Quote Me Today

Musibah yang kamu rasakan hanya seujung kuku, nikmat yang kamu dapatkan seluas samudra.

21.11.16

Tips Untuk Karyawan Baru

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Haihaihai kalian apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan baik-baik saja dalam lindungan Allah SWT yaa... Aamiin. 

Sebagai karyawan yang (sudah) bekerja tiga bulan di BMS saya punya tips untuk kalian yang baru bekerja atau mau bekerja, tipsnya antara lain :
  • One step ahead 
Ya namanya juga bos pasti banyak perintahnya dan sebagai anak buah kita harus turutin apa mau beliau itu tapi kita jangan stuck di apa yang dia suruh, kita harus selangkah lebih maju. Misalnya begini : 
Bos : "Coba tolong kamu cek di gudang barang A ada apa ngga?"
Kamu : "Ngga ada bos." jangan berhenti sampai di sini, lanjutkan dengan, "adanya B, C, G" 
jadi kamu tidak menunggu sampai dia bertanya, "adanya apa?" 
  • Apologize 
Setuju ya bahwa manusia tempatnya salah dan dosa dan khilaf dan lupa, jadi wajar kalau kita pun melakukan kesalahan di tempat kerja, apalagiii sebagai anak baru hihi. Takut dimarahi ketika salah itu pun manusiawi, jadii minta maaf dan mengakui kalau sudah berbuat salah pun itu harus. Dan cara yang menurutku lumayan ampuh agar bos tidak terlalu marah adalah dengan kita merendah. Pasanglah wajah memelas-menyesal-takut diomeli-suara menghiba-dan mungkin sedikit ingin menangis ketika kamu melapor ke bos mu, dijamin beliau nggak akan marah, yah gimana mau marah wong kamu aja sudah pasang tampang begitu hehe and don't forget to say sorry.
  • Pay attention
Berikan perhatian penuh ketika bos mu berbicara, jangan menyela atau memasang mimik yang kurang pantas. Well sebenarnya ini berlaku kepada siapa saja sih, baik di dalam hubungan pekerjaan maupun sehari-hari, bahkan Rasulullah tidak hanya menolehkan kepala ketika seseorang berbicara kepadanya melainkan berbalik badan menghadap ke orang tersebut.
  • Be humble
Mungkin sebelumnya kamu dikenal dengan 'ibu tiri' atau 'si galak' atau 'si jutek' so on tapiii sebagai anak baru baiknya kamu tinggalkan dulu tandukmu di rumah and put your hallo. Tahu hallo kan? Itulooh ring yang biasanya ada di atas kepalanya angel hehe.
  • Don't be a smart a*s
Kamu tidak perlu show off kepada teman-teman barumu bahwa kamu pintar, punya pengalaman segudang atau versatile a.k.a bisa melakukan apa saja, karena orang-orang yang baru kamu kenal tidak akan suka dengan orang yang suka pamer, let it be saja toh nanti akan terlihat juga kalau kamu itu benar-benar pintar dan bisa bekerja atau tidak.

Selain itu jangan segan-segan mengeluarkan pendapat/terobosan/format yang lebih efektif serta mengetahui visi misi perusahaan. Hmm... apalagi ya, mungkin garis besarnya seperti itu agar kamu menjadi karyawan baru yang menyenangkan dan bos tidak menyesal meng-hire kamu hihi. 

One thing that we have to remember that... bekerja pasti ada senang dan susahnya because every jungle has its own trouble, don't just focus on the problem but how to solve.

/nufa
 

13 comments:

  1. Sdh bkn karyawan tp tetep bs dipraktekin

    ReplyDelete
  2. Oke nanti dibilangain kalo saya udah punya karyawan :)

    ReplyDelete
  3. untungnya waktu saya jadi karyawan baru ada teman saya, setidaknya saya bisa dibantu olehnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah enak kl ada teman yang mau bantu tp kalo karyawan lamanya cuek semua pasti jd ga nyaman :)

      Delete
  4. Replies
    1. saya mba, tapi mana yah miminnya hihi belum muncul kayaknya

      Delete
    2. makasih yah uda pada main, yuk dimakan kue nya hehe

      Delete
  5. Kalau dirangkum intinya beradaptasi,mendengarkan, ramah dan kreatif. Jangan berlagak sok tahu dan berpengalaman. Biar tidak dijauhi teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm boleh juga rangkumannya :D

      Delete
  6. tau diri dan sabar intinya mah hehe

    ReplyDelete

leave ur track so i can visit u back :)