Quote Me Today

Wahai diri akan dibawa kemana kaki ini nanti? Ke arah onak berduri atau hamparan indah yang menyenangkan hati?

28.12.16

SMS HALAL MUI

Hayooo ngaku siapa di sini yang suka bingung, bertanya-tanya sambil garuk-garuk kepala karena suatu makanan yang sudah halal atau belum? :D

Hari gini yah jenis makanan itu buanyaaaakkk binggo sampai nggak ada habisnya untuk dimakan, mungkin karena uang yang terbatas lah makanya kita juga membataskan diri untuk membeli semua makanan itu hehe... Eh tapi nggak juga ya, selain keterbatasan dana tentulah Halal Haram menjadi pertimbangan kita dalam membeli makanan/minuman. Dan keterbatasan info membuat kita ragu which is good karena itu berarti kita bersifat Wara' atau berhati-hati. 

Bagi yang suka kuliner tentunya agak ribet kalau setiap ingin membeli sesuatu harus tanya dulu ke Mbah Google dengan mengetik "kue anu halal atau tidak?" Belum tentu yang dicari ada di google, okelah ada tapi belum tentu (lagi) infonya akurat, mau cek image mencari logo halal pun akan wasting time, keburu laper kalo kata orang yang pragmatis mah hehe.

Naahh untuk ituu MUI memberikan layanan SMS yang gampang banget and cepat, cukup kamu sediakan pulsa Seribu Rupiah :D. Caranya tinggal ketik 'Halal spasi (nama resto/brand yang ingin kamu tanyakan) kirim ke 98555, seperti contoh di bawah ini :

Di mana pun berada kamu tinggal SMS aja, gampil...

Lihat iklan BK yang sedang promo? SMS dulu...


Atau ada yang bawain kamu oleh-oleh, cek dulu juga sebelum dimakan...
Asyik kaann, yuk ah pelan-pelan mengurangi makanan yang belum Halal, karena haram itu akan mempengaruhi kejiwaan kita loohh (eh berat ye istilahnya :p), maksudnya adalah kalau kita makan yang haram kita tuh jadi malas beribadah, ada efek sampingnya dan juga salah satu faktor nggak terkabulnya doa.

Memang siih agak susah, pertama abang-abang bakso atau siomay yang lewat itu belum tentu berlisensi... kalau yang ini mah Wallahu'alam deh habis bagaimana dong jajanan gerobak/warung rumahan itu enak sih hehe. kedua, menolak pemberian makanan di lingkungan heterogen juga kadang agak sulit ya, tapi sebenarnya bisa kok kan kita bisa speak up dengan cara yang tetap santun, mereka tentu akan mengerti. Sebaliknya kalau mereka mencibir ya biarkan saja toh nggak semua kebaikan langsung mendapat feed back yang baik.

The most important is kita pribadi sudah berusaha untuk mengurangi makanan/minuman ala-ala barat yang belum jelas apakah salah satu bahannya dari babi (gelatin, lemak, emulsifier), rum, arak, alkohol etc :)

Biar aman cari yang ada logo ini ajah ^,^

 

4 comments:

  1. Kalo gak ada di daftar MUI apakah gak halal? *bngung

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga, bebearapa produk di supermarket juga ada yang masih belum memiliki atau menggunakan label MUI

      Delete
    2. @eksak Kalo gak ada di daftar MUI apakah gak halal? <<-- belum tentu, label HALAL dari MUI itu kan jaminan bahwa produk tersebut sudah melalui proses pengecekan kehalalan, daaan belum semua penjual mendaftarkan dirinya untuk disertifikasi, entah krn terkendala biaya atau pengurusan dsb, tapi sebagai muslim akan lebih baik kalau kita bersikap wara', jangan lupa kalau di antara haram dan halal itu ada perkara syubhat :)

      kalau untuk Indonesian food seperti pecel ayam, soto betawi, es doger, gorengan sih saya ok tapi untuk ala western seperti wagyu steak, lamb shank, es krim B&R.. Hmm cek dulu :D

      Delete
    3. @Kreasikan Group... kl saya mending ga usah beli, ada tuh yg lg happening namanya mie samyang ramen tp di mini market saya lihat blm ada logo halalnya jadii... ga jadi deh hehe

      Delete

leave ur track so i can visit u back :)