?
43. utk tw itu. kita kembali lagi ke surat Al-Ahzab (33) ayat 59 dan AnNur (24) ayat 31.#Jilbab
44. dlm permulaan srt 33 : 59 dgn jelas disebutkan. “Hai Nabi : Ktkanlah kpd Istri2mu, anak2mu, dan perempuan beriman …..”
45. dr situ dgn mudah kita bisa tahu syp yg diwajibkan ber #Jilbab itu. 1. Istri Nabi 2. Anak Nabi. dan 3. Seluruh perempuan yang beriman.
46. Jd stelah Syariat mwjibkan #Jilbab. bgymn menghukumi diri? back 2 person nya. mrs beriman tdk kpd الله . mk distulah kita mhukumi dr
47. Aah sy merasa “beriman” kok kepada Alloh. tp belum siap atw g cocok pakai #Jilbab(dgn berbeda2 alasan).
48. tunggu jgn terburu2. الله tlh memberikan kita petunjuk untuk permasalahan kita di point 47 td. jwbnnya ada dlm Surat 33 ayat 36. #Jilbab
49.tdklah ptt bg lk2 yg mukmin n pr yang mukmin, apbla Allah n RasulNya tlh mntpkn swt kttapan, kan da bg mrk plhn yg lain ttg ursan mrk
50. Inti keterangan ayat td, seorg yg beriman tdk akan mcri pilihan lain jika Alloh n RasulNya tlh menetapkan swt hukum. #Jilbab.
51. Lalu jika #Jilbab itu wajib hukumnya, apa Hikmahnya? krn Alloh menurukan hukum pd Hambanya pst ada Hikmahnya (efek kebaikan bg hamba)
52. Hikmah ber #jilbab lgsg Alloh jelaskan jg dlm surat 33 ayat 59 yg tlh kita bahas. Himahnya tpt di bagian tengah mejelang akhir ayat.
53. Hikmah #Jilbab a/ .” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu.”
54. Hikmah #Jilbab ada 2 dr keterangan ayat tsb. 1. Agar mudah untuk dikenal. 2. Agar tidak diganggu.
55. maksud Agar mudah dikenal adalah. mudahnya mebedakan mana pr yg beriman mana yg tdk beriman (kmbli kpd syp yg kena hkm wjb #Jilbab)
56. Maksud agr tdk diganggu a/, #Jilbab tu adalah swt cr untuk mlindungi pr dr bentuk kejahatan lk. dgn berjilbab mk ia akan terlindung.
57. Dr bentuk kejahatn otak (piktor) kejahatan mata, tangan, dan kejahatan kelamin.#Jilbab
58. Kita sdh sama2 tw, sngt jrg atw bhakn slt ditemukn klw. pr be #Jilbab diperkosa atau dilecehkan secara seksual,
59. krn bysnya yg jd korban perkosaan n pelecehan sxual adalh mrk yg tdk ber #Jilbab & mprton2kan kemolekan tbuhnya di dpn umum.
60. jd hikmah dsyariatkannya #Jilbab itu untuk melindungi pr itu sendiri dr kejahatn . masih ingatkan pesan bang Napi
61. KEJAHATAN BUKAN KRN ADA NIAT PELAKUNYA TP JG KRN ADA KESEMPATAN.#Jilbab.
62. Lalu masuk kepertanyaan selanjutnya. Apakah #Jilbab itu memang murni dsyariatkan dlm Islam atau hanya sekedar Budaya Arab saja?
63. Pr orientalis yg berkawan iblis tlh beruapaya mengaburkan hukum #Jilbab lewat celah ini. dgn menyatakan Jilbab hanya BUDAYA ARAB saja
64. Nah kt jgn mau disesatkan dgn pernyataan itu. krn kita bisa meninjaunya secar dalil dr keterangan Ayat yg singkron dgn histori #Jilbab
65. Scr Histori memang benar #Jilbab sudah ada di Arab sblm disyariatkan oleh Islam. tp Jilbab budaya Arab n Jilbab yg di Islam itu BEDA!
66. Di mana bedanya? Bedanya ada dicara memakai dan fungsi #Jilbab itu sendiri.
67. #Jilbab yg budaya Arab hny sekdar kain panjang yang sdkt melingkar di kepala lalu melilit di leher. (spt di INA yg nutup rambt aja)
