8.12.17

Kajian Singkat Ustadz Khalid Basalamah : Tata Cara Shalat Sesuai Sunnah

Ust. Khalid Basalamah
Tata Cara Shalat Sesuai Sunnah
  1. Takbiratul Ihram : Jari-jari dirapatkan dihadapkan ke depan, ujung jari sejajar dengan pundak atau kuping, badan tegak, mata menghadap atau melihat ke tempat sujud atau sajadah, jangan tutup mata (karena tutup mata bisa membuat kita menghayal atau mengantuk -pen).
  2. Peletakan tangan setelah Takbiratul Ihram ada beberapa cara dan do'a Iftitah ada 13 macam.
  3. Ruku' sejajar badan, jari menggenggam lutut. Bacaan Ruku' ada 6 macam.
  4. Bangun setelah ruku', ada 2 cara yaitu tangan taruh di samping kanan kiri atau ditangkupkan seperti setelah Takbiratul Ihram dan para ulama berselisih paham namun mengacu pada Hadits yang sama.
  5. Sujud dengan 7 anggota badan, direnggangkan siku kalau shalat sendiri. Bacaan sujud ada 6 macam.
  6. Duduk antara 2 sujud, tegak, telapak kaki dijadikan sebagai bantal untuk duduk, telapak kanan berdiri. Duduk Iftitah ini juga dikerjakan ketika akan berdiri lagi untuk rakaat 2 dst. (Ada juga namanya duduk Tawarruk tapi penjelasannya lain lagi).
  7. Tahiyat, tangan rapat di atas paha. Ada 2 macam cara ketika kita menunjuk yaitu dibuat lingkaran antara jempol dan jari tangan atau digenggam. Terjadi khilaf kapan kita menunjuk, ada yang mengatakan dari awal ada yang dari tasyahud tapi keduanya tidak masalah karena punya dalil. HR Tirmidzi : (jari digetarkan) Gerakan jari di tasyahud lebih keras bagi iblis daripada cambukan besi.
  8. Sebelum salam ada 23 macam doa, lalu salam tidak usah diusap wajahnya.
Wallahu'alam

No comments:

Post a Comment

leave ur track so i can visit u back :)

Friends *ThankU ;)