5.1.18

Kajian Singkat Ustadz Adi Hidayat : Beda Muhammadiyah Dengan Salafi

Ust. Adi Hidayat
Beda Muhammadiyah Dengan Salafi.

Pertanyaan :  Apa beda Muhammadiyah dengan Salafi?

Jawab :

Muhammadiyah adalah ormas. Dakwah kultural dan pendidikan jadi bersifat sarana. Misi pertamanya adalah memperbaiki akhlak.

KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah 14 tahun sebelum KH Hasyim Ashari mendirikan NU. Setahun setelah KH Ahmad Dahlan wafat KH Hasyim Asyhari mendirikan NU dan menguatkan ajaran Islam saat itu. Mereka mempunyai guru yang sama dan berangkat ke Mekah sama-sama.

Muhammadiyah (berarti-pen) kembali kepada ajaran Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam karena saat itu masyarakat menyembah benda/hewan/kuburan. Maka untuk memudahkan didirikanlah ormas, misi pertamanya memperbaiki akidah, yang kedua agar lebih pintar agamanya.

Salafi bukan ormas. Asal katanya (adalah-pen) Manhaj yaitu sesuatu yang lampau/lalu.

Disebut dengan salaf untuk mengikuti yang dulu (Rasulullah yang hidup di zaman dulu).

Ditambah 'i' menunjukkan orang. Salafi bukan golongan atau kalangan tertentu karena semua orang adalah salafi, shalat mengikuti Rasulullah.

Sifat pengajaran Nabi :

1. Dalil                     2. Contoh

Misal : Cara meletakkan tangan di dada setelah Takbiratul Ihram ada 2 cara. Membaca Bismillah sebelum Al Fatihah ada 4 cara.

Kita boleh memilih di antara 1 tersebut dan pilihan itu disebut Madzhab.
 

Madzhab : Memilih 1 di antara cara ibadah Nabi. 
Manhaj : Cara atau arah yang menyambung kepada Nabi.

Yang menjadi persoalan ketika guru mengajarkan kepada masyarakat yang belum tahu diajarkan 1 cara saja sehingga kadang masyarakat bingung dan saling menuduh atau menyalahkan padahal hanya masalah khilafiyah saja karena kurang luasnya ilmu.

Wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment

leave ur track so i can visit u back :)

Friends *ThankU ;)