68. sementara #Jilbab yang disyariatkan dlm Islam a/ Kain panjang yang mengulur dan menutup aurat2 tubuh. hal itu sdh jls dlm srt 33:59 td
69. Perhatikn klmt dlm QS 33:59, “Hendaklah mrk mengulurkan #Jilbab mrk ke slrh tbh mrk”. apa yg bs kita cermati dr klmt itu?
70. Artinya #Jilbab sebuah budaya Arab (yg hanya melingkar di kepala).& Islam mensyariatkan bentuk #Jilbab yg beda (yg menutup slrh aurat)
71. jd dengan Tegas & Jelas, #Jilbab yg ada di Islam bukan BUDAYA ARAB! karena memang beda dr segi funsi & cr pakainya.
72. Ooh kalau begitu Islam cuma ikut2n Budaya Arab dan sedikit memodifikasinya untuk masalah #Jilbab
73. Itu pertanyaan yg lucu dan tdk berilmu. dan tidk mau meninjau jauh scr historis & sbg nya. #Jilbab.
74. Cb kita berfikir. dr mn Budaya Arab dlm mslh #Jilbab itu? apa benar hanya org2 arab saja yg punya budaya jilbab (kain pjg/ penutup kpl)
75. Karena sebuah budaya skcl apa pun pasti ada asul usulnya. lalu budaya #Jilbab Arab drmn asalnya?
76. mari kita flash back jauh kebelakang untuk tahu bgmn org2 Arab bisa punya BUDAYA #Jilbab. kita mlai dr dr mana asal ushul org Arab
77. Jazirah Arab tdnya hnya mrpkn daerah tandus tanpa penghuni. Lalu Ibrahim mbw Hajar istrinya & Ismail pindah dr Mesir k sana. #Jilbab.
78. Jd Asal bangsa Arab a/ dr anak keturan Nabi Ibrahim & Ismail. yg kt smw tw bhw mrk a/ Nabi Alloh. yg hdp lurus dlm petunjuk. #Jilbab
79. jd budaya org Arab dimulai dr beliau. begitupun dgn budaya #Jilbab bangsa Arab. asalnya dr zaman Nabi Ibrahim pula
80. Intinya #Jilbab yg budaya org Arab itu, asalnya jg syariat dr Alloh yang diajarkan kepada Nabi Ibrahim & Ismail serta kpd umatnya.
81. jk awalnya sm2 dr Alloh knp #Jilbab yg Budaya Arab(brasal dr Ibrahim), berbeda dgn#Jilbab yg ada dlm Islam? apa Alloh membeda2kan?
82. Jwbnya, TIDAK! krn #Jilbab yg ada di Islam & yg disyariatkan kpd Ibrahim itu sama. Lalu kenapa Berbeda ktk jd budaya Arab?
83. jd berbeda ktka mjdi budaya Arab, karena sebuah distorsi dan pergeseran fungsi awal, akibat dr rentang waktu yg ckp panjang. #Jilbab.
84. Dan Syariat #Jilbab yg dbawa Nabi Ibrahim yg tlh mengalami distorsi (jd budaya Arab) itu. dilurskan kmbali o/ ajaran Islam.
85. Jd simpulnya bkn #Jilbab dlm Islam yg meniru Budaya Arab. Namun Budaya Arab-lah yg tlh slh mengaplikasikan jilbab (dr syariat Ibrahim)
86. dan bukan #Jilbab Islam berasal dari budaya Arab. tp Budaya Arab berasal dr warisan Syariat Ibrahim (dr Alloh). & Islam dtg meluruskan.
87. Sebetulnya ada bkt lain untk menyangkal kaum orintalis yg menyatakan #Jilbab itu murni budaya Arab.
88. yaitu kita bs melihat ke Biarawati Nasrani n org Yahudi (yg religius). mrk jg mengenakan kain penutup ke seleurh tubhnya (rapi). #Jilbab
89. jd apa benar pakain yg sngt mirip #Jilbab yg dipakai biarawati n yahudi itu jg budaya Arab? Jelas tdk!
90. Kalau begitu. Jelas sudah perkataan orientalis yg menyebut #Jilbab itu budaya Arab. salah & sdh terpatahkan olh bukti nyata dan sejarah.
91. Lalu knp biarawati Nasrani n Yahudi religius itu jg mengenakan Pakaian yg sangat mirip dgn #Jilbab
92. Jwabnya : karena mrk jg diperintahkan oleh Alloh lwt Nabi2 mereka. bknkah k3 agama ini sama2 Agama samawi. #Jilbab.
93. Kita pun bs dgn ykn menyatakan bhw “ #Jilbab itu Syariat bukan Budaya bangsa mana pun”. dn bkn hanya ada di Islam.
94. Karena org Nasrani yg religius (biarawati) & Yahudi yg religius pun memakai #Jilbab(mirip). mk bgtu jg dgn muslim yg religius.
95. Nah jd selesaikan masalah apakah #Jilbab itu budaya atau bkn? apakah hanya ada Islam? bgt jg dgn hukum & pengertiannya.
96. Kesimpulannya #Jilbab itu syariat untuk mnutup aurat yg wajib dilaksanakn olh org beriman.
97. Lalu seperti apa #Jilbab yg benar menurut Islam dan mana saja aurat yg harus di tutup?
98. #Jilbab yg yg benar yg disyariatkan Islam adalah yg sprt dlm QS 33:59 , 24:31 dan sesuai dgn keterangan Nabi Muhammad Saw.
99. Yaitu. Pakian panjang yg menutup smw aurat, yang longgar (tdk ngepres n nyetak lekuk tubuh pkaiannya), dan tdk transfaran. #Jilbab 100. Bagian tubuh mana saja yg termasuk aurat dan harus ditutp dgn #Jilbab itu?
101. Yg termasuk aurat wanita adalah seluruh tubunya, kecuali muka dan telapak tangannya. #Jilbab
102. Jd smw anggota tubuh PR harus ditutp dgn #Jilbab kcwli muka dan telapak tangan saja.
103. itu berdsarkan Ucapan Nabi Saw :”Apabila sorg Pr sudah haidh mk tdk blh memperlhtkan dirinya, kcwl muka & telapak tangannya.” #Jilbab
104. hadits td bisa twiity chek di kitab Sunan Abu Daud bab Sholat, pd sub Syarat syah sholat. (bab Haidh jg ada di kitab lain) #Jilbab
105. kesimpulannya muka dan telapak tangan Pr itu tdk aurat. adapun be2rapa org bercadar., nanti akan dibahas pd ksptn lain.#Jilbab.
106. Seperti itulah penjelasan tentang #Jilbab yg saya baca dr Al-Quran dan Sunnah Nabi (Hadits) yg terdapat diberbagai kitab.
107. Terakhir, untuk semua saudaraku yg PR, marilah tutp aurat dgn #Jilbab yg sempurna. & Semoga Alloh senantiasa merahmati kita smw.
108. krn sungguh #Jilbab itu bkn bentuk diskirminasi, pengekangan, pembatasan dan beban untuk wanita wahai saudaraku.
109. #Jilbab a/ kash syg Alloh untuk x-an whai saudaraku. Alloh ingin menjagamu, melindungi dan meninggikan derajatmu.
110. Krn x-an begitu berhaga dan mulia wahai saudara PR ku. Hingga Alloh dgn khusus menjagamu dgn syariat #Jilbabnya.
111. Krn tubuh suci berharga dan agung nilainya hingga tdk blh smbrg org melihat & menjamahnya. Alloh lindungi dgn #Jilbab
112. krn begitu banyak yg menginginkanmu, maka Alloh lindungi dirimu dengan#Jilbab.
113. Bgai sbuah permata berharga nan mulia, yg terlidung dlm kaca, berbalut sutra. tdk smbrg org bs menyenthnya. itulah engkw dgn #jilbab
114. S-X lg! sungguh #Jilbab itu memuliakanmu, melindungi dan meninggkan derajatmu wahai saudaraku.
115. Dgn #Jilbab, engkau lebih mulia dr pr bida2ri penghuni surga. Engkau lebih cantik nan eksotik dr sgl ciptain yg terbaik
116. & dengan #Jilbab, engkau akan menjadi harta yang paling berharga dibandingkan dgn dunia segala & segala isinnya.
117. Enkaulah wanita sholehah itu, tiangnya negri dan agama, engkau pencetak generasi penerus bangsa. #Jilbab الحمد لله


dengan ini kultwitt #Jilbab selesai sudah. semga ada manfaat yg bs dipetik. dan mohon maaf kpd yg merasa terganggu TL nya.


Smw yg bnr itu bkn hsl kepintaran dan kaya saya. namun semata2 fadhilah Alloh. sm yg salah & tdk sesuai a/ kealfaan sy sbg manusia #Jilbab

4 comments:

  1. Aku nggak pakai kerudung.
    Katanya kerudung itu buat identitas agama, kalau agamaku ga diketahui orang lain, juga gapapa kok xD

    ReplyDelete
  2. Eh ada Una.. terima kasih uda mau mampir.. ;)

    ReplyDelete
  3. Busana Ratu Inggris, menurut Buya HAMKA (Ketua MUI ke-1, Tokoh Ulama Besar Muhammadiyah), adalah pakaian yang sopan dan menutup aurat

    "orang puritan sebagai mayoritas di Muhammadiyah ... Jilbab bukan sesuatu yang wajib ..."

    www.academia.edu/7216467/100_Tahun_Muhammadiyah

    "Jika mau jujur dan mau membaca, pada zaman Kalifah Umar Bin Khatab seorang budak perempuan kedapatan mengenakan jilbab. ‘Umar pun marah besar dan melarang seluruh budak perempuan untuk memakai Jilbab.

    Lebih jauh lagi pelarangan Umar itu diungkapkan lebih eksplisit dalam kitab Al-Mughni Ibnu Qudamah."

    http://mojok.co/2014/12/jilbab-rini-soemarno-dan-khalifah-umar

    "Anda pernah lihat foto istri Ahmad Dahlan, istri Hasyim Asy’ari, istri Buya Hamka, atau organisasi Aisyiyah? Mereka pakai kebaya dengan baju kurung, tidak memakai kerudung yang menutup semua rambut, atau pakai tapi sebagian.

    Begitulah istri-istri para kiai besar kita. Apa kira-kira mereka tidak tahu hukumnya wanita berjilbab? Pasti tahu.

    Sebagaimana diketahui, soal pakaian wanita muslimah, para ulama berbeda pendapat setidaknya ada tiga pandangan.

    Pertama, seluruh anggota badan adalah aurat yang mesti ditutupi.

    Kedua, kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

    Ketiga, cukup dengan pakaian terhormat."

    http://m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,4-id,61063-lang,id-c,kolom-t,Quraish+Shihab+dan+Islam+Nusantara-.phpx

    "... di kalangan jumhur ulama -- ulama arus utama -- masih terdapat khilafiyah, perbedaan pendapat tentang apakah rambut perempuan itu 'aurat'.

    Banyak ulama memandang rambut sebagai aurat sehingga perlu ditutup.

    Tapi banyak pula ulama yang berpendapat rambut bukan aurat sehingga tak perlu ditutupi.

    Sebab itu, menjadi pilihan pribadi masing-masing Muslimah mengikuti salah satu pendapat jumhur ulama: memakai, atau tidak memakai jilbab."

    http://m.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,4-id,48516-lang,id-c,kolom-t,Polwan+Cantik+dengan+Berjilbab-.phpx

    Kerudung dalam Tradisi Yahudi & Kristen

    "bagi wanita Yahudi saat bepergian keluar rumah yaitu mengenakan penutup kepala yang terkadang bahkan harus menutup hampir seluruh muka dan hanya meninggalkan sebelah mata saja.

    Dalam bukunya tersebut ia mengutip pernyataan beberapa Rabbi (pendeta Yahudi) kuno yang terkenal: "Bukanlah layaknya anak-anak perempuan Israel yang berjalan keluar tanpa penutup kepala" dan "Terkutuklah laki-laki yang membiarkan rambut istrinya terlihat," dan "Wanita yang membiarkan rambutnya terbuka untuk berdandan membawa kemelaratan."

    Hukum Yahudi melarang seorang Rabbi untuk memberikan berkat dan doa kepada wanita menikah yang tidak menutup kepalanya karena rambut yang tidak tertutup dianggap “telanjang". Dr Brayer juga mengatakan bahwa "Selama masa Tannaitic, wanita Yahudi yang tidak menggunakan penutup kepala dianggap penghinaan terhadap kesopanannya."

    http://mediaumat.com/kristologi/1901-41-kerudung-dalam-tradisi-yahudi-a-kristen.html

    "KH. Agus Salim, dalam Kongres Jong Islamieten Bond (JIB) tahun 1925 di Yogyakarta menyampaikan ceramah berjudul Tentang Pemakaian Kerudung dan Pemisahan Perempuan

    Tindakan itu mereka anggap sebagai ajaran Islam, padahal, menurut Salim, praktek tersebut adalah tradisi Arab dimana praktek yang sama dilakukan oleh Agama Nasrani maupun Yahudi."

    http://www.komnasperempuan.or.id/2010/04/gerakan-perempuan-dalam-pembaruan-pemikiran-islam-di-indonesia

    Terdapat tiga MUSIBAH BESAR yang melanda umat islam saat ini:

    1. Menganggap wajib perkara-perkara sunnah.
    2. Menganggap pasti (Qhat'i) perkara-perkara yang masih menjadi perkiraan (Zhann).
    3. Mengklaim konsensus (Ijma) dalam hal yang dipertentangkan (Khilafiyah).

    -Syeikh Amru Wardani. Majlis Kitab al-Asybah wa al-Nadzair. Hari Senin, 16 September 2013.

    http://www.suaraalazhar.com/2015/05/tiga-permasalahan-utama-umat-saat-ini.html

    ReplyDelete
  4. berikut adalah kutipan Tafsir Al-Azhar Buya HAMKA (selengkapnya lebih jelas dan tegas dapat dibaca pada Tafsir Al-Azhar, khususnya beberapa Ayat terkait, yakni Al-Ahzab: 59 dan An-Nuur: 31):

    'Nabi kita Muhammad saw. Telah mengatakan kepada Asma binti Abu Bakar ash-Shiddiq demikian,

    "Hai Asma! Sesungguhnya Perempuan kalau sudah sampai masanya berhaidh, tidaklah dipandang dari dirinya kecuali ini. (Lalu beliau isyaratkan mukanya dan kedua telapak tangannya)!"

    Bagaimana yang lain? Tutuplah baik-baik dan hiduplah terhormat.

    Kesopanan Iman

    Sekarang timbullah pertanyaan, Tidakkah Al-Qur'an memberi petunjuk bagaimana hendaknya gunting pakaian?

    Apakah pakaian yang dipakai di waktu sekarang oleh perempuan Mekah itu telah menuruti petunjuk Al-Qur'an, yaitu yang hanya matanya saja kelihatan?

    Al-Qur'an bukan buku mode!

    Islam adalah anutan manusia di Barat dan di Timur. Di Pakistan atau di Skandinavia. Bentuk dan gunting pakaian terserahlah kepada umat manusia menurut ruang dan waktunya.

    Bentuk pakaian sudah termasuk dalam ruang kebudayaan, dan kebudayaan ditentukan oleh ruang dan waktu ditambahi dengan kecerdasan.

    Sehingga kalau misalnya perempuan Indonesia, karena harus gelombang zaman, berangsur atau bercepat menukar kebaya dengan kain batiknya dengan yurk dan gaun secara Barat, sebagaimana yang telah merata sekarang ini, Islam tidaklah hendak mencampurinya.

    Tidaklah seluruh pakaian Barat itu ditolak oleh Islam, dan tidak pula seluruh pakaian negeri kita dapat menerimanya.

    Kebaya model Jawa yang sebagian dadanya terbuka, tidak dilindungi oleh selendang, dalam pandangan Islam adalah termasuk pakaian "You can see" juga.

    Baju kurung cara-cara Minang yang guntingnya sengaja disempitkan sehingga jelas segala bentuk badan laksana ular melilit, pun ditolak oleh Islam.'

    (Tafsir Al-Azhar, Jilid 6, Hal. 295, Penerbit Gema Insani, Cet.1, 2015)

    MENGENAL (KEMBALI) BUYA HAMKA

    Pendiri/Ketua Majelis Ulama Indonesia: Buya HAMKA
    mui.or.id/tentang-mui/ketua-mui/buya-hamka.html

    Hujjatul Islam: Buya HAMKA
    republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/04/12/m2clyh-hujjatul-islam-buya-hamka-ulama-besar-dan-penulis-andal-1

    Biografi Ulama Besar: HAMKA
    muhammadiyah.or.id/id/artikel-biografi-pujangga-ulama-besar-hamka--detail-21.html

    Mantan Menteri Agama H. A. Mukti Ali mengatakan, "Berdirinya MUI adalah jasa Hamka terhadap bangsa dan negara. Tanpa Buya, lembaga itu tak akan mampu berdiri."

    kemenag.go.id/file/dokumen/HAMKA.pdf

    "Buya HAMKA adalah tokoh dan sosok yang sangat populer di Malaysia. Buku-buku beliau dicetak ulang di Malaysia. Tafsir Al-Azhar Buya HAMKA merupakan bacaan wajib."

    disdik.agamkab.go.id/berita/34-berita/1545-seminar-internasional-prinsip-buya-hamka-cermin-kekayaan-minangkabau

    "Antara Syari'ah dan Fiqh

    (a) menutup aurat itu wajib bagi lelaki dan perempuan (nash qat'i dan ini Syari'ah)
    (b) apa batasan aurat lelaki dan perempuan? (ini fiqh)

    Catatan: apakah jilbab itu wajib atau tidak, adalah pertanyaan yang keliru. Karena yang wajib adalah menutup aurat.

    Nah, masalahnya apakah paha lelaki itu termasuk aurat sehingga wajib ditutup? Apakah rambut wanita itu termasuk aurat sehingga wajib ditutup? Para ulama berbeda dalam menjawabnya."

    *Nadirsyah Hosen, Dosen Fakultas Syariah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

    luk.staff.ugm.ac.id/kmi/isnet/Nadirsyah/Fiqh.html

    *bila kelak ada yang berkata atau menuduh dan fitnah Buya HAMKA: Sesat dan menyesatkan, Syiah, Liberal, JIL, JIN, SEPILIS atau tuduhan serta fitnah keji lainnya (hanya karena ijtihad Beliau mungkin tidak sesuai dengan trend/tradisi saat ini), maka ketahuilah dan ada baiknya cukupkan wawasan terlebih dahulu, bahwa dulu Beliau sudah pernah dituduh sebagai Salafi Wahabi (yang notabene identik dengan Arab Saudi). "Teguran Suci & Jujur Terhadap Mufti Johor: Sebuah Polemik Agama" #HAMKA #MenolakLupa

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